Home / WordPress / Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast

Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast

Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast – Saya yakin untuk master SEO tulisan ini tidak ada gunanya. Karena cara install dan setting plugin SEO by Yoast sudah tidak asing lagi dipendengaran mereka. Namun saya harap tulisan ini masih bisa bermanfa’at. Khususnya untuk yang belum mengetahui dan mampir ke blog info-menarik.NET.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Author Box Di WordPress

Apa itu Plugin SEO by Yoast? Plugin SEO by Yoast adalah plugin WordPress untuk membantu mempercepat pengindekkan artikel di mata mesin pencari seperti Google. Dan tentunya plugin ini hanya bisa diinstall di WordPress self hosting. Ketika artikel ini diterbitkan plugin SEO Yoast sudah mencapai 15.363.233 pengunduh. Data tersebut berarti sangat jelas bahwa plugin SEO ini paling banyak digunakan oleh beberapa pengelola WordPress di dunia dalam Optimasi SEO.

Di WordPress sebenarnya bukan plugin Yoast saja untuk mengoptimalkan SEO. Namun disini saya hanya akan menerangkan satu plugin saja. Karena semenjak mengenal WordPress.org sampai sekarang sayapun mempercayakan segalanya kepada plugin SEO buatan Yoast.

Tanpa dioptimasi artinya membiarkan setting WordPress secara default, WordPress sudah cukup SEO Friendly. Namun agar SEO WoordPress bisa bekerja lebih baik lagi, maka kita perlu menambahkan beberapa plugin. Diantaranya plugin WordPress SEO yang dibuat oleh Yoast.

Cara Install Plugin SEO by Yoast

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba plugin SEO Yoast ini, mari kita bahas cara install plugin tersebut.

Cara Install plugin SEO Yoast ada dua cara. Pertama bisa Anda dapatkan plugin SEO by Yoast di web resminya lalu upload ke WordPress yang Anda kelola. Cara kedua bisa langsung dari menu Plugin > Tambah Baru. Pada kolom pencarian tambah plugin, silakan ketik dengan kata kunci “SEO by Yoast”. Jika sudah muncul, langsung saja Anda klik Instal sekarang.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan pengaturan bahasa Indonesia. Untuk memudahkan, sebelum dilanjut sebaiknya Anda setting juga bahasa pengaturan WordPress menjadi bahasa Indonesia. Caranya tinggal pergi ke menu Settings WordPress yang Anda kelola.

Setelah install plugin sukses, langsung saja Anda aktifkan pluginnya. Maka akan otomatis di menu plugin WordPress akan bertambah satu buah plugin yang baru saja diinstall.

Cara Setting Plugin SEO by Yoast

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada point-point tertentu. Agar plugin SEO Yoast bisa berjalan dengan yang kita inginkan. Disini saya hanya menentukan pengaturan pada bagian yang dianggap penting saja. Tapi jika menurut Anda ada hal yang perlu ditambahkan, silakan disesuaikan saja.

Langkah pertama untuk setting plugin SEO by Yoast adalah pada submenu Dasbor. Di submenu Dasbor saya centang hanya pada bagian Keamanan saja. Untuk bagian Melacak saya biarkan kosong.

Di submenu Dasbor juga terdapat kolom isian Perangkat Webmaster. Dikotak isian tersebut Anda bisa mengisi beberapa kode Webmaster seperti Alexa, Bing, Google, dan lain-lain. Namun saya membiarkan kosong saja pada pilihan ini. Karena saya telah menyimpan kode Webmaster dengan cara lain.

Jika semua pengaturan di submenu Dasbor sudah selesai, jangan lupa klik Simpan Perubahan.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 2

Langkah selanjutnya yang harus Anda Setting adalah pada submenu Titel & Metas. Di submenu ini terdapat beberapa tab pilihan, yakni : Umum, Beranda, Tipe Posting, Taksonomi, dan Lainnya. Namun pada bagian ini saya hanya melakukan pengaturan pada tab Umum dan Beranda saja. Selebihnya saya biarkan secara default.

Untuk setting pada tab Umum, lebih lengkapnya lagi bisa dilihat pada gambar di bawah. Terakhir klik Simpan Perubahan.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 3

Pada bagian tab Beranda disitu terdapat kotak isian tentang Judul Template, Template deskripsi meta, dan Template kata kunci meta. Silakan Anda isi dengan keterangan-keterangan web Anda. Jika dirasa sudah cukup dan sesuai dengan yang diinginkan klik Simpan Perubahan.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 4

Kita lanjut ke submenu Sosial. Di submenu Sosial terdapat tiga tab, yaitu Facebook, Twitter, dan Google+. Silakan Anda sesuaikan dengan data-data dan URL dari masing-masing Sosial Media yang Anda miliki.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 5

Pada submenu Tautan Permanen terdapat dua pilihan yang harus ditentukan. Pertama Pengaturan Tautan, dan saya melakukan pengaturan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Kedua Pengaturan Canonical, yang ini biarkan saja dalam pengaturan default atau Biarkan default.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 6

Dengan mengaktifkan plugin WordPress SEO Yoast, kita bisa membuat Pengaturan Breadcrumbs. Untuk membuat Breadcrumbs terdapat pada submenu Tautan Internal. Anda centang Enable Breadcrumbs dan jika ingin disetting pada kotak isiannya, silakan sesuaikan saja. Untuk Taksonomi saya memilih tampilan Breadcrumbs sesuai dengan Kategori.

Terakhir agar Breadcrumbs bisa dijalankan di WordPress, Anda copy kode php yang ditampilkan dan tempatkan di single.php. Biasanya kode Breadcrumbs ditempatkan di bawah <header> diatas php single-title.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 7

Berikut adalah langkah terakhir dalam melakukan pengaturan di plugin SEO Yoast. Anda bisa menentukan file Robots.txt dan file .htaccess di submenu Edit Berkas. Tentunya ini sangat memudahkan dalam pengerjaan penentuan file Robots.txt dan file .htaccess. Silakan sesuaikan saja dengan parameter Robots.txt dan .htaccess WordPress Anda.

Install dan Setting Plugin SEO by Yoast 8

Pada bagian submenu Peta Situs XML (Sitemap XML) saya tidak melakukan pengaturan sedikitpun. Karena memang untuk Sitemap XML saya tidak menggunakan dari Sitemapnya plugin SEO Yoast. Dan untuk submenu RSS serta submenu lainnya yang tidak tercantum dalam keterangan diatas, saya biarkan default saja.

Satu lagi, jika Anda ingin upgrade plugin SEO by Yoast ke yang berbayar (PRO), Anda bisa klik submenu Extensions.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga tulisan ini. Semoga dengan mengaktifkan plugin SEO buatan Yoast, WordPress Anda menjadi web terbagus dimata mesin pencari sehingga semua artikel bisa mendominasi di halaman top 10 Google.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

22 comments

  1. ini sangat bermanfaat bagi saya mas, saya bener-bener belum tau plugin seo by yoast soalnya belum pernah pake wordpress, ijin nyimpen tutorialnya..

    • Ok mas Budi. Nanti bisa dicoba diterapkan jika mas Budi sudah mempunyai blog WordPress.

  2. Nyimak aja mas, saya ga pakai wordpress. Pakainya blogspot.
    Semoga bermanfaat mas, tutorial wordpress tak sebanyak tutorial buat blogspot.

    • Memang sih kalau saya lihat di mesin pencarian tutorial WordPress sedikit yang membahasnya. Karena memang jika dilihat lebih banyak pengguna Blogspot daripada WordPress.

  3. Sayang sekali saya masih belom pake wordpress.org. Masih setia sama wp.com euy. Apakahada seo plugin untuk yg wp.com mas?

    • Segera dicoba mas Dhani WordPress.org-nya! Untuk hosting WordPress.com kayaknya ga ada plugin mas, dan jika adapun mau diupload dimana?

  4. pasti itu wordpress ya mas,,, saya masih belum paham wp mas,,, ijin bookmark

  5. Saya baru tahu kalau seo yoast ada bahasa indonesianya. hahahaha

    • Iya mas jadi lebih gampang terutama seperti saya yang kurang begitu menguasai bahasa Inggris.

  6. kadang ngiri juga dengan wordpress…banyak plugin yang mendukung kinerja penggunanya…ngomong-ngomong yoast bisa juga untuk blogspot gak ya mas? mohon pencerahan. makasih infonya mas.

    • Wah kayaknya saya menemukan kalau Yoast untuk Blogspot mas. Tapi Blogspot juga SEO Friendly mas.

  7. halo mas, lama gak ketemu nih.
    sekarang saya pakai wp juga.
    mau tanya nih, setelah pakai wp, arsip, category, posting jadi indexnya dobel2 di google, biar cuma artikel post saja gimana ya?

    • Mas pakai plugin SEO by Yoast ga? Jika ia coba mas buka Settingan Yoast tepatnya pada menu Titel & Metas. Lalu di submenu Tipe Posting ada kolom Media, mas centang Meta Robot dan Kotak Meta WordPress SEO. Setelah itu buka pada bagian Taksonomi, disitu ada pengaturan untuk Kategori, Tag, dan Format. Coba mas centang juga Meta Robot dan Kotak Meta WordPress SEO kecuali untuk Kategori jika memang mau dimasukkan dalam indek Google. Namun harus melakukan konfigurasi lagi jika halaman Kategori dimasukkan dalam pengindekan Google, dengan menambahkan Judul SEO dan Deskripsi SEO. Terakhir buka lagi halaman Arsip pada Titel & Metas, disitu centang semua saja dari Arsip Penulis dan Arsip Tanggal, maksudnya agar Google jangan mengindeks halaman Arsip.
      Ok mas mungkin sementara hanya itu saja, tunggu beberapa hari nanti dengan sendirinya duplikat konten di GWMT akan hilang. Oh iya satu lagi, jika mas menggunakan Plugin Google XML Sitemap, yang diindex hanya Include homepage, Include posts, Include static pages, dan Include categories saja.

  8. kalau ini Yoast Versi Berapa ya ?

  9. tempatkan di single.php. itu maksudnya di mana masss?

    • Itu khusus bagi Anda jika mau menambahkan Breadcrumbs dengan plugin SEO ini. Tempatkan saja kode pemberian Yoast di file single.php tema yang Anda gunakan. Biasanya kode Breadcrumbs ini ditempatkan di bawah “header” diatas php single-title yang berada di file single.php.

  10. BungaAsi.com

    Makasih ya mas buat tutorialnya
    Jadi ga bingung lagi seting Yoastnya.
    Mau tanya, kalo
    – Pos (post)
    – Laman (page)
    – Media (attachment)
    ini kita tidak centang semua, dengan berharap sitemap gambarnya bagus juga apakah itu juga tidak apa apa?

    Trims buat jawabannya

    • Jika tidak mau terjadi duplikat konten di SERP harus dicentang mas sesuai dengan contoh tutorial diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *