Home / Teknologi / Berbahaya, Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur! Berikut Adalah Alasannya

Berbahaya, Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur! Berikut Adalah Alasannya

Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur – Laptop adalah sistem komputer yang sifatnya portable. Artinya dengan laptop kita bisa mengoperasikan komputer dimanapun. Dengan laptop kita bisa berpindah-pindah lokasi ketika ingin menggunakan komputer. Kita bisa menggunakan laptop di rumah, di kantor, di sekolah, di kafe, dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Hal Penting Wajib Tahu Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Keyboard Laptop

Meskipun sifat laptop adalah portable atau bisa kita pindah-pindah ke banyak tempat, namun tahukah Anda bahwa ada salahsatu tempat yang dilarang untuk menggunakan laptop. Jika kita tetap mengoperasikan laptop ditempat terlarang ini maka beresiko laptop akan cepat rusak. Salahsatu tempat terlarang untuk menggunakan laptop adalah diatas kasur.

Kenapa Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur?

Mungkin menggunakan laptop diatas kasur adalah salahsatu tempat favorit kita. Enaknya mengoperasikan laptop diatas kasur adalah bisa sambil tiduran. Namun mulai saat ini juga sebaiknya hal tersebut jangan Anda lakukan lagi, alasannya adalah sebagai berikut :

1. Laptop Mengalami Panas Berlebih (Overheat)

Alasan pertama kenapa jangan menggunakan laptop diatas kasur adalah laptop akan mengalami panas berlebih. Umumnya bagian bawah laptop didesain sebagai tempat sirkulasi udara. Jika kita menyimpan laptop diatas kasur, maka sirkulasi udara ini akan tersumbat. Permukaan kasur biasanya tidak rata sehingga dikhawatirkan akan menutup lobang ventilasi udara bawah laptop.

Seringnya laptop mengalami overheat atau panas berlebih tentu saja akan memperpendek usia laptop. Laptop akan cepat rusak terutama pada motherboard dan keyboard. Memang laptop tidak akan langsung rusak, namun lambat laun laptop Anda akan cepat rusak.

2. Membuat Cepat Rusak Pada Hardisk

Seringnya menggunankan laptop diatas kasur sangat beresiko juga akan cepat rusak pada hardisk. Penggunaan hardisk yang tepat adalah ditempat yang rata. Ketika hardisk beroperasi maka sebuah piringan didalamnya akan berputar dengan sangat cepat. Permukaan kasur sangat empuk sehingga bisa membuat hardisk berguncang. Dari keguncangan inilah maka piringan didalam hardisk menjadi tidak stabil bekerjanya. Hardisk sering berguncang maka sama artinya Anda membiarkan hardisk cepat rusak. Piringan hardisk akan cepat lecet dan bisa saja hardisk akan rusak total.

3. Permukaan Keyboard Menjadi Tidak Rata

Karena permukaan kasur sangat empuk maka laptop menjadi tidak rata. Tidak ratanya laptop bukan saja akan berakibat buruk pada hardisk, namun keyboard juga. Anda tidak bisa melakukan pengetikan dengan maksimal. Anda akan sulit berkoordinasi dengan tombol-tombol keyboard. Ketika Anda bergerak diatas kasur, maka pasti laptop juga akan ikut bergerak. Permukaan kasur yang empuk bisa terus berguncang seiring Anda bergerak.

Saya Terpaksa Harus Memakai Laptop Diatas Kasur …

Lalu bagaimana jika Anda terpaksa harus memakai laptop diatas kasur? Jika terpaksa dan tidak ada solusi lain lagi yaitu Anda harus menggunakan meja portable laptop. Dengan memakai meja laptop portabel maka masalah pertama diatas bisa teratasi. Artinya laptop Anda menjadi tidak panas berlebih lagi (overheat).

Namun meskipun Anda telah menggunakan meja portable, masalah nomor dua dan tiga diatas masih belum bisa diatasi. Ketika Anda bergerak maka kaki meja portabel ini pasti akan ikut bergerak juga. Dengan begitu laptop masih bisa berguncang. Selama Anda mengoperasikan laptop diatas kasur meskipun menggunakan meja portabel, usahakan jangan terlalu banyak bergerak dulu.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Ok mungkin hanya itu saja alasan kenapa Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi diartikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Emang tempat yang enak sih dikamar apalagi sambil tidur, tapi mau gimana lagi terpaksa. Kalau rusak ya diperbaiki aja kali ya ahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *