Home / Teknologi / Jia Jia Dan Aiko Chihira, Robot Cantik Yang Membuat Siapapun Akan Terpana

Jia Jia Dan Aiko Chihira, Robot Cantik Yang Membuat Siapapun Akan Terpana

Jia Jia Dan Aiko Chihira Robot Cantik – Amerika, China, Jepang, Hongkong dan beberapa Negara lain seolah berlomba membuat Humanoid atau robot yang serupa dengan manusia. Para pencipta robot saling beradu kemahiran membuat robot yang wujudnya semirip mungkin dengan manusia. Mulai dari kemiripan tampilan hingga kemampuan robot yang terus menerus diteliti dan dikembangkan agar benar-benar seperti manusia. Pencipta robot juga berlomba membuat robot cantik.

Robot Cantik dari Negeri Tirai Bambu

Universitas Sains dan Teknologi China memperkenalkan robot wanita berwajah cantik yang tampak sangat nyata seperti manusia. Robot cantik ini memiliki nama Jia Jia. Robot ini didesain semirip mungkin agar menyerupai manusia. Jia Jia memiliki kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan orang-orang di sekitarnya.

Jia jia merupakan robot yang canggih dan mampu mengenali berbagai ekspresi wajah, sehingga saat berinteraksi dengannya terasa lebih baik dibandngkan berinteraksi dengan robot humanoid lainnya. Jia jia mampu berbicara dan dapat menampilkan ekspresi wajah meski ekspresi wajah belum sempurna. Kepala, bibir, mata, dan tubuh Jia jia seolah mampu bergerak alami sebagaimana manusia.

Baca Juga : Berikut 5 Robot Pemusnah Manusia, Padahal Robot Ini Diciptakan Manusia

Tim perancang Jia jia membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk menyelesaikan si cantik Jia jia, agar ia mempunyai gerakan mata yang alami, dapat berbicara, menunjukkan reaksi ekspresi mikro wajah, menggerakkan bibir yang selaras dengan ucapannya, serta gerakan tubuh yang sesuai dengan pembicaraannya. Jia Jia juga dapat memulai percakapan dengan melemparkan pertanyaan, lali ia dapat merespon dalam waktu yang kurang dari 1 detik. Jia jia juga mampu mengenali ekspresi wajah lawan bicaranya.

Robot berwajah cantik ini bahkan bisa berkomentar ketika seseorang mencoba mengambil photo dirinya disaat presscon berlangsung. Jia jia meminta sesuatu yang mengundang tawa kecil kepada seseorang pengunjung pameran yang ingin berfoto bersamanya, “Jangan terlalu dekat berdiri denganku ketika mengambil photo! Karena itu akan menjadikan wajahku tampak lebih gemuk“.

Direktur Universitas sains dan teknologi China, Chen Xiaoping, bersama dengan timnya menjelaskan bahwa mereka butuh waktu sekitar 3 tahun dalam penelitian serta pengembangan untuk membuat Jia jia generasi pertama ini. Ternyata waktu 3 tahun tersebut belum cukup karena hingga saat ini robot cantik tersebut belum mampu memperlihatkan emosi, diantaranya menangis dan tertawa.

Chen Xiaoping bersama tim penelitinya akan meneruskan penelitian dan pengembangan. Diharapkan Jia jia dapat menjadi lebih sempurna di masa mendatang. Chen Xiaoping berkeinginan Jia jia generasi kedua akan lebih canggih dan memiliki kemampuan  lebih baik. Chen Xiaoping untuk saat ini tidak punya rencana untuk menggelar memproduksi massal robot Jia jia, tetapi Chen Xiaoping menyampaikan bahwa ia pasti akan melanjutkan penelitian dan pengembangan Jia jia generasi selanjutnya.

Robot Cantik dari Negeri Sakura

Humanoid berwajah ramah, tersenyum dan mengenakan kimono dan tersenyum, tampil cantik di dekat pintu masuk pusat perbelanjaan Mitsukoshi Nihombashi, Tokyo, Jepang. Robot cantik yang mempunyai nama Aiko Chihira tersebut bekerja dengan tugas menyapa para pembeli di department store Mitsukoshi Nihombashi. Selain itu, Aiko Chihira juga akan membantu pelanggan mengarahkan ke lantai bangunan yang dituju.

Robot receptionist, Aiko Chihira dikembangkan oleh perusahaan Toshiba dan memulai debutnya di pusat perbelanjaan dengan melakukan interaksi dengan para pelanggan. Aiko Chihira diprogram agar mirip dengan manusia. Robot berwajah cantik tersebut dapat berkedip dan juga bisa berbicara menggunakan Bahasa Jepang, tetapi Aiko Chihira juga dapat diprogram agar berbicara dalam Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya.

Toshiba mengembangkan teknologi yang mampu menyingkronkan gerakan tubuh robot sekaligus dengan gerakan mulut dan suara Aiko Chihira. Sistem di dalam Aiko Chihira menggunakan pula teknologi yang dikembangkan oleh pelopor android, Hiroshi Ishiguro di Laboratorium Robotika Cerdas – Universitas Osaka.

Baca Juga : 5 Daftar Pakaian Dalam Berteknologi Canggih Yang Bisa Membuatmu Kagum

Dilansir dari Reuters, Manager divisi pengembang bisnis baru perusahaan Toshiba yakni Hitoshi Tokuda mengatakan bahwa Aiko Chihira mempunyai 43 mesin pendukung geraknya. Robot cantik tersebut juga diprogram dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat versi Jepang, agar difabel rungu juga bisa berinteraksi dengan Aiko Chihira. Untuk saat ini Aiko Chihira belum diprogram untuk menghadapi pertanyaan atau keluhan pelanggan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Wow itu yg buatan dari china mirip banget, cantik lagi. Usaha tak membohongi hasil, dengan waktu 3 tahun akhirnya bisa menghasilkan karya yang begitu hebat. Coba indonesia ada yang buat seperti itu supaya bisa bersaing..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *