Home / EPS-Topik Korea / Kegiatan Preliminary Training CTKI Korea EPS-Topik

Kegiatan Preliminary Training CTKI Korea EPS-Topik

Kegiatan Preliminary Training CTKI Korea EPS-Topik – Untuk Anda yang sedang menjalani proses Program EPS-Topik atau sedang menjalani proses untuk bekerja di Korea Selatan, setelah semua berkas lamaran Anda dikirim ke HRD-Korea melalui BNP2TKI (Sending Data) maka langkah selanjutnya adalah menunggu sampai ada majikan yang memilih berkas lamaran Anda. Sebagai tandanya bahwa berkas lamaran Anda sudah ada pihak pabrik yang menerima atau Anda mendapat Kontak Kerja (SLC), kolom empat pada akun EPS Anda terisi DITERBITKAN. Jika memang demikian, tunggu sampai kolom enam atau kolom Penandatanganan SLC Akun EPS terisi DITANDATANGANI. Karena jika kolom enam terisi,  artinya kontrak kerja atau SLC sudah ditandatangani oleh majikan, maka Anda harus segera kemas-kemas untuk mengikuti Kegiatan Preliminary Training (Prelim).

Baca Juga : Prosedur Perkembangan Tampilan Kemajuan Imigrasi EPS-Topik

Kegiatan-Preliminary-Training-CTKI-Korea-EPS-Topik

Apa Itu Kegiatan Preliminary Training ?

Kegiatan Preliminary Training adalah salah satu kegiatan pembekalan (Training) sebelum CTKI Korea EPS-Topik diberangkatkan bekerja ke Korea Selatan. Kegiatan Preliminary Training merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan. Karena dengan dilakukannya Kegiatan Preliminary Training, maka CTKI akan lebih mantap dan siap bekerja. Kegiatan Preliminary Training diselenggarakan di lembaga pemerintah setiap penyelenggara EPS-Topik yang telah ditunjuk oleh HRD-Korea. Seperti di Indonesia, Kegiatan Preliminary Training dilaksanakan di gedung BP3TKI dekat gedung BNP2TKI Ciracas Jakarta Timur.

Baca Juga : Mengenal Bilangan Asli dan Bilangan Sino Bahasa Korea

Kegiatan Preliminary Training atau istilah lainnya sering disebut Prelim, biasa disimbolkan dengan burung Pinguin. Kenapa ? Karena katanya karakter burung Pinguin kehidupannya selalu bermigrasi ketempat yang lebih baik untuk mempertahankan hidupnya, begitu juga dengan CTKI Korea yang akan pergi ke negara Korea Selatan demi untuk merubah kehidupannya untuk masa depan dirinya dan keluarganya. Burung Pinguin juga sebagai burung penyelam terdalam, dikorelasikan dengan CTKI adalah CTKI Korea pergi ke Korea jangan hanya bekerja dan bekerja, tapi harus mampu memperdalam/mempelajari ilmu teknologi Korea Selatan yang selanjutnya bisa diterapkan di Indonesia. Agar bekerja di Korea bukan profesi, tapi hanya sekali saja yang kedepannya jika sudah mengambil uang dan ilmunya, CTKI di Indonesia bisa menciptakan usaha sendiri dengan modal uang dan ilmu yang didapatkan. Burung Pinguin termasuk perenang tercepat, CTKI Korea juga harus menjadi pekerja yang cepat, disiplin, serta terampil.

Berapa Biaya Selama Kegiatan Preliminary Training ?

Dalam hal biaya selama Kegiatan Preliminary Training, biasanya dari tahun ketahun tidak tetap. Tapi untuk gambaran, Anda bisa lihat rinciannya yang akan saya terangkan dibawah ini. Berikut Biaya Kegiatan Preliminary Training CTKI Korea :

  1. Biaya Apply VISA : Rp. 500.000,-
  2. Biaya Uang Muka (DP) Tiket Pesawat : Rp. 3.100.000,-
  3. Biaya Uang Muka (DP) Uang Saku : Rp. 2.000.000,-
  4. Biaya Tes Psikologi : Rp. 250.000,-
  5. Biaya Medical Check-up : Rp. 475.000,-
  6. Biaya Asuransi Perlindungan TKI : Rp. 760.000,-
  7. Biaya Prelim dan Jaket Untuk Terbang : Rp. 1.275.000,-
  8. Biaya Validasi Data : GRATIS
  9. Biaya Buku Tulis dan Lain-lain : Rp. 350.000,- (yang ini tanpa kwitansi)
    Jumlah Total Biaya Kegiatan Preliminary Training : Rp. 8.710.000,-

Semua serah terima keuangan point diatas, panitia memberikan kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran kecuali point 9. Disarankan semua kwitansi tersebut jangan hilang, sampai nanti tiba saatnya panggilan terbang. Karena ketika akan terbang, semua kwitansi tersebut akan diminta oleh panitia sebagai persyaratan terbang.

Persiapan dan Berkas Dokumen Apa Yang Harus Dibawa Ketikan Akan Mengikuti Kegiatan Preliminary Training ?

Sebelum Anda pergi ke BP3TKI Ciracas Jakarta Timur untuk mengikuti Kegiatan Preliminary Training, sebaiknya persiapkan dulu dari rumah hal-hal berikut ini :

  1. Potong rambut pendek bagi laki laki;
  2. Bawa baju kemeja tangan panjang putih dan celana hitam serta dasi hitam;
  3. Bawa sepatu dan bebas;
  4. Pakaian pribadi secukupnya;
  5. Perlengkapan mandi;
  6. Ballpoint 2 buah;
  7. Berkas-berkas penting;
  8. Banyak belajar bahasa Korea.

Selanjutnya berikut berkas-berkas dokumen yang dibawa ketika Anda akan mengikuti Kegiatan Preliminary Training. Berkas-berkas dokumen berikut sudah termasuk berkas-berkas dokumen antisipasi.

  1. Asli Paspor (minimal masa aktif masih 1 tahun) + fotocopy (6 lembar) sebaiknya berwarna/hasil scan;
  2. Asli KTP + fotocopy (4 lembar) potong kecil;
  3. Asli SKCK (Polda) + fotocopy dan legalisir (4 lembar);
  4. Asli Kartu Kuning (AK1) + fotocopy dan legalisir (4 lembar);
  5. Asli Kartu Keluarga (KK) + fotocopy (4 lembar);
  6. Asli Ijazah asli yang dimiliki (SD, SLTP, SLTA, D3, S1);
  7. Asli Akta Kelahiran/Kutipan akta (Jika tidak punya Akta) + fotocopy 2 lembar;
  8. Fotocopy ijazah yang digunakan saat mendaftar (dilegalisir cap basah) 4 lembar;
  9. Asli Sertifikat KLPT (Sertifikat Kelulusan Ujian EPS-Topik) + fotocopy (2 lembar);
  10. Surat ijin orang tua/wali/suami/istri bermaterai Rp. 6000 + fotocopy (4 lembar);
  11. Pasfoto 4×6 (seperti waktu anda mendaftar) 7 lembar;
  12. Pasfoto 3×4 (seperti waktu anda mendaftar) 7 lembar;
  13. Materai Rp. 6000 2 lembar;
  14. Hasil Print (printscreen) panggilan prelim dari halaman web bnp2tki.go.id yang memuat nama Anda;
  15. Formulir pendaftaran penempatan tki ke Korea (kuning, dan pink);
  16. Kalau Anda meminjam uang melalui KUR BRI, maka Anda harus membawa asli surat keterangan dari BRI yanag menyatakan kalau Ijazah asli disimpan di BRI.

Baca Juga : Dokumen Persyaratan Sending CTKI Korea Program EPS-Topik

Fasilitas Apa Yang Anda Peroleh Ketika Mengikuti Kegiatan Preliminary Training ?

Selama Anda mengikuti Kegiatan Preliminary Training, Anda sebaiknya bersikap disiplin. Kegiatan Preliminary Training ini seolah-olah simulasi Anda bekerja di Korea Selatan. Hormati seluruh panitia dan pembina yang mendidik Anda.

Kegiatan Preliminary Training biasanya dilaksanakan selama 6 hari, dan Anda akan mendapatkan fasilitas-fasilitas seperti berikut :

  1. Penginapan dan makan;
  2. Kaos dan celana training;
  3. Tas pinggang kecil;
  4. Jaket (diberikan saat penerbangan);
  5. Buku tulis, ballpoint, buku panduan bahasa Korea;
  6. Map plastik;
  7. Foto bersama (per kelas dan per kamar).

Selanjutnya jika Anda datang sebelum hari yang ditentukan ke Ciracas, maka Anda dilarang tidur di mushola yang ada di dalam ruangan BP3TKI. Sebaiknya Anda menginap di dalam/asrama. Maka jika Anda menginap di asrama BP3TKI akan dikenai biaya antara Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 semalam. Dan usahakan untuk keamanan sebaiknya jangan menginap diluar.

Kegiatannya Apa Saja Selama Mengikuti Kegiatan Preliminary Training ?

Selama 6 hari Anda dididik untuk berdisiplin, diberi arahan-arahan untuk nanti jika Anda sudah bekerja di Korea Selatan. Pengajarnya juga terkadang dipimpin langsung oleh orang Korea yang sudah pintar berbahasa Indonesia.

Ketika Anda datang ke gedung BP3TKI, Anda tidak boleh bersikap malas-malasan. Dan yang suka merokok, nanti selama Anda mengikuti Kegiatan Preliminary Training Anda tidak akan bisa merokok secara bebas. Usahakan kalau memang Anda perokok berat, merokoklah jangan sampai ketahuan pembina.

Selama mengikuti Kegiatan Preliminary Training jadwal kegiatan sangat padat. Pukul 05.00 Anda sudah bangun, untuk mengikuti kegiatan shalat subuh berjama’ah dilanjutkan dengan apel pagi dan olahraga. Kemudian istirahat sebentar, dan makan pagi. Setelah selesai makan pagi, selanjutnya Anda mengikuti materi-materi pendidikan sampai sore. Dan malam setelah sholat berjama’ah Isya, berkumpul di Aula untuk melakukan apel malam sampai pukul 21.00.

Selain materi-materi pelatihan dan latihan berbahasa Korea, Kegiatan Preliminary Training akan diisi dengan kegiatan tes Psikologi, dan tes kesehatan (Medical Chek-up). Hasil Medical Chek-up akan diumumkan pada hari terakhir Kegiatan Preliminary Training. Jika ternyata Anda Unfit setelah dilakukan tes kesehatan, maka Anda akan diminta untuk melakukan tes kesehatan ulang setelah melakukan pengobatan. Dan ini tentunya, akan menambah biaya administrasi lagi sesuai dengan tingkat keparahan penyakit Anda.

Usahakan selama Anda mengikuti Kegiatan Preliminary Training selalu bersikap disiplin, hormati pembina yang menjadi tutor Anda. Setiap kesalahan yang Anda lakukan sekecil apapun, maka efeknya akan besar. Biasanya yang menjadi pembina dalam Kegiatan Preliminary Training adalah mantan TNI. Untuk itu, jika Anda melakukan kesalahan maka akan diberi peringatan dengan bentuk hukuman, seperti : lari jongkok dilapangan diatas teriknya matahari, dan lain-lain.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

54 comments

  1. tentunya info info ini sangat bermanffat bagi mereka yang akan bekerja keluar negeri ya kang, termasuk korea selatan ini .,

  2. Makasih mas infonya.. emm ntar saya juga punya niat buat kerja dikorea hehe

  3. Wah, kl emang pas waktunya dengan kondisi ponakan saya yang masih kelas 3 smp, mungkin dia bakalan ikut mas.. Soalnya dia tu doyan banget dengan yang berbau korsel, mulai dari film, artis, sampai ke lagu-lagu boy n’ girl band korea.. :D

  4. Jadi pingin juga ya bekerja di luar negeri seperti di Korea Selatan setelah membaca info menarik di atas tentang kegiatan preliminary training.

    O iya apakah setelah mengikuti kegiatan preliminary ini, peserta sudah dipastikan berangkat bekerja ke Korea Selatan atau masih menunggu hasil dari training tersebut gan ?. :D

    • Kegiatan Preliminary Training itu sudah pasti terbang mas, karena SLC atau kontrak kerja sudah ada. Artinya lamaran kita sudah dipilih sama majikan. Tapi hanya satu saja yang membuat pembatalan berangkat setelah Prelim, yaitu jika proses tes kesehatannya UNFIT dan tidak bisa diproses penyakitnya karena terlalu berat.

  5. wah menarik juga kalau bisa ke korea, sambil bekerja sambil refreshing juga kesana..
    tapi kalau untuk kegiatan ini sepertinya belum bisa ikutan mas :)

  6. Modal awalnya lumayan banget ya untuk proses perijinan dan buat visa dan lain-lain, Tapi ini kan ini legal ya? kalau dibandingkan dengan ilegal kan lebih mahal yang ilegal

    • Ya ini legal mas. Biaya totalnya dimulai pendidikan dan terbang sekitar 20 juta mas …

  7. Harapannya setelah mendpt pembekalan dan training
    Para tki kita bisa sesuai dg peerjaan yg di inginkan :)

    • Ya memang kebanyakan Kontrak Kerja tidak sesuai dengan yang dia lamar ketika Sending. Semua tergantung nasib …

  8. saya malah baru tau pengertian preliminary diartikel ini mas.
    terimakasih telah berbagi

  9. Zulham Efendi

    semoga sukses saja di sana dan jangan lupa untuk selalu rindu sama tanah air tercinta ini

  10. makasih mas sudah berbagi..
    bermanfaat sekali…

  11. wah sudah beranjak mengembangkan potensi bisnis ya mas, nanti diajarin dong tips-tipsnya :D

  12. Huaaa.. mas jelasnya begitu detail. sangat membantu saudara2 kita yang membutuhkan informasi ini. kelengkapan mengikuti Preliminary Training harus terpenuhi semua yah, mas. banyak juga yah.

  13. Mahal juga yah sampai 8 juta gitu. Kalau buat modal usaha lumayan juga duit segitu. hehehe

    • Tapi ini penentuan mas, jika lancar nantinya mungkin akan terganti sama gaji Korea selama 2 minggu saja … :)

  14. informasi detail banget mas, tingkat kedispilinan calon TKI dididik begitu tinggi guna berjuang hidup di Korsel sana. bahkan sampai peraturan merokok pun ketat.

  15. ngga pernah kepikirankerja di luar negeri apalagi di korea, lebih nyaman kerja di desa, duitnya juga lumayan ko;..lumayan ilmu preliminary trainingnya bisa di rekomdasikan pada tetangga saya yang baru lulus SMU dan berencana ke Korea nih.

    • Kapan-kapan bisa bagi-bagi ilmunya kang berbisnis di desa. Jujur saya bingung harus kerja apa di rumah … ?

  16. wah, mahal banget biayanya, mas? Ya, meskipun mahal mungkin hasil pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pesertanya.

    • Yang mahal adalah biaya Tiket Pesawat dan Uang saku saja mas. Itupun Uang Saku untuk kita juga nantinya ketika sudah sampai di Korea.

  17. berlaku utk wanita jg ya mas?
    kalau belum bisa bahasa korea sama sekali bagaimna ya. itu sebelum prelim wajib lulus tes standar minimal bhs korea brp gitu…?
    tinggi badan cman 150’an bisa tdk ya..
    sy ingin banget bisa kerja ke korea, biar ketularan jadi org yg displin, mandiri & maju.

    • Wanita bisa mengikuti program ini. Bahasa Korea tidak wajib, namun yang utama adalah harus sudah lulus test/ujian Bahasa Korea (EPS-Topik). Standar kelulusan macam-macam tergantung kuota yang ada dan tinggi badan bukan patokan utama.

  18. Ok om ,klu minjam duit gimana cara nya om?? Saya mau pergi tapi blum punya duit ,kasih info nya dong om

  19. DEDI PERMADI

    Mas mau tanya nih…apakah Preliminary Training 2015 ini yang didahulukan adalah peserta yang lolos test skill dulu.Terima kasih.

    • Peserta sklill test memang akan diprioritaskan dalam proses ke Koreanya. Namun peserta yang lainpun secara bertahap akan mendapat bagian juga untuk bisa berangkat ke Korea.

  20. DEDI PERMADI

    maaf mas…ada yg mau saya tanyakan lagi nih.kalau boleh tahu jumlah peserta yang lulus test skill 2015 saja, jumlahnya berapa…?terima kasih

    • Jumlah kelulusan Skill Test yang tahu hanya BNP2TKI dan HRD-Korea saja mas. Diluar itu tidak ada yang tahu lagi dan itu sifatnya privasi.

  21. Mengenai medcheck, poin2nya apa saja mas? Bagi yg Unfit apakah blacklist atau ada kesempatan lagi? Anda masih kerja di Korea kah?

    • Point MCU seperti biasa saja mas, cek darah, cek urine, dan sebagainya. UNFIT tidak akan diblacklist karena itu bukan melanggar hukum. UNFIT paling diperintah untuk melakukan pengobatan sampai sembuh.

    • Salam. Terima kasih tanggapannya.
      Cek paru2 termasuk juga mas? Dalam hal ini faktor luck sangat berpengaruh ya dalam keseluruhan pengurusan…apalagi banyak cerita yg dipaparkan oleh teman2 baik yg masih proses ataupun yg sudah bekerja di sana.
      Terima kasih. Sukses selalu untuk anda.

  22. Selamat siang.. maaf saya mau menanyakan,apabila SLC sudah turun tapi
    kita belum memberikan respon itu apa yang akan terjadi? Jika akan
    dipanggil ulang,,dalam jangka waktu berapa lama menunggu panggilan
    prelim ulangnya? Mohon penjelasanya…
    Terimakasih

    • Jika kita sudah mendapatkan kontrak kerja (SLC) lalu tidak kita tandatangani atau tidak melaksanakan PAP/Prelim maka nama kita akan di cancel. Kemudian kita jika ingin proses lagi harus sending ulang dari awal. Mending kalau Sertifikat EPS-Topik masih berlaku, jika sudah habis maka harus ujian lagi.

  23. Lalu jika akan mengirim ulang ,apakah ada pemberitahuannya atau bagaimana ?
    mohon penjelasannya …

    • Ya benar! Nanti di website BNP2TKI biasanya akan diumumkan siapa saja yang harus mengulang dan keterangan lengkap data yang harus diperbaikinya. Kalau mau cepat bisa langsung datang ke kantor BNP2TKI.

  24. selamat malam mas,, numpang nanya ,saya kan sudah sending data,, cara ingin tau kolom2 berapa ajah sih ngeceknya gimna???

    • Sekarang mas harus membuat akun EPS-Topik, caranya bisa dilihat disini. Kemudian untuk mengetahui progress perkembangan kolom di EPS-Topik bisa dilihat disini.

  25. kalau kerja di bagian LAS galangan kapal ,ada nggak pak?
    Dan gaji perbulannya berapa pak di korsel?

  26. Bos saya mau tanya kalau telinga di tindik itu termasuk medical fisik nggak ya..terus ada masalah nggak ya

  27. Mau bertanya tentang program GtoG korea. Saya ujian th 2015 belum lulus. Ingin ikut lagi yang tahun 2016. Tapi ujian di laksanakan. Dan rencana mau ikut ujian th 2017. Tapi saya dengar di tahun 2016 ini bagi yg sudah lulus dan ikut prelim. Katanya jika seorang laki bertindik di nyatakan unfit GtoG korea. Mohon penjelasan dan kejelasan tentang itu. Terima kasih.

    • Ya saya dengarpun begitu dan itu entahlah kebijakan BNP2TKI atau kebijakan HRD Korea. Apapun alasannya kita meski patuhi kebijakan tersebut walaupun pahit juga kedengarannya.

  28. ada yg tau g tempat kursus bhasa korea buat persiapan kerja di korea buat area jakarta barat dan sekitarnya?
    saya berniat mau ikut program g2g tapi g tau di mana ada di daerah sini.
    boleh minta bantuannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *