Home / Android / Kekurangan Dan Kelebihan Root Android Serta Cara Atasi Gagal Root Tanpa PC

Kekurangan Dan Kelebihan Root Android Serta Cara Atasi Gagal Root Tanpa PC

Kekurangan Dan Kelebihan Root Android – Ada yang tau namanya root, beberapa orang mungkin sudah sering mendengarnya. Tapi mungkin sebagian orang belum mengetahui apa root itu?

Root Android atau rooting Android merupakan proses modifikasi sistem operasi pada Android. Kelebihannya  yaitu pengguna memiliki akses tanpa batas. Seperti pengguna diizinkan untuk melakukan pengubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang terdapat dalam Android OS.

Baca Juga : 7 Cara Root Android Tanpa PC Menggunakan Beberapa Aplikasi Terpercaya

Root sendiri merupakan kata yang merujuk pada user yang merupakan administrator dalam semua sistem operasi yang berbasis Linux termasuk Android. Akun administrator itu memiliki akses penuh terhadap sistem, dimana pengguna dapat melakukan hal apapun.

Sebelum mengetahui cara mengatasi gagal root tanpa PC, kita simak dulu apa keuntungan dan kerugian menggunakan akses root pada Android kita.

Keuntungan Rooting Pada Android

  • Mendapatkan akses pada sistem Android tanpa batas pada  pengguna yang sudah me-root Androidnya.
  • Pengguna dapat menghilangkan aplikasi bawaan pabrik atau vendor yang tidak diinginkan, jadi hanya memilih aplikasi yang diinginkan.
  • Pengguna yang sudah root Android juga dapat memiliki kemampuan mempermak tema secara full. Hal ini dimaksudkan yang berhubungan terhadap tema dapat diubah, misalnya seperti warna indikator baterai, tampilan atau daftar contact, maupun video yang diputar saat boot up.

Kerugian Rooting Pada Android

  • Jika kita akan merooting Android yang kita gunakan, maka bersiaplah kita tidak dapat menggunakan garansi produk perangkat Android.
  • Jika Android terdapat penyalahgunaan rooting, maka akan menyebabkan malfungsi pada Android kita.
  • Penggunaan Rooting yang berlebihan atau di ambang batas dapat menurunkan kinerja sistem Android kamu.
  • Kerugian lainnya yaitu Android mudah terserang malware dan virus. Yang paling parah bila terjadi gagal root bisa terjadi bootloop dan semua data-data menghilang.

Penyebab Root Selalu Gagal

Ada beberapa penyebab root selalu gagal yang mungkin terjadi. Kemungkinan Android gagal untuk melakukan root yaitu karena hp kita pernah terjatuh atau terbentur pada benda yang keras. Sehingga menyebabkan kemungkinan ada kerusakan pada softwarenya. Jika hal itu yang terjadi,  langkah awal yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki hp tersebut. Kita perlu memperbaiki hp kita dahulu sebelum memulai proses untuk me root kembali Android kita.

Cara Mengatasi Root Android Yang Gagal Tanpa PC

Selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana cara mengatasi root Android yang gagal tanpa PC. Sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah untuk dapat melakukan root pada Android kalian yaitu dengan menginstall FRAMAROOT ataupun KINGROOT.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat di unduh secara gratis di google play dan klik tombol untuk memulai root. Root Android tidak akan menimbulkan begitu banyak masalah asalkan penggunaannya tidak berlebihan. Serta mengikuti sesuai petunjuk yang diberikan, dan selalu memasang antivirus pada sistem Android kita.

Jika root yang sudah kita lakukan gagal maka dapat melakukan cara berikut ini yaitu cara mengatasi gagal root tanpa PC :

  • Pada google play kita dapat mendownload file update.zip (untuk root)
  • Letakkan file update.zip di SD card. Ini memudahkan kita untuk mencarinya jika berada di luar
  • Kemudian matikan atau restart Android kita
  • Selanjutnya lakukanlah mode recovery. Recovery dilakukan dengan cara yaitu menekan tombol 3 (tombol power, tombol volume atas dan bawah ) secara bersamaan. Kemudian tahan sampai masuk mode recovery muncul ( jika ada proses ini yang gagal, kita perlu mencari cara masuk mode recoverynya)
  • Jika sudah masuk ke menu recovery, pilihlah instal update.zip from SD card
  • Jika muncul permintaan instal aplikasi, maka instal dan  mulailah proses reboot
  • Kemudian proses root akan mulai
  • Jika sudah selesai dan sukses, akan muncul tulisan 1 succeed 0 failed. Sekarang anda dapat menggunakan aplikasi rootnya

Demikian cara mengatasi gagal root tanpa PC pada hp Android. Semoga tips cara mengatasi gagal root tanpa PC diatas dapat berguna. Jika kita ketakutan untuk melakukan root hp sendiri, kita dapat meminta tolong menggunakan jasa pada agen-agen hp terdekat.

Baca Juga : 5 Cara Terbukti Sukses Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Menyala

Mungkin hanya itu saja artikel Kekurangan Dan Kelebihan Root Android serta cara mengatasi gagal root tanpa PC. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik selanjutnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Kerugian Rooting Pada Android

    Jika kita akan merooting Android yang kita gunakan, maka bersiaplah kita tidak dapat menggunakan garansi produk perangkat Android.
    Jika Android terdapat penyalahgunaan rooting, maka akan menyebabkan malfungsi pada Android kita.
    Penggunaan Rooting yang berlebihan atau di ambang batas dapat menurunkan kinerja sistem Android kamu.
    Kerugian lainnya yaitu Android mudah terserang malware dan virus. Yang paling parah bila terjadi gagal root bisa terjadi bootloop dan semua data-data menghilang.

    Ingin rasanya root HP biar keren…tapi kadang takut kalo gagal…hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.