Home / Teknologi / Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Website Toko Online – Seiring berkembangnya ilmu teknologi dari waktu ke waktu, saat ini hampir semua jenis kegiatan manusia menggunakan sistem serba online. Artinya kegiatan yang dilakukan melalui koneksi internet. Perkembangan teknologi tersebut tidak terkecuali bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga : Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

Dulu ketika kita ingin berbelanja maka harus pergi ke pusat perbelanjaan seperti Mall dan lain-lain. Namun dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita bisa berbelanja semua kebutuhan hidup tanpa harus pergi keluar rumah. Kita hanya duduk manis saja didepan komputer atau media lainnya yang sekiranya mempunyai koneksi internet.

kelebihan-dan-kekurangan-website-toko-online-0

Apapun jenis kebutuhannya seperti baju, celana, smartphone, televisi, dan sebagainya semua bisa kita beli dengan sistem online. Saat ini sudah banyak website toko online Indonesia seperti BukaLapak, Lazada, TokoPedia, dan masih banyak lagi.

Mengingat kebutuhan masyakarat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan toko online semakin hari terus meningkat. Karena umumnya masyarakat lebih menyukai belanja di toko online daripada di toko offline. Hal ini peluang emas bagi kita untuk mencoba berbisnis dengan mempunyai toko online sendiri.

Kita bisa mencoba mempromosikan produk apapun di internet atau dengan memiliki website toko online.

Sebenarnya Apa Sih Website Toko Online Itu ?

Website toko online adalah website yang dibuat khusus untuk menjual produk melalui koneksi internet. Layaknya toko offline, toko online juga sama bahwa kita bisa menyediakan produk apapun didalam website toko online.

Website toko online lebih dikenal lagi dengan sebutan e-commerce atau Electronik Commerce, artinya komersial (iklan) melalui jaringan internet (elektronik). Sistem penjualan produk yang dijual di website toko online menggunakan alat-alat elektronik seperti internet atau jaringan komputer.

Website toko online dirancang khusus yang memungkinkan konsumen untuk memilih dan membeli produk sendiri secara bebas. Konsumen memilih dan membeli produk menggunakan koneksi internet serta web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan lainnya.

E-commerce atau website toko online mempunyai dua jenis, yaitu e-commerce Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

E-commerce B2B adalah transaksi online yang dilakukan antara para pebisnis, contohnya transaksi antara perusahaan dan pengusaha grosir. Sedangkan e-commerce jenis B2C adalah sistem transaksi yang dilakukan dari pebisnis langsung kepada konsumen (end user).

Apa Kelebihan dan Kekurangan Website Toko Online ?

Sebelum Anda ingin mencoba bikin website toko online, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan website toko online.

#Kelebihan Website Toko Online

1. Modal Yang Dibutuhkan Relatif Kecil

Membuat website toko online modalnya jauh lebih murah daripada membuat toko offline. Dengan modal dasar sekitar 1 juta-pun kita sudah bisa membuat website toko online sendiri. Umumnya kita membutuhkan modal agak besar ketika membuat website toko online adalah saat pertama membuat situs dan penyiapan produk. Namun kedua hal tersebut dapat kita minimalisir juga. Misalnya jika produk yang kita miliki belum siap atau belum lengkap, kita bisa menjual produk orang lain (dropship).

2. Lebih Hemat Biaya Promosi dan Biaya Operasional

Umumnya biaya yang meski kita keluarkan untuk promosi wesbite toko online di internet cenderung lebih murah. Dengan catatan kita harus mempunyai trik khusus bagaimana cara promosi yang efektif dan biaya murah.

Biaya operasional berbisnis toko online juga masih dibilang lebih murah dibanding buka usaha dengan cara offline. Tentunya kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko perbulannya. Walaupun kita harus membayar sewa untuk domain dan hosting, namun jauh lebih murah daripada kita harus menyewa gedung atau kantor untuk jualan.

Selain biaya operasional domain dan hosting kita juga harus mengeluarkan biaya untuk listrik dan koneksi internet. Tapi tetap saja secara keseluruhan budget yang harus kita keluarkan perbulannya akan lebih murah daripada berbisnis dengan metode offline.

3. Tidak Harus Memiliki Banyak Karyawan

Keuntungan lain dengan berbisnis di website toko online adalah kita tidak diwajibkan untuk memiliki banyak karyawan. Bahkan banyak yang menggeluti dibidang bisnis toko online namun tidak mempunyai karyawan satupun. Tapi jika perusahaan toko online Anda sudah berkembang pesat, tidak ada salahnya untuk mengangkat karyawan.

4. Area Pemasaran Produk Lebih Luas dan Tidak Terikat Waktu

Karena sistem bisnis kita adalah dengan cara online, tentu saja area pemasaran produk akan lebih luas. Di Indonesia saja saat ini hampir seluruh pelosok sudah dapat dijangkau dengan jaringan internet. Tentunya hal ini adalah sebuah kesempatan baik bagi kita dalam berbisnis toko online.

Perusahaan toko online dengan mudahnya dapat kita operasikan dimana saja. Dan juga bisnis toko online tidak akan terikat dengan waktu. Dimanapun dan pada waktu bagaimanapun kita bisa dengan bebas mengontrol website toko online kita asal ada akses internet.

5. Tidak Perlu Memiliki Produk Sendiri

Seperti yang sudah saya bahas pada keuntungan dalam bidang bisnis toko online pertama, bahwa modal awal tidak perlu harus besar. Bahkan banyak juga perusahaan besar toko online yang sama sekali mereka tidak mempunyai produk sendiri. Mereka bergelut didalam bisnis toko online hanya menjadi reseller dari produk-produk orang lain saja (dropshipper).

6. Keuntungan Jauh Lebih Besar

Tujuan utama dalam berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jika bicara masalah keuntungan bisnis dengan metode toko online jauh lebih besar ketimbang bisnis secara offline. Anda sudah bisa menerka dengan modal yang hemat lalu biaya operasional yang irit tentunya hal ini akan mendorong dalam memperoleh keuntungan besar.

#Kekurangan Website Toko Online

1. Membutuhkan Akses Internet

Tanpa akses internet maka pengelolaan website toko online tidak akan berjalan. Tentunya hal ini merupakan kelemahan atau kekurangan dari membuat website toko online.

2. Keterbatasan Jaringan Jasa Pengiriman

Jaringan internet di Indonesia khususnya sudah hampir merata disetiap pelosok negeri ini. Namun masih banyak daerah-daerah terpencil yang rutenya tidak bisa dijangkau oleh jasa pengiriman (kurir). Sehingga hal ini akan menghambat proses pengiriman produk kepada konsumen yang tinggalnya sulit dijangkau kurir.

3. Dibutuhkan Keahilan Khusus Untuk Mengelola Website

Tidak semua orang yang mampu menjalankan usaha dalam bidang bisnis toko online. Umumnya mereka tidak mempunyai keahlian khusus dalam mengelola website. Walaupun banyak juga jasa pembuatan toko online yang tersebar di internet, tapi Anda akan kesulitan nantinya jika keahilan dalam bidang pengelolaan website nihil.

4. Harga Produk Jauh Lebih Mahal

Pada dasarnya harga-harga produk yang dijual di situs toko online relatif sama dengan harga produk yang dijual di toko-toko offline. Namun harga produk di toko online jauh lebih mahal disebabkan penjualan toko online selanjutnya memerlukan biaya ongkos kirim. Sehingga jika diakumulasikan, harga total satu produk di toko online akan jauh lebih mahal dibanding produk toko offline.

5. Persaingan Di Internet Cukup Ketat

Maraknya website-website toko online khususnya di Indonesia membuat persaingan website toko online di internet lumayan ketat. Semua berlomba-lomba agar situs toko onlinenya dapat tampil dengan sempurna di halaman terbaik Search Engine Result Page (SERP). Dengan maksud agar produk-produk yang dipasarkan agar bisa terindex dengan baik oleh konsumen melalui media browser. Dengan begitu dagangannya menjadi laris manis.

6. Membutuhkan Waktu Proses Pengiriman Hingga Produk Sampai Ditempat

Jika kita membeli produk langsung datang ke tempat penjualan (offline) maka kita akan langsung mendapatkan barang yang diinginkan setelah melakukan transaksi. Namun berbeda dengan produk yang kita beli melalui sistem online. Kita harus menunggu beberapa hari hingga tibanya produk yang dibeli kelokasi.

Jika dikaji terus sebenarnya kelebihan dan kekurangan mempunyai atau berbelanja melalui website toko online masih banyak. Silakan Anda cari lagi referensi lain di internet. Tapi setidaknya Anda sudah mempunyai gambaran sebelum memulai bikin website toko online.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Ohh jadi begitu yah gan hehe.. saya dulu pernah sih buka toko online dan ternyata susah dan akhirnya gagal haha :D

  2. Yaps. Diatas benar sekali. Terimakasih atas Ilmu yang Anda berikan untuk publik.

  3. Wah terimakasih sekali min atas informasi , jadi menambah ilmu lagi tentang toko online ..
    Jangan lupa untuk mengunjungi website kita ya min , yang terterah dikolom website :)
    salam sukses ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *