Home / Photoshop / 8 Kelebihan Photoshop Sebagai Aplikasi Editing Grafis Dibanding Software Lainnya

8 Kelebihan Photoshop Sebagai Aplikasi Editing Grafis Dibanding Software Lainnya

Kelebihan Photoshop  – Adobe Photoshop atau lebih gampang disebut Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan Adobe System Incorporated yang digunakan untuk mengedit foto atau gambar dan membuat berbagai effect. Karena dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) dari sederet perangkat lunak pengolah gambar, aplikasi ini banyak sekali digunakan oleh Photografer Digital, perusahaan iklan, maupun seseorang yang senang sekali melakukan pengeditan gambar.

Baca Juga : 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain

Perkembangan Photoshop sangat pesat, yang awalnya dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis kertas, Photoshop saat ini ada juga yang bisa digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Banyak sekali versi dari aplikasi ini. Tapi semakin Anda menggunakan versi yang baru maka Anda akan semakin mudah membuat dan menyunting gambar dengan kualitas yang tinggi yang siap untuk dicetak, ditempatkan di situs Web dan untuk keperluan lainnya. Ada juga aplikasi tambahan untuk menunjang proses pengeditan dalam pemrosesan materi web melalui aplikasi Photoshop, yaitu Adobe Image Ready yang lagi marak saat ini.

Berhubung aplikasi ini banyak dinikmati, maka selanjutnya akan dipaparkan mengenai beberapa kelebihan Photoshop yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Photoshop Sebagai Aplikasi Editing Grafis

1. Menyuguhkan berbagai peralatan desain yang beragam

Sebagai pemula pengguna perangkat lunak editing tidak perlu khawatir, karena kelebihan Photoshop  ini mudah dipelajari, terlihat dari tampilan awalnya yang sederhana. Dengan berbagai peralatan desain yang disediakan, Anda bisa mengedit foto atau gambar sekreatif dan semenarik mungkin.

2. Pemberian tulisan yang memiliki effect menarik

Editing tulisan dalam Photoshop menyuguhkan beberapa effect yang lebih kreatifdan inovatif dengan tool effect di dalamnya. Photoshop mampu membaca dan menulis gambar dengan format raster dan vector seperti .png, jpeg, .gir dan lainnya. Di samping itu Photoshop memiliki beberapa format file yang unik, seperti :

 

  • PSD (Photoshop Document) yang dengan kemampuan bisa menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths dan setting duotone. Format file ini paling sering digunakan dan seiring berjalannya waktu PSD brkembang lagi menjadi PSB dan PDD
  • PSB merupakan versi paling baru PSD yang dirancang untuk file berukuran lebih dari 2 GB
  • PDD juga merupakan versi lain PSD. Format file ini hanya bisa membaca fitur perangkat lunak Photoshop Deluxe

3. Pemberian tekstur dan material beragam

Anda bisa membuat dan mengedit gambar yang paling kreatif menurut Anda, karena banyak tekstur dan material yang beragam, seperti tekstur atau material dari gambar daun, air, logam dan gambar lainnya.

Baca Juga : Mudahnya Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop

4. Memperindah foto atau gambar

Adobe Photoshop mempunyai filter reduce grain (mengurangi grain) yang berfungsi memperindah foto  Anda saat kondisi pengambilan foto kekurangan cahaya.

5. Bisa digunakan untuk mengoreksi atau memanipulasi foto.

Banyak sekali yang Anda bisa lakukan dengan aplikasi Photoshop seperti memanipulasi foto. Anda bisa menghapus berbagai warna, memotong dan menggabungkan berbagai gambar atau beberapa foto saling tumpang tindih. Semua tetap tergantung pada kreativitas Anda.

Baca Juga : Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop

6. Mampu memberikan effect  tidak terbatas

Pastinya dalam mengedit foto atau gambar memerlukan banyak sekali efek agar hasil lebih memuaskan. Kelebihan Photoshop yang lain adalah mampu menambah efek lagi meskipun sebelumnya Anda sudah memberikan efek yang banyak.

7. Hasil olahan lebih bagus

Kelebihan Photoshop dari perangkat lunak pengolah gambar yang lain adalah mampu menghasilkan gambar lebih bagus dan tidak akan pecah-pecah saat hasilnya tadi diperbesar.

8. Pemrosesan materi Web

Seperti yang pernah disinggung di atas tadi, bahwa Photoshop juga mampu digunakan untuk memproduksi gambaruntuk World Wide Web. Maka dalam pemrosesannya diperlukan beberapa tindakan, seperti pengkompresian file gambar agar ukurannya lebih kecil, pemotongan gambar kecil-kecil dan pembuatan web photo gallery. Dengan aplikasi penunjang yaitu Adobe Image Ready, keperluan yag ada di web mudah teratasi, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.

Nah, banyak sekali kelebihan dari perangkat lunak Adobe Photoshop yang sangat membantu Anda dalam proses pembuatan atau pengeditan grafis, khususnya bagi pemula. Hasilnyapun  pastinya juga memuaskan. Peralatan desainpun juga beragam macamnya, tinggal bagaimana cara Anda mengolah kreativitas Anda. Semakin Anda kreatif, semakin bagus pula hasil editing Anda. Pilih juga versi terbaru dari Adobe Photoshop yang semakin memudahkan Anda dalam membuat, menegedit foto atau gambar.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *