Home / WordPress / 15 Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot ~ Berikut Ulasan Lengkapnya

15 Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot ~ Berikut Ulasan Lengkapnya

Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot – Ada beberapa kelebihan WordPress dibanding Blogspot. Salah satu diantaranya yaitu adanya banyak theme yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Cara menggunakannya juga sangat simple sehingga memudahkan para pemula. Selain itu, masih ada beberapa kelebihan lain. Apa saja kelebihan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga : Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

1. Dapat Membuat Page Yang Tidak Termasuk Daftar Postingan

Jika kamu menggunakan WordPress, antara halaman page dan postingan tidak menjadi satu alias terpisah. Menu spesial ini hanya ada di WordPress dan tidak dimiliki oleh Blogspot. Jika pun ada, halaman tersebut merupakan hasil modifikasi pemilik website.

2. Didukung Banyak Theme

Pilihan theme di WordPress sangat beragam dan menyegarkan mata. Mulai dari yang gratisan sampai yang premium.

Cara penggunaan theme juga sangat simple yaitu tinggal pilih theme yang disukai lalu klik aktivasi. Setelah itu, theme yang kamu inginkan bisa langsung terpasang. Langkah mudah ini tentu sangat membantu pemula.

Baca Juga : 5 Tema WordPress Terbaik Untuk Google AdSense Peluang CTR Tinggi

3. Memungkinkan Pengguna Menanamkan Plugin

Platform ini juga memungkinkan para penggunanya untuk menanamkan plugin di website miliknya. Sebenarnya, apakah fungsi plugin? Jadi, plugin ini berfungsi mengoptimalkan performa dari website.

Baca Juga : 10 Plugin Afiliasi WordPress Gratis Yang Berguna Untuk Memaksimalkan Blog

Salah satu dari berbagai plugin yang dapat ditanamkan di website yaitu all in one SEO pack. Plugin ini berfungsi untuk mempermudah dalam membuat konten website kamu menjadi enak untuk dibaca oleh pengunjung dan pastinya SEO friendly. Dengan demikian, halaman website yang kamu miliki bisa berada di halaman utama dan berpotensi untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

4. Dilengkapi Auto Ping

Jadi, setiap kamu mengunggah postingan, platform ini akan melakukan ping secara otomatis. Hal ini tentu sangat menguntungkan user mengingat platform ini dapat memberitahu layanan penyedia ping jika postingan baru telah dibuat.

Baca Juga : Tambah Koleksi Ping Update Artikel Otomatis WordPress

5. Permalink SEO Friendly

Buat kamu yang menggunakan WordPress dengan hosting sendiri, kamu bisa menggunakan permalink sesuka hatimu. Sedangkan, jika kamu menggunakan Blogspot, kamu tidak bisa mengubah permalink tersebut.

Baca Juga : Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

6. Fitur Navigasi Lengkap

Kelebihan lainnya yaitu adanya navigasi yang lengkap. Meski gratis namun tampilan dashboard-nya tidak mengecewakan. Sebab, tampilannya terlihat profesional, stylish, dan cukup elegan. Wahh, keren ya?

7. Dapat Digunakan Lebih Dari Satu Orang

Uniknya, platform ini bisa digunakan oleh lebih dari satu user dengan berbagai kewenangan seperti admin, contributor, editor, dan author. Blogspot juga sebenarnya menyediakan hal yang sama tetapi cara registrasinya lebih mudah WordPress.

8. Lebih Fleksibel

Platform WordPress lebih fleksibel daripada Blogspot. Mengapa demikian? Sebab, WordPress memberi berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Dengan demikian para pengguna bisa mengembangkan website yang dimilikinya sesuai dengan kebutuhan.

9. Memiliki Fitur Back Up

Kelebihan WordPress dibanding Blogspot selanjutnya yaitu memiliki fitur back up dimana user bisa mencadangkan setiap postingan agar lebih aman. Misalnya ada sesuatu yang tidak kamu inginkan, kamu juga bisa mengunggah postingamu kembali lho.

Baca Juga : Cara Backup Semua Konten Di WordPress

10. Mudah Terhubung Dengan Media Sosial

Tahukah kamu jika WordPress bisa dihubungkan dengan berbagai media sosial? Beberapa media sosial tersebut yaitu twitter, google, facebook, yahoo, dan media sosial yang lain. Dengan demikian, setiap kamu mengunggah file, secara otomatis link tersebut akan muncul di berbagai media sosial yang kamu tautkan.

11. Read More Lebih Mudah

Read more di WordPress lebih mudah jika dibandingkan dengan Blogspot. Mengapa demikian? Sebab, kamu tidak perlu lagi untuk mengubah html seperti halnya di Blogspot. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan WordPress dibanding Blogspot.

12. Data Menu Statistik Lengkap

Data statistik pengunjung tersebut dapat kamu lihat pada bagian dashboard. Beberapa data tersebut menunjukkan statistik data yang lengkap. Beberapa data tersebut yaitu halaman terpopuler, pencarian terbanyak, asal pengunjung, dan masih banyak statistik data lain yang bisa kamu lihat.

13. Comment Friendly

Apakah kamu ingin banyak orang yang mengomentari websitemu? Jika iya, WordPress adalah pilihan yang tepat. Sebab, WordPress sangat comment friendly. Hal tersebut bisa kamu lihat di bagian bawah postinganmu. Cara berkomentar pun tak sulit karena hanya membutuhkan email, nama, dan situs web (optional).

Baca Juga : Merubah Kolom Email Komentar WordPress Menjadi Optional

14. Terintegrasi Dengan Banyak Platform

WordPress juga bisa diintegrasikan dengan berbagai platform lho. Beberapa platform tersebut antara lain buddypress, gravatar, bbpress, akismet, dan polldaddy. Selain itu, WordPress mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk mengimpor berbagai data dari Blogger, TextPattern, b2evolution, grayMetter, dan lainnya.

15. Dapat Digunakan Secara Offline

Kelebihan WordPress dibanding Blogspot selanjutnya yaitu bisa digunakan meski kamu offline atau tanpa ada koneksi sama sekali. Kamu cukup menggunakan web server yang telah di-instal sebelumnya secara lokal.

Baca Juga : Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress

Sebetulnya masih banyak Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot. Namun untuk sementara hanya itu saja. Untuk pembahasan lainnya akan dibuat pada artikel berikutnya. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Hi Admin

    Rasanya ada banyak hal yang bisa diperdebatkan di artikel ini. Sebagai contoh saja yah,

    Poin 1 – Pos dan Laman di Blogger terpisah juga sama kyk WordPress. Laman yang dibuat di Blogger juga sama-sama tidak muncul di daftar postingan kok’.
    Poin 5 – Penjelasannya mungkin agak rancu, tapi kita juga bisa mengubah permalink di Blogger.
    Poin 9 – Blogger juga punya fitur backup. Beda kalau kita bicara fitur auto-backup yang kadang suka ada pada hosting yang kita pakai.
    Poin 12 – Justru Blogger yang punya fitur statistik bawaan. Kalau mau pake Google Analytics, dua-duanya bisa pakai dan ini bukan jadi kelebihan WordPress dibanding Blogger.

    Masih ada beberapa poin lagi tapi saya rasa itu dulu. Mudah-mudahan kritik saya berkenan yah min.

  2. Terimakasih banyak sharenya
    Walaupun ada beberapa yg kurang tepat, tapi ini jadi ilmu tambahan buat saya yg mau coba2 pake wp setelah sekianbtahun pake blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.