Home / Kesehatan / Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Wajib Diketahui

Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Wajib Diketahui

Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Mungkin Anda sudah familiar dengan buah Naga atau malah sering menkonsumsinya? Apakah Anda sudah tahu apa saja manfaat buah Naga untuk kesehatan dan kecantikan? Misalkan belum tahu maka Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai karena di sini saya akan membahas beberapa manfaat buah Naga untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga : 7 Mitos Kesehatan Yang Tidak Perlu Dipusingkan, Karena Palsu!

Buah Naga memiliki nama latin yaitu pitaya dimana mulanya buah ini berasal dari Benua-benua di Amerika saja seperti Amerika bagian tengah, Amerika bagian selatan  dan Mexico. Nama Buah Naga sendiri memiliki story yaitu dari negara Vietnam. Mereka menyebutnya Thang Loy bahasa vietnam yang artinya buah Naga. Mereka memiliki kepercayaan yang hampir sama dengan kepercayaan orang-orang China. Pada kepercayaan mereka buah Naga akan memberikan suatu berkah bagi bangsa mereka. Pada sebuah acara ritual buah Naga ini akan digunakan dan di letakan di tengah-tengah dari 2 buah patung Naga sehingga munculah sebutan buah Naga ini.

Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Wajib Diketahui

Jenis dari buah Naga ini sendiri dibagi menjadi empat yaitu :

  1. Hylocereus undatus yang memiliki ciri bagian kulit berwarna merah dan daging berwarna putih;
  2. Hylocereus costaricensis jenis ini memiliki ciri kulit dan daging yang berwarna merah terang;
  3. Hylocereus polyrhizus jenis ini memiliki ciri yaitu kulit buahnya berwarna pink/merah muda sedangkan pada dagingnya berwarna kemerahan;
  4. Selenicereus megalanthus jenis yang terakhir memiliki kulit buah yang berwarna kuning serta daging buah yang berwarna putih.

Berikut Adalah Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selanjutnya kita akan membahas apa saja khasiat dan manfaat yang kita dapatkan ketika sering menkonsumsi buah Naga ini. Manfaatnya antara lain ialah :

1. Mencegah Kanker

Salah satu penyakit yang paling mematikan ialah kanker. Buah Naga yang kaya akan kandungan antioksidan ini sangat baik untuk mencegah penyebab terjadinya kankker sehingga Anda pun tidak akan mudah terserang penyakit ini.

2. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Penyakit yang juga mematikan selanjutnya adalah serangan jantung. Selain melakukan pola hidup sehat seperti berolahaga dan makan-makanan 4 sehat 5 sempurna. Menkonsumsi buah Naga juga menjadi alternatif untuk mencegah terjadinya serangan jantung pada manusia.

3. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus

Vitamin B3 yang terdapat dalam buah Naga dipercaya mampu untuk mengatasi kadar gula yang berlebih dalam darah. Sehingga dapat meminimalisirkan terjadinya resiko diabetes melitus.

4. Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan asam folat, karoten, vitamin, dan serat-serat lainnya yang ada pada buah Naga sangat dibutuhkan dalam proses kandungan pada ibu hamil. Untuk anda yang sedang hamil sangat disarankan menkonsumsi buah Naga ini secara teratur.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengalami berat badan dan ingin segera menurunkannya maka tepat sekali jika menkonsumsi buah Naga ini. Asupan serat serta rendah kalori pada buah Naga dapat anda jadikan bahan makanan pengganti untuk program diet anda.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Buah Naga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat tinggi. Sehingga bagus untuk kesehatan gigi serta membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

7. Melancarkan Pencernaan

Buah Naga juga sama halnya dengan pepaya yaitu sama-sama baik untuk kelancaran pencernaan. Anda dapat menkonsumsi setiap hari dengan membuat  jus atau di makan secara langsung.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi anda yang merasa mudah sakit atau kekebalan tubuh anda menurun maka anda dapat mencoba menkonsumsi buah Naga ini secara teratur. Kandungan Vitamin C, potassium dan protein dalam buah naga dipercaya mampu mencegah bakteri-bakteri jahat dalam tubuh sehingga kita tidak akan mudah sakit.

Selain 8 manfaat di atas masih banyak manfaat-manfaat lainnya seperti :

  1. Mendeteksi kandungan boraks dan formalin;
  2. Untuk membersihkan usus;
  3. Mengobati sariawan;
  4. Menjaga kekencangan kulit wajah;
  5. Mencegah tumbuhnya jerawat;
  6. Mencegah peradangan;
  7. Baik untuk manula;
  8. Mencegah perkembangan bakteri dalam usus;
  9. Menyehatkan fungsi syaraf;
  10. Untuk pewarna alami;
  11. Meningkatkan produksi ASI;
  12. Meredakan panas dalam.

Itulah tadi beberapa Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Jadi dengan informasi ini anda sudah mengetahui berbagai macam manfaat dari buah Naga dan dapat menkonsumsinya secara rutin. Terimakasih.

Artikel ini karya penulis tamu Rigaini Afgan Seorang blogger dari Kalimantan Tengah tepatnya di kota Samuda yang aktif menulis artikel tentang Kesehatan dan Kecantikan. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. sangat banyak ya untuk manfaat buah naga ini…..
    supaya vitamin dan manfaatnya utuh, cara pengolahan buah naga ini bagaimna ??
    jika saya mengolah buah naga ini menjadi selai, apakah manfaat buah naga ini masih utuh dan tidak berkurang???

  2. iis sugiarni

    jika mengkonsumsi buah naga menjadi jus apakah manfaat nya masih tetap utuh,karena saya lebih suka jika di buat jus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *