Home / Pendidikan / Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2015-2016 SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK

Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2015-2016 SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK

Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2015-2016 – Ujian Nasional adalah sebuah kebijakan Pemerintah yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menentukan Standar Mutu Pendidikan. Dalam kenyataannya Mata Pelajaran yang diujikan tidak seluruh Mata Pelajaran. Ujian Nasional hanya tiga atau empat Mata Pelajaran saja, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bahasa Inggris. Selebihnya menjadi soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/M).

Baca Juga : Download Contoh Program Kerja Ujian Sekolah Madrasah

Kemudian Ujian Nasional bertujuan untuk mengendalikan mutu pendidikan di Indonesia secara Nasional dan sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan. Agar pencapaian Standar Nasional Pendidikan bisa terlaksana, maka perlu diselenggarakan evaluasi pendidikan secara berkesinambungan.

Untuk Tahun Pelajaran 2015-2016 Ujian Nasional penyelenggaraannya sudah diambang pintu. Maka dari itu berbagai bentuk persiapan dalam hal menyambut datangnya Ujian Nasional, saat ini Sekolah/Madrasah harus sudah mulai memperbanyak latihan-latihan menjawab soal (try out) terhadap peserta didiknya.

Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015-2016

Disarankan dalam membuat latihan soal maka Sekolah/Madrasah harus senantiasa mengacu terhadap Kisi-Kisi Ujian Nasional. Dalam hal ini Kisi-Kisi Ujian Nasional yang harus digunakan oleh Sekolah/Madrasah adalah Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Apa itu BSNP? Badan Standar Nasional Pendidikan yang kemudian disingkat menjadi BSNP adalah sebuah lembaga Pemerintah yang mandiri, profesional, dan independen. BSNP bertugas serta mempunyai misi untuk mengembangkan serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan. Dan kini lembaga resmi Pemerintah BSNP telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015-2016 untuk digunakan di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan Pendidikan Kesetaraan.

Kita bisa mendapatkan Kisi-Kisi Ujian Nasional tersebut di situs resmi BSNP. Atau jika Anda tidak mau ribet mengunduh disana, Anda bisa download Kisi-Kisi di blog Info-Menarik.NET.

Berikut Link File Download Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015-2016

Bukan hanya Kisi-Kisi saja yang akan saya lampirkan link filenya, namun saya lampirkan juga dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015.

Yang dimaksud dengan Pendidikan Kesetaraan adalah pendidikan Program Paket B & C. Artinya lulusan pendidikan Program Paket B setara dengan pendidikan SMP/MTs dan Program Paket C setara dengan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK.

Nantinya Kisi-Kisi Soal Ujian tersebut akan dijadikan acuan Pemerintah khususnya oleh BSNP dalam pengembangan dan pembuatan soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015-2016. Maka dari itu Sekolah/Madrasah harus senantiasa menggunakan atau mengacu juga terhadap Kisi-Kisi ini. Diharapkan jika mengacu terhadap Kisi-Kisi maka hasilnya akan memperoleh lulusan Peserta Didik sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Baca Juga : Download Kisi-Kisi Soal UKG 2015 Kemenag (MI, MTs, MA)

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu Sekolah/Madrasah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional demi mencetak Peserta Didik yang berkualitas.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Program paket B dan C digunakan bagi yang tidak lulus ujian nasional atau bagaimana ya? Dan berapa standar nilai yang harus dilampaui agar dapat lulus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *