Home / EPS-Topik Korea / Konsultasi Untuk Penyelesaian Masalah TKI Korea

Konsultasi Untuk Penyelesaian Masalah TKI Korea

Konsultasi Untuk Penyelesaian Masalah TKI Korea – Mungkin saja TKI Korea suatu saat menemui masalah ditempat kerjanya. Kemudian TKI Korea kebingungan bagaimana mencari solusinya? Jika memang TKI Korea statusnya resmi bukan ilegal, tidak perlu khawatir. TKI Korea pada saat mendapatkan suatu masalah atau perlakuan yang tidak adil atau merasa dirugikan, maka TKI Korea bisa berkonsultasi dan meminta bantuan dari Agen Pusat Konsultasi. TKI Korea akan mendapat perlindungan yang sama dengan pekerja lokal atau pekerja pribumi dalam hal perlindungan perjanjian kontrak atau perlindungan hukum yang lain.

Baca Juga : Penyebab Pekerja Asing Di Deportasi Dari Korea Selatan

Kemudian Pusat Konsultasi apa untuk menyelesaikan permasalahan TKI yang berada di Korea Selatan? Terdapat banyak pelayanan konsultasi untuk penyelesaian masalah TKI Korea. Jenis pelayanan atau agen pusat konsultasi ini tergantung dari jenis kebutuhan atau permasalahannya. Nah disini saya akan berbagi tempat untuk Konsultasi pekerja asing di Korea Selatan jika menemui masalah. Selanjutnya masalah tersebut untuk diselesaikan atau dicarikan solusinya.

Konsultasi-Untuk-Penyelesaian-Masalah-TKI-Korea

Berikut Pusat Konsultasi Untuk Penyelesaian Masalah TKI Korea Selatan

Ok sekarang kita bahas pusat konsultasi apa saja untuk membantu pekerja asing di Korea Selatan jika menemui masalah?

1. Depnaker (노동부)

Depnaker atau Departemen Tenaga Kerja istilah Koreanya 노동부 adalah lembaga konsultasi untuk membantu serta mencari jalan keluar pekerja asing yang mengalami tindakan ketidak adilan selama bekerja. Kemudian lembaga konsultasi ini lebih rincinya adalah instansi serta bertanggungjawab dalam hal :

  1. Badan Pengawas Tenaga Kerja Daerah yang mengawasi pelaksanaan Undang-Undang Tenaga Kerja dan permasalahan di tempat kerja, seperti : Tenaga kerja tidak diberi gaji, pesangon, dan hal lain yang tidak dibayarkan oleh perusahaan. Terjadi kekerasan dari perusahaan terhadap pekerja asing baik dari penanggung jawab perusahaan atau yang lain (teman kerja). Bisa juga untuk mengadukan pelanggaran waktu kerja dan kekerasan kerja atau yang lain.
  2. Badan Pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Daerah yang mengawasi tentang keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja.
  3. Pusat Penempatan Tenaga Kerja Daerah yang mengawasi tentang hubungan antara pekerja asing dengan perusahaan dalam hal seperti berikut : Penanganan kegiatan di perusahaan tentang perpindahan perusahaan, Menangani laporan tentang penempatan, pelarian dan deportasi bagi pekerja asing, Mengecek dan memeriksa surat-surat perusahaan sebelum pengambilan pekerja asing datang ke perusahaan, Memberi konsultasi bila timbul permasalahan dalam penempatan.
  4. Badan Pusat Konseling yang bertanggung jawab memberikan dukungan bahasa kepada pekerja asing serta membantu penyelesaian permasalahan pekerja asing.
  5. Komisi Hukum Tenaga Kerja yang bertugas menangani pelanggaran dan tindakan ketidak adilan dari Undang-Undang Ketenagakerjaan.

2. Imigrasi (출입국관리사무소)

Kantor imigrasi atau istilah Bahasa Koreanya 출입국관리사무소 adalah kantor lembaga untuk menangani masalah keluar masuk dan perizinan orang asing di Korea Selatan. Imigrasi juga membantu menangani segala masalah pekerja asing.  Mulai dari pembayaran gaji, permasalahan dengan perusahaan, konsultasi dan penjelasan tentang perusahaan, memberikan perlindungan dari segala tindakan penganiayaan dan kekerasan pelanggaran dan kecurangan Hak Asasi orang asing selama tinggal di negara Korea Selatan.

3. Departemen Perlindungan Hak Asasi Manusia (국가인권위원회)

Departemen perlindungan hak asasi manusia ini mempunyai tanggung jawab untuk melindungi manusia dari pelanggaran hak asasi manusia dan sangsi-sangsinya baik orang Korea ataupun orang asing. Seseorang yang mempunyai masalah dan ingin berkonsultasi ke Departemen ini, bisa konsultasi dan mengajukan permasalahan kemudian akan diadakan pemeriksaan terhadap orang yang bersangkutan. Kelengkapan data akan memberikan keputusan dari masalah, tetapi apabila hasil keputusan tersebut tidak bisa diterima oleh orang yang dirugikan maka bisa dilanjutkan ke proses kepolisian.

4. Lembaga Kesejahteraan Pekerja (근로복지공단)

Lembaga ini khusus untuk menangani pekerja yang mengalami kecelakaan ketika bekerja di perusahaan. Kecelakaan saat bekerja seperti menimbulkan cacat atau bahkan meninggal dunia. Semua itu akan mendapatkan ganti rugi bila kejadiannya diklaimkan ke pihak asuransi dengan cara melaporkan ke pihak asuransi. Sebelumnya harus melapor dulu ke Departemen Perlindungan HAM yang berada di daerah sekitar.

Baca Juga : Prosedur Pindah Perusahaan Di Korea Selatan

Mungkin hanya itu saja beberapa lembaga penting sebagai pusat Konsultasi Untuk Penyelesaian Masalah TKI Korea. Semoga tulisan ini bisa membantu pekerja asing yang sedang bekerja di Korea Selatan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. Assalamualaikum. .nama Saya wahyu.
    Saya punya banyak masalah di tempat kerja . .
    Saya sudah Setahun bekerja di korea .
    Masalah Saya itu
    >gaji nunggak terus
    >asuransi ke sehat an dan kukmin tidak d daftar kan
    >terakhir Saya d pukul sama sajang
    Apa yg harus Saya lakukan ya ?? Selter tidak bisa membantu dan nodongbu seperti gag ngurus masalah kya gtu.
    Ap Saya nyewa pengacara saja?
    Mhon pncerahan nya min

    • Yang bisa menyelesaikan kasus mas di Korea hanyalah Selter dan Nodongbu saja mas. Silakan mas tempuh jalur lain misal jalur hukum jika mas memang dirugikan.

    • Kalo saya bermasalah di gaji tidak sesuai dengan peraturan nodongbu, jam kerja banyak tapi gaji tidak sesuai..

  2. saya menikah dengan warga korea, saat kami berlibur ke jeju saat pulang kembali ke gumi id card saya dinyatakan palsu. dan akhirnya dideportasi dengan sanksi 5 tahun tidak bisa kembali ke korea. saat di introgasi di imigrasi kami sudah menjelaskan semua yang mengurus adalah agency. dan saat itu saya masih terdaftar sebagai mahasiswa di seoul.. apakah saya bisa mendapatkan visa kembali ke.kore sebelum 5 tahun..? sekarang sudah hampir 3 tahun.
    menurut staff imigrasi korea saya dan suami dianjurkan untuk terus menyurati imigrasi korea atau datang langsunv ke korean embassy di jakarata.. mohon sarannya

  3. Apakah tki korea bisa kerja sambil kuliah kalau bisa apa saja persyarataanya. Mohon dijelaskan terima kasih

    • Bisa sekali kalau mas bisa membagi waktunya bekerja sambil belajar. Banyak juga TKI disana yang kuliah di UT setiap satu minggu sekali atau setiap hari libur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *