Home / Pendidikan / Tahun 2018 Kurikulum 2013 Akan Diganti Dengan Kurikulum Nasional

Tahun 2018 Kurikulum 2013 Akan Diganti Dengan Kurikulum Nasional

Kurtilas Akan Diganti Dengan Kurikulum Nasional – Atas dasar kacaunya pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13), maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Anies Baswedan berencara akan mengganti KURTILAS dengan Kurikulum Nasional. Pergantian Kurikulum ini direncanakan akan selesai dan digunakan pada tahun 2018.

Baca Juga : Download Contoh Soal UKG 2015 Guru Madrasah Kemenag Terbaru

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia Pendidikan tentunya sangat merasakan kekacauan Kurikulum 2013 ini. Diperkirakan setahun lebih pelaksanaan Kurikulum 2013 yang terus menerus diwarnai dengan berbagai macam permasalahan.

Tahun-2018-Kurikulum-2013-Akan-Diganti-Dengan-Kurikulum-Nasional

Permasalahan-permasalahan seperti apa saja?

Contohnya seperti kacaunya pendistribusian buku Kurikulum 2013. Hal ini sangat dirasakan oleh Sekolah/Madrasah yang lokasinya sulit dijangkau oleh kendaraan. Kemudian masalah serius lainnya adalah banyak Guru yang belum paham bagaimana cara menerapkan Kurikulum 2013.

Meskipun awalnya Kurikulum 2013 ini sudah disosialisasikan, namun tetap saja banyak Tenaga Pendidik yang tidak paham dengan Kurikulum 2013.

Entah kenapa sebabnya?

Bahkan menurut informasi yang saya dapatkan bahwa akhir-akhir ini banyak ditemukan buku Kurikulum 2013 yang berisi dengan ajaran radikal. Tidak tepatnya materi pada buku Kurikulum 2013 dengan keadaan siswa. Atau terlalu tingginya tingkat penguasaan bahan ajar pada buku Kurtilas.

Atas dasar itu semua maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan segera bertindak cepat untuk memperbaiki bahkan akan mengganti Kurtilas dengan Kurikulum Nasional.

Kemudian Direktorat Jenderal Ketenagaan Pendidikan Kementerian Pendidikan Unifah Rosadi mengakui bahwa memang Kurikulum 2013 harus segera diperbaiki dan pada tahun 2018 mendatang akan diganti dengan Kurikulum Nasional. Hal ini akan dilakukan setelah seluruh Sekolah/Madrasah se-Indonesia sudah menerapkan K-13. Sementara ini Pemerintah hanya tetap fokus untuk melakukan sosialisasi serta melakukan perbaikan-perbaikan pada kelemahan Kurikulum 2013.

Menurut Dr. Unifah Rosadi bahwa materi Kurikulum 2013 itu sebenarnya sangat baik. Namun karena mepetnya segala persiapan untuk penerapan Kurikulum 2013 maka dinilai banyak kekurangan yang harus dilakukan perbaikan. Dengan begitu Kurikulum Nasional adalah Kurikulum sebagai penyempurna hasil dari perbaikan Kurikulum 2013.

Saat ini Sekolah/Madrasah se-Indonesia yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 sebesar 16.791. Sebanyak 7.961 Sekolah/Madrasah yang merupakan Sekolah Pilot Projek dan sebanyak 8.830 dilaksanakan secara mandiri. Kemudian sisanya Sekolah/Madrasah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Bagaimana Bentuk Kurikulum Nasional Sebagai Pengganti Kurikulum 2013?

Ada plesetan kalau KURTILAS adalah Kurikulum Tidak Jelas … Benarkah itu? Sebetulnya bukan berarti materi Kurikulumnya yang tidak jelas, karena jika dilihat materinya menurut pakar pendidikan bahwa materi Kurtilas sangat baik.

Mungkin karena terlalu cepatnya pergantian Kurikulum yang tidak dilakukan dengan kesiapan yang matang, maka banyak pihak yang dibuat bingung oleh Kurikulum 2013. Maka dari itu Kurtilas ini selalu menjadi bahan pembicaraan hangat di kalangan pendidikan.

Mendengar hal ini tentunya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan tidak tinggal diam. Anies akan mengupas habis segala kelemahan-kelemahan pada penerapan Kurikulum 2013. Dan direncanakan nanti Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum yang tanpa ada embel-embel tahun, yaitu Kurikulum Nasional.

Direncanakan juga pada Kurikulum Nasional akan dijadikan menjadi tiga bagian. Kurikulum Nasional, Kurikulum Berbasis Pengembangan, dan Kurikulum Kekhasan/Kondisi di masing-masing Sekolah/Madrasah.

Walaupun demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelasan bahwa meskipun Kurikulum beragam menjadi tiga jenis, tapi tidak akan sampai menambah jumlah jam belajar per-pekannya.

Diharapkan dengan adanya bentuk perubahan pada Kurikulum di Pendidikan Indonesia sudah dilakukan versifikasi. Tentu saja hal ini sesuai dengan Undang-Undang Pasal 36 dan 37 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *