Home / Teknologi / Kursi Roda Canggih, Penyandang Disabilitas Tidak Kesulitan Naik Turun Tangga

Kursi Roda Canggih, Penyandang Disabilitas Tidak Kesulitan Naik Turun Tangga

Kursi Roda Canggih – Bagi penyandang disabilitas berkursi roda, untuk naik dan turun tangga tentunya menjadi sesuatu yang teramat sulit. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, yang dipadukan dengan ide dari orang-orang kreatif, maka kini urusan naik dan turun tangga akan menjadi lebih mudah bagi para penyandang disabilitas.

Bahkan untuk melakukannya, para penyandang disabilitas berkursi roda tidak memerlukan lagi bantuan dari orang lain. Kursi Roda Canggih TopChair- S dan Scewo hadir sebagai solusi.

Kursi Roda Canggih TopChair-S

Seorang Insinyur asal Prancis telah menciptakan kursi roda canggih yang akan sangat memudahkan penyandang disabilitas untuk melakukan aktivitas naik dan turun tangga. Kursi roda TopChair-S dilengkapi dengan mesin yang dapat melaju hingga kecepatan 6 mph atau 10 kilometer per jam. TopChair-S memiliki dua jenis roda yakni roda standard dan roda trek seperti ‘Tank’.

Baca Juga : Beginilah Persiapan Indonesia Sambut 5G – Inovasi IoT Yang Lebih Canggih

Trek kursi roda TopChair-S berbahan karet yang telah dirancang sedemikian rupa, agar kursi roda mampu naik turun tangga. Trek karet tersebut didesain seperti roda ‘Tank’ yang terselip di balik roda standarnya. Trek karet dapat beralih di antara kursi standar dan mesin, hanya dengan menekan sebuah tombol. Trek karet telah dirancang untuk memiliki daya tarik yang cukup, untuk mencengkeram langkah-langkahnya dengan tapaknya yang kasar.

TopChair-S memberikan lebih banyak kebebasan kepada para pengguna kursi roda untuk mencapai tempat-tempat yang biasa tidak terjangkau. Kursi roda TopChair-S bisa menaiki 12 anak tangga dalam waktu sekitar dua menit. Ketika pengguna TopChair-S harus menaiki tangga, kursi akan menyesuaikan agar penggunanya tetap duduk dengan posisi stabil (Dudukan kursi tidak akan mengikuti kemiringan tangga).

TopChair-S memang bukan kursi roda canggih pertama yang dikembangkan untuk dapat menaiki tangga. Beberapa desain kursi roda modern sebelumnya, telah ada juga yang bisa naik dan turun tangga. Tetapi sayangnya, penggunaannya belum semudah TopChair-S. Contohnya kursi roda Toyota Deka, untuk naik dan turun tangga masih menuntut penggunanya berpegangan pada pegangan tangga. Hal tersebut tidak akan mudah bagi penyandang disabilitas yang mengalami kelemahan pada otot tangan.

Meskipun demikian kursi roda Toyota Deka memiliki keunggulan lain yaitu dapat “berdiri” dengan dua roda, sehingga menambah ketinggian duduk si pengguna agar dapat menjangkau buku di rak atau lemari dapur. Sedangkan kursi roda TopChair-S tidak dapat melakukan itu. TopChair-S telah diperjualbelikan di pasaran Eropa, India, Lebanon, China, Hong Kong, Algeria, Kazakhstan dan Rusia.

TopChair-S sudah dilepas ke konsumen dengan harga sekitar £12.000 – £13.000. Apabila masuk ke Indonesia kemungkinan kursi roda ini akan dibanderol dengan harga sekitar Rp300 juta-an hingga Rp 400 juta-an. Kursi roda canggih TopChair-S dilengkapi dengan joystick yang bisa diatur disertai LCD. Tenaganya didukung oleh 2 baterai 60-A /h.

TopChair-S sanggup menempuh jarak sekitar 22 mil sampai 28 mil, atau setara dengan 35 km sampai 45 km, dengan kecepatan 10 kilometer per jam sebelum memerlukan pengisian ulang baterai. Terdapat 2 motor 400 watt untuk menggerakkan trek karet, dan 2 motor seberat 350 watt untuk menggerakkan roda standar. Bagaimana pun TopChair-S masih memiliki kelemahan yaitu :

  1. Hanya bisa menaiki tangga lurus, jadi penggunanya jangan mencoba pada tangga berputar
  2. Hanya bisa menjangkau anak tangga dengan tinggi maksimal 7,9 inci atau setara dengan 20cm
  3. Hanya bisa menaiki tangga yang memiliki derajat kemiringan maksimal yakni 33 derajat.

Kursi Roda Canggih TopChair-S

Kursi roda Scewo ini merupakan rancangan empat mahasiswa asal Switzerland dari kampus ZHdk dan  ETH Zurich. Cara kerjanya hampir mirip dengan kursi roda TopChair-S yang memberikan kenyamanan pada penyandang disabilitas, termasuk yang mengalami kelemahan pada otot tangan. Scewo dilengkapi pula dengan kemampuan self-balancing, agar penggunanya tidak khawatir jatuh ketika akan naik turun tangga. Dilengkapi joystick dan LCD sebagai pengaturannya.

Baca Juga : 5 Daftar Pakaian Dalam Berteknologi Canggih Yang Bisa Membuatmu Kagum

Scewo mampu melewati jalanan mendaki dan bersalju. Secara tampilan, Scewo didesain lebih halus dan modern, sangat cocok bagi para pengguna berusia muda atau pengguna yang masih kental dengan jiwa muda. Scewo masih dalam tahap pengembangan agar memiliki kemampuan yang lebih baik daripada beberapa kursi roda pendaki tangga sebelumnya. Rencananya kursi roda canggih Scewo akan diluncurkan ke pasaran sekitar tahun 2018 atau 2019 mendatang.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *