Home / EPS-Topik Korea / Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal

Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal

Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal – Di Korea Selatan terdapat makanan yang paling terkenal. Makanan Korea Selatan ini bisa dikonsumsi oleh umat Islam karena hukumnya halal. Seperti yang sudah diketahui bahwa makanan Korea Selatan banyak yang mengandung daging babi. Tapi kalau untuk makanan Korea Selatan yang satu ini, kita tidak perlu khawatir lagi. Dalam proses pembuatannya makanan Korea ini tidak menggunakan bahan yang diharamkan oleh agama Islam. Lalu makanan apa yang dimaksud? Makanan Korea Selatan halal yang paling terkenal adalah Kimchi.

Baca Juga : Baju Tradisional Korea Selatan Yang Harus Diketahui

Kimchi (김치) adalah makanan atau sering disebut lauk pauk yang paling terkenal di Korea Selatan. Makanan yang satu ini pasti selalu dihidangkan ketika kita sedang makan bersama di restoran Korea Selatan. Kimchi merupakan lauk pauk sebagai pelengkap makanan yang orang Korea bilang adalah makanan wajib. Jika orang Korea makan tidak menyertakan lauk pauk kimchi, maka rasanya akan tidak lengkap. Selain orang Korea, kitapun bisa menikmatinya kimchi ini. Seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa kimchi aman dikonsumsi oleh umat Islam.

Bagi Anda yang belum tahu seperti apa sih dan bagaimana bentuk dari kimchi ini? Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal 1

Bagaimana Proses Pembuatan Makanan Korea Selatan Kimchi ini?

Makanan Korea Selatan jenis kimchi biasanya paling banyak dimasak ketika menghadapi musim dingin. Pada musim dingin apalagi musim dingin yang panjang kimchi dimakan sebagai sayur-sayuran. Kemudian cara membuat kimchi adalah pertama sayur-sayurannya diasinkan, lalu dibumbui dengan cabek bubuk, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, dan saos ikan. Sebetulnya jenis kimchi ini sangat banyak, tapi kimchi yang paling terkenal adalah sebagai berikut :

1. Kimchi Sawi Putih (배추 김치)

Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal 2

2. Kimchi Lobak Kecil (열무 김치)

Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal 3

3. Kimchi Timun (오이 김치)

Makanan Korea Selatan Halal Paling Terkenal 4

4. Kimchi Lobak Berdadu (깍두기)

Setelah kita tahu makanan Korea Selatan yang halal dan paling terkenal itu adalah kimchi, sekarang kita bahas tentang tata cara atau etika ketika makan di Korea Selatan. Hal ini untuk menambah pengetahuan saja.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Korea Selatan

Etika Atau Tata Krama Ketika Makan Di Korea

Ketika makan bersama (회식) di Korea Selatan terdapat etika atau aturan-aturan khusus yang perlu kita ketahui. Sebetulnya aturan-aturan ini hanya berlaku jika kita makan bersama dengan atasan, senior kerja yang baru dikenal, dan orang-orang yang sekiranya jabatan dan usianya diatas kita. Dan mungkin aturan-aturan ketika makan ini terdapat kesamaan etika dengan negara Indonesia. Berikut etika ketika makan di Korea Selatan :

1. Orang muda tidak boleh makan duluan daripada orang yang lebih tua (젊은 사람이 나이 든 분보다 먼저 식사를 시작하면 안 됩니다).

Ketika makan bersama di Korea sebaiknya orang yang umurnya lebih muda tidak boleh makan mendahului orang yang lebih tua. Saya rasa etika ini sama dengan etika makan di negara kita. Tidak sopan menurut etika yang sebenarnya jika kita makan bersama lalu mendahului makan sebelum orang tua memulai makan.

2. Tidak boleh makan dengan menggunakan sendok dan sumpit dalam satu tangan (젓가락과 숟가락은 한손에 함께 들고 식사를 안 됩니다).

Nah hal ini mungkin asing di pendengaran kita. Karena memang ketika kita makan tidak pernah menggunakan sumpit kecuali jika kita makan mi ayam. Di Korea makan menggunakan sumpit adalah hal yang tidak aneh lagi. Namun ketika makan menggunakan sumpit ini ada etikanya yaitu kita tidak boleh menggunakan sumpit dan sendok juga dalam satu tangan. Artinya kita tidak boleh makan dengan sumpit di tangan kanan dan sendok di tangan kiri atau sebailknya. Sebaiknya gunakan satu-satu, jika sumpit yang digunakan maka sendok simpan dulu di atas meja dan begitu sebaliknya.

3. Pada saat makan tidak boleh berisik dan makan dengan bersih (식사는 조용하고 깨끗하게 해야 합니다).

Hal ini juga sepertinya saya rasa sama saja dengan etika ketika makan di daerah kita bahwa ketika makan sebaiknya jangan berisik.

4. Lauk pauk dimakan dengan sumpit (반찬은 젓가락으로 먹어야 합니다).

Di Korea sumpit ini digunakan untuk mengambil lauk pauk yang akan kita makan, contoh mengambil makanan lauk pauk kimchi. Tidak boleh mengambil lauk pauk menggunakan sendok. Sendok digunakan hanya untuk mengambil nasi dan sayuran kuah saja.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang makanan Korea Selatan halal yang paling terkenal lengkap dengan tata cara atau etika ketika makannya. Hal menarik lainnya tentang Korea Selatan akan saya tulis pada artikel selanjutnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. Tq admin yg cool..berkongsi info yg bagus..saya suka tgk cerita korea n tertarik ke sana suatu hari nanti..insyaallah..mmg tertarik dgn cara hidup mereka..myb ini.boleh dijadikan panduan.

    • Terimakasih juga atas kunjungannya ya. Banyak cerita menarik tentang Korea ini mba. Makanan, Pakaian, Tempat-tempat keren, dan lain-lain.

  2. kalau beli makanan kemasan di korea, ada label halalnya ndak sih mas.,, atau kalau mau beli di resto cara bedain yang halal dan haram gimna??

    • Ya engga mas. Label halal kan di Indonesia dikerjakan sama MUI. Sedangkan di Korea tidak ada lembaga Islam yang menangani akan makanan halal ini. Untuk membedakannya kita hanya sharing saja sama senior yang sudah berpengalaman di Korea.

  3. wah keliatan enak ya kimchi ini,,, blom pernah nyobain,,, moga someday bisa coba,,, thx gan artikelnya …jadi tau bnyk…

  4. sangat penasaran dengan rasanya setiap lihat orang korea makan kimchi di drama korea kelihatnnya memang sangat cocok di makan dengan ramen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *