Home / Android / Waspada Malware Di Android Bisa Mencuri Data Login Media Sosial Anda!

Waspada Malware Di Android Bisa Mencuri Data Login Media Sosial Anda!

Malware Android Bisa Mencuri Data Login Media Sosial – Bagi para pengguna smartphone, maka sebaiknya perlu waspada karena kini malware tak hanya akan menyerang komputer atau laptop saja, namun juga smartphone. Tentu saja hal ini akan berdampak sangat berbahaya bagi smartphone dan data-data yang ada di dalamnya. Bahkan bahaya malware dapat pula mencuri data login media sosial akun Anda. Jika hal ini sampai terjadi, maka akan sangat berbahaya untuk akun media sosial Anda.

Mengenal Malware

Virus trojan dulu dikenal sangat berbahaya jika menyerang data-data komputer. Bahkan bahaya malware ini akan membuat data yang tersimpan bisa beresiko hilang data dan sulit untuk dikembalikan. Bahayanya kini virus trojan tersebut menyamar dalam pembaruan Adobe Flash Player sehingga dapat mengagetkan para pengguna smartphone android.

Baca Juga : 10 Antivirus Android Terbaik Paling Ampuh Untuk Usir Virus Dari Android

Kemudian malware tersebut akan menginfeksi smartphone android sehingga bahaya malware akan muncul karena pengguna malware mencuri informasi yang digunakan oleh pemilik smartphone untuk login ke akun media sosialnya, serta dapat login pula pada 40 aplikasi ritel dan perbankan.

Perlu Anda ketahui bahwa software malware adalah versi terbaru yang dulunya bernama Macher Android. Bahkan bahaya malware ini sebelumnya pernah muncul dalam versi curang Super Mario Run untuk perangkat pada android. Tentu saja bahaya malware ini akan sangat merugikan banyak pihak terutama para pengguna smartphone android. Tak hanya bisa kehilangan data dalam smartphone saja, Anda juga akan berkemungkinan kehilangan akun media sosial Anda.

Cara Kerja Malware yang Dapat Menyerang Smartphone

Dalam upayanya menyerang smartphone android, malware biasanya akan melakukan proses untuk menyebarkan virusnya. Bahkan para pengguna tak akan menyadari jika malware ini mulai menyerang. Cara kerja malware ini bisanya dengan memancing pengguna smartphone hingga tak sadar. Pengguna malware akan menggunakan tautan yang mengarah pada gim mobile serta konten dewasa yang tak akan ditemukan pada Google Play Store namun terdapat situs pihak ketiga.

Ketika korban yang menggunakan smartphone tersebut merasa penasaran, maka mereka akan mengunduh aplikasi tersebut padahal aplikasi sudah terinfeksi malware. Biasanya setelah itu akan muncul notifikasi untuk update Flash Player pada perangkat android. Apabila Anda mengikuti perintah tersebut dan melakukan klik pada tampilan tersebut, maka akan muncul kode berbahaya. Kode tersebut dikirim dan akan menginfeksi smartphone Anda. Bahaya malware ternyata dapat menyerang tanpa disadari, bahkan bahaya malware akan sangat mudah menyerang para pemula pengguna smartphone android.

Setelah aplikasi terinstall pada smartphone, berikutnya malware akan menonaktifkan sistem keamanan smartphone, ikon di layar akan terhapus sehingga bahaya malware akan muncul ketika pengguna smartphone membuka aplikasi, maka akan dicuri data loginnya. Selain itu, bahaya malware juga akan menampilkan halaman login palsu pada akun media sosial dan akun populer lainnya. Setelah itu pihak ketigalah yang akhirnya login pada perangkat smartphone Anda.

Perlu Anda ketahui pula bahwa bahaya malware yang telah menginfeksi aplikasi di smartphone tak hanya membuat para pengguna smartphone menjadi resah. Akan tetapi bahaya malware juga berdampak bagi para pengembang yang ikut merasakan imbas dari bahaya malware yang terus menyebar. Saat ini banyak informasi yang memuat dan memperingatkan para pengguna smartphone agar lebih waspada ketika akan mengunduh berbagai data baik aplikasi maupun data lainnya. Hal ini disebabkan karena malware bisa berada dimana saja termasuk ketika Anda masuk pada sebuah website.

Meskipun saat ini sistem operasi android dibuat lebih terbuka serta memudahkan penggunanya untuk beradaptasi, namun ternyata hal tersebut justru membuat sistem operasi tersebut muda terinfeksi malware. Oleh karena itu disarankan bagi para pengguna smartphone android untuk menggunakan smartphone secara hati-hati dan tidak sembarangan ketika mengunduh aplikasi terlebih untuk sumber yang tidak diketahui. Nantinya hal ini akan membuat Anda terhindar dari bahaya malware yang sangat merugikan.

Baca Juga : Penting! Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Download Aplikasi di Google Play Store

Itulah informasi mengenai waspada malware di android bisa mencuri data login media sosial Anda. Melalui penjelasan di atas, kini Anda bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan smartphone dan mengunduh aplikasi agar nantinya terhindar dari bahaya malware. Perlu Anda ketahui pula semakin berkembangnya kecanggihan smartphone, maka semakin besar pula kemungkinan timbulnya berbagai virus berbahaya salah satunya adalah malware.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *