Home / Kesehatan / Fakta Mengejutkan Manfaat Bawang Merah Sangat Manjur Untuk Kesehatan

Fakta Mengejutkan Manfaat Bawang Merah Sangat Manjur Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan – Kata siapa menjaga kesehatan itu biayanya sangat mahal? Jika jenis pengobatan yang kita gunakan adalah obat-obat modern memang benar biayanya sangat mahal. Namun jika kita menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang merah, maka kita bisa lebih menghemat keuangan kita. Memangnya bisa pengobatan segala macam penyakit hanya bermodalkan bawang merah? Jawabannya bisa! Berikut akan saya bahas fakta mengejutkan bahwa kandungan dari bawang merah tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Wajib Diketahui

Bawang merah yang kita kenal adalah tanaman yang sering kita olah untuk bumbu berbagai macam masakan. Memang benar hampir setiap jenis masakan bawang merah ini tidak akan tertinggal didalamnya. Bahkan bukan jenis masakan Asia Tenggara saja yang suka mencampurkan bawang merah dalam masakannya. Beragam jenis masakan di dunia sangat suka mengolah masakannya dengan menambahkan bawang merah.

Bagi orang Jawa bawang merah ini lebih dikenal dengan sebutan brambang. Kemudian bagian dari bawang merah yang sering kita manfaatkan adalah umbinya. Namun banyak juga yang mengolah masakan dengan mencampurkan daun bawang merah serta tangkai bunganya.

Fakta Mengejutkan Manfaat Bawang Merah Sangat Manjur Untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa selain kita manfaatkan bawang merah untuk menyedapkan berbagai macam masakan, ternyata kandungan dari bawang merah mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Mungkin Anda pernah mendengar kalau bawang merah ini mempunyai kemampuan untuk memerangi penyakit kanker. Namun bukan hanya penyakit kanker saja, bawang merah merupakan sumber antioksidan yang sangat manjur untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita.

Wah ternyata kalau bawang merah itu selain sebagai bumbu wajib masakan, manfaatnya bisa kita jadikan untuk mengobati penyakit berbahaya dalam tubuh kita. Padatnya nutrisi dan rendahnya kalori yang terkandung dalam bawang merah ini sangat bagus bagi kesehatan kita.

Namun walaupun bawang merah ini sangat manjur bagi kesehatan, ternyata ada resikonya juga jika memakan bawang merah mentah berlebihan. Walaupun penyakit yang disebabkan mengkonsumsi bawang merah tidak serius, bawang merah dapat menyebabkan gas dan kembung. Kemudian bisa menyebabkan dan memperburuk rasa mulas pada penderita sakit maag kronis.

Berikut Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Terbukti Manjur

Sebelum memutuskan untuk menjadikan bawang merah sebagai media pengobatan Anda, sebaiknya perhatikan dulu tips-tipsnya berikut :

  1. Bawang merah yang akan dikonsumsi usahakan harus bawang merah bersih, keras serta mempunyai kulit kering. Jangan mengkonsumsi bawang merah yang menunjukkan tanda pembusukan. Bawang merah harus disimpan pada suhu yang jauh dari cahaya terang langsung dan ruangan yang berventilasi cukup. Menyimpan bawang merah harus dijauhkan dari kentang. Karena bawang merah akan menyerap kelembaban gas kentang sehingga pada akhirnya manfaat dari kentang akan lebih rentan rusak.
  2. Bawang merah yang mempunyai rasa lebih tajam biasanya akan bertahan lebih lama dibanding dengan bawang merah lebih manis. Rasa lebih tajam ini adalah senyawa alami bawang merah sebagai pengawet.
  3. Jangan pernah menyimpan bawang merah yang ingin digunakan dalam wadah yang berbahan logam. Nantinya kandungan alami dari bawang merah ini akan hilang dan kalau bawang digunakan untuk memasak maka rasanya akan hilang.

Kemudian manfaat bawang merah untuk kesehatan itu untuk jenis penyakit apa saja? Umumnya manfaat bawang merah untuk kesehatan itu harus memakannya yang masih mentah. Walaupun rasanya pasti tidak enak, tapi bawang merah mentah itu mempunyai manfaat berikut :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Menurut ahli kesehatan sudah terbukti kalau kandungan dari bawang merah mentah ini dapat mencegah penyakit kanker. Bawang merah sangat kaya dengan senyawa aktif yang sangat manjur untuk menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh kita.

2. Menyembuhkan Sembelit

Dengan mengkonsumsi bawang merah setiap hari maka akan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. Maka dari itu jika Anda penderita sembelit jangan sungkan-sungkan untuk memakan bawang merah mentah.

3. Bawang Merah Sangat Baik Untuk Jantung

Bawang merah dikenal dengan kandungan sulfida methylallyl serta asam amino sulfur didalamnya. Kandungan-kandungan ini akan mampu memberikan efek penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Kemudian dengan rajinnya makan bawang merah mentah maka akan meningkatkan kadar kolesterol baik. Manfaat bawang merah bagi kesehatan juga akan mengontrol tekanan darah tinggi dan mampu mengingkatkan kesehatan jantung kita.

4. Untuk Mengobati Gangguan Urin

Mengkonsumsi bawang merah mentah khasiatnya dapat mengobati bagi penderita rasa terbakar pada saat Anda membuang air kecil. Dengan bawang merah maka gangguan urin Anda akan terbantu dan akan terasa efeknya. Konsumsi bawang merah dengan cara meminum air rebusan bawang merah.

5. Membunuh Kuman Di Mulut

Ternyata khasiat dari bawang merah mentah ini bisa mengilangkan bau tak sedap di mulut Anda. Manfaat bawang merah bisa kita gunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi serta infeksi pada mulut kita. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu kunyah bawang merah mentah dan jangan lupa pilihlah bawang merah baik dan bersih.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari bawang merah ini untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun untuk sementara artikel Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dicukupkan sekian saja. Jika ada waktu luang maka nanti akan saya lanjutkan kembali. Semoga artikel bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. ternyata banyak sekali manfaat bawang merah yang belum saya ketahui. sering mengkonsumsi tetapi belum tahu manfaat yang begitu banyak dari bawang merah ini. terima kasih.. sangat bermanfaat sekali infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *