Home / Kesehatan / Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Yang Sedikit Orang Menyadarinya

Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Yang Sedikit Orang Menyadarinya

Info-Menarik.NET – Buah Markisa (passiflora edulis) merupakan buah tropis yang memiliki beragam rasa, bentuk, dan warna tergantung jenisnya. Secara umum buah markisa berbentuk oval dengan kulit kuning atau ungu. Buah markisa kuning umumnya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan markisa ungu, tetapi markisa ungu lebih manis atau memiliki rasa asam lebih ringan.

Baca Juga : 5 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan & Kecantikan Berikut Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Setelah matang, buah markisa memiliki rasa manis sedikit asam yang sangat menyegarkan. Buah ini sangat cocok dibuat menjadi jus dan diminum saat cuaca sedang terik. Selain dibuat jus buah markisa juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan menggunakan sendok karena isi buah markisa memiliki tekstur seperti bubur. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah markisa, mari simak ulasan berikut :

  1. Efek rileksasi : Sano Sugiyama Ito serta Ishihata pada tahun 2011 telah mencoba meneliti hasil vasorelaxation dari polifenol utama yang terdapat dalam biji buah markisa. Hasilnya polifenol dalam buah markisa berguna memperluas pembuluh darah sebagai hasil dari relaksasi sel otot polos di dalam dinding pembuluh darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stres sehingga penting dalam mencegah penyakit jantung.
  2. Mengatasi susah tidur : Tidur merupakan waktu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengistirahatkan berbagai macam organ penting.Hal ini membuat kualitas tidur menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Insomnia biasanya berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. Sebuah survei yang dirilis dalam ‘Sleep’ edisi Juni 2009 melaporkan bahwa ketika seseorang menderita insomnia, mereka biasanya juga berada dalam risiko lebih besarmengalami tekanan darah sistolik yang lebih tinggi sepanjang malam. Buah markisa dapat mencegah insomnia dikarenakan memiliki efek rileksasisehingga sering dimanfaatkan sebagai obat penenang sebelum tidur.
  3. Tinggi vitamin C : Buah markisa mengandung tinggi vitamin C, yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Mencukupi kebutuhan antioksidan dalam sayur dan buah seperti markisa dapat mencegah penuaan dini dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melemahnya sistem kekebalan menjadikan tubuh lebih mudah terserang penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus dan bakteri.
  4. Mencegah kanker : Karena aktivitas Vitamin C dan polifenol sebagai antioksidan penting, membuat buah markisa menjadi makanan yang ideal untuk mencegah penyakit kanker. Meskipun demikian penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk melihat sejauh mana manfaat buah markisa dalam mencegah penyakit kanker.
  5. Mencegah anemia : Anemia adalah suatu gangguan kesehatan dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah dari segi kualitas ataupun kuantitas. Anemia sering terjadi akibat kurangnya asupan zat besi dan vitamin B9. Kabar baiknya buah markisa menyediakan beberapa zat besi yang akan membantu anda terhindar dari anemia, meskipun kandungan zat besi dalam buah markisa tidak sebanyak dari produk hewani.
  6. Meringankan darah tinggi : Buah markisa cukup efektif untuk mengontrol tekanan darah tinggi karena tinggi kalium dan mengandung sedikit natrium. Kalium sangat diperlukan oleh tubuh untukmeningkatkan kontrol otot, seperti otot-otot jantung sehingga membuat jantung berdetak lebih baik. Selain itu, kalium dalam buah markisa juga bermanfaat mencegah penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
  7. Kaya serat : Buah markisa kaya akan serat, dimana serat sangat penting untuk menjaga pergerakan usus sehingga akan mencegah semebelit. Serat juga bertugas membuang racun dari dalam sistem pencernaan yang jika hal ini tidak dilakukan bisa meningkatkan risiko kanker usus besar.
  8. Menjaga kesehatan mata : Buah markisa mengandung antioksidan seperti vitamin A, C dan flavonoid. Nutrisi tersebut dapat membantu melindungi mata dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak. Selain itu antioksidan dalam buah markisajuga mampu melindungi selaput lendir sehingga akan memberikan perlindungan tambahan pada kornea mata.
  9. Menjaga kesehatan kulit : Manfaat buah markisa untuk kecantikan sejatinya didominasi oleh kandungan antioksidannya yang melimpah. Antioksidan berguna menangkal efek merugikan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Selain itu, buah markisa juga tinggi vitamin C yang juga bermanfaat mencerahkan kulit secara alami.
Artikel ini karya penulis tamu Imam Fahrudin seorang blogger pemilik blog Situs Kesehatan Keluarga yang membahas seputar Tips Kesehatan, Perawatan Non-Medis, Tips Kecantikan, dan sebagainya. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. ternyata buah markisa memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ya .. saya sendiri belum pernah memakan buah markisa ini mas, namun setelah mengetahui akan kekayaan gizi yang terkandung di dalam nya saya jadi pengen membeli nya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *