Home / Kesehatan / 5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Terbukti Ampuh

5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Terbukti Ampuh

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Mendengar kata daun bawang saya yakin kalau Anda sudah tidak asing lagi mendengarnya. Daun bawang bisa dikatakan bumbu masak wajib yang memang hampir setiap jenis masakan daun bawang ini selalu menyertainya. Coba Anda lihat pada masakan seperti martabak telor, telur dadar, sop, dan sebagainya pasti selalu ada bumbu masak ini. Dan memang jika masakan ditambahkan dengan daun bawang maka rasanya akan menjadi lebih enak. Selain itu untuk mendapatkan daun bawang di Indonesia sangatlah mudah. Selain harganya murah dan juga jika kita berniat ingin menanamnya maka bumbu masak ini tergolong tumbuhan paling mudah dalam mengelolanya.

Baca Juga : 5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Badan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

Daun bawang (Allium Fistulosum) bukan hanya sebagai bumbu masak saja manfaatnya. Namun ternyata daun bawang berkhasiat bagi kesehatan badan bahkan untuk merawat kecantikan. Mungkin selama ini kita tidak sadar kalau daun bawang bisa berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Ya memang benar kalau bumbu masak sejenis daun bawang bisa kita manfaatkan khasiatnya untuk menjaga kesehatan bahkan sebagai pengobatan secara alami.

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Seperti halnya manfaat bawang putih dan manfaat bawang merah kalau daun bawang bisa dijadikan obat alternatif yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga menjaga kulit Anda senantiasa cantik alami.

Daun bawang memiliki aroma yang khas jika kita campurkan sebagai bumbu masakan. Dai aroma yang khas inilah kalau daun bawang mampu menambah kelezatan suatu masakan. Kemudian daun bawang juga bisa untuk mengobati penyakit diabetes, anemia, sistem kekebalan tubuh, menghilangkan bekas jerawat, dan masih banyak lagi.

Tahukah Anda kalau jenis daun bawang ini ternyata memiliki dua jenis. Bentuk daun bawang ini tidak seperti bentuk daun tumbuhan pada umumnya. Kedua jenis daun bawang masih mempunyai khasiat yang sama. 2 jenis daun bawang tersebut adalah daun bawang bakung dan daun bawang leek atau prei. Karena jenis ada dua maka bentuk fisiknyapun tertunya berbeda.

Untuk daun bawang jenis bakung cirinya mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, dan panjang. Kemudian daun bawang bakung ini akan memiliki lubang seperti pipa. Lalu untuk jenis daun bawang leek atau prei fisiknya adalah tidak mempunyai umbi. Selain itu daun bawang leek mempunyai daun panjang, pipih, dan memiliki pelepah panjang serta liat.

Berikut Adalah Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Badan Serta Kecantikan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau daun bawang selain bisa kita buat sebagai bumbu masakan ternyata menyimpan kandungan gizi yang dapat menyehatkan tubuh kita. Dan juga khasiat daun bawang mampu menjaga kecantikan kita. Penasaran dengan khasiat daun bawang? Berikut penjelasannya :

1. Daun Bawang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata selain manfaat wortel dan manfaat tomat yang bisa membuat mata kita sehat adalah daun bawang juga bisa menjadi solusinya. Mata adalah bagian panca indera yang sangat penting dan senantiasa harus kita jaga kesehatannya. Bayangkan jika mata kita terganggu kesehatannya dan mungkin kita akan kesulitan jika beraktifitas tanpa memiliki mata yang sehat. Daun bawang mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Kabarnya menurut tim medis kalau satu batang daun bawang itu mengandung Vitamin A sebanyak 24 µg. Dengan jumlah kandungan tersebut itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin A tubuh kita.

2. Daun Bawang Mampu Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tentunya kita sudah tahu jika tubuh kita sistem kekebalannya menurun maka umumnya tubuh akan cepat terserang penyakit. Nah agar sistem kekebalan tubuh kita meningkat maka mulai sekarang kita bisa mengkonsumsi daun bawang secara teratur. Daun bawang sangat kaya akan kandungan gizi antioksidannya yang pada akhirnya imunitas tubuh kita akan senantiasa terjaga. Jangan heran kalau khasiat daun bawang mampu mengobati penyakit demam, pilek, dan flu. Karena itu dia hal ini efek dari kandungan antioksidan quercetin dan kemferfol daun bawang.

3. Daun Bawang Dapat Menyehatkan Pencernaan

Tentunya kita akan tersiksa jika sistem pencernaan kita bermasalah. Aktifitas rutin sehari-haripun akan terganggu dari masalah kurang sehatnya sistem pencernaan ini, seperti susah BAB, perut sembelit, dan sebagainya. Masalah-masalah ini akan teratasi dengan mengkonsumsi daun bawang. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam daun bawang akan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

4. Daun Bawang Bisa Menghilangkan Jerawat

Khasiat daun bawang selanjutnya adalah untuk merawat kecantikan Anda. Saya yakin kalau wajah Anda berjerawat maka akan menganggu rasa percaya diri. Anda akan minder bergaul dengan orang lain. Tahukah Anda kalau kandungan daun bawang ini terdapat zat allicin? Kandungan ini sifatnya adalah anti bakteri atau dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Maka dari itu daun bawang mempunyai fungsi untuk menghilangkan jerawat di wajah. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal mengambil daun bawang kemudian Anda potong-potong dan tumbuk sampai halus. Kemudian Anda oleskan pada wajah yang ada jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan cuci dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari agar mencapai hasil yang maksimal atau Anda bisa melakukannya sebelum tidur.

5. Daun Bawang Bisa Menyehatkan Rambut Anda

Mungkin Anda heran dengan manfaat daun bawang untuk kesehatan rambut. Ya memang benar, bukan hanya manfaat lidah buaya saja yang bisa menyehatkan rambut. Anda bisa menggunakan daun bawang sebagai masker rambut. Silakan Anda ambil daun bawang dan potong kecil-kecil seperti cara keempat diatas. Setelah itu Anda rebus 30 menit potongan daun bawang tersebut kedalam 1 gelas air. Kemudian Anda angkat daun bawangnya lalu celupkan daun bawang kedalam air es selama 2 menit. Anda blender daun bawang tersebut serta tambahkan kedalamnya setengah gelas minyak zaitun. Ok setelah selesai, silakan Anda oleskan pada rambut dan jangan dulu langsung dibilas diamkan dulu selama 30 menit. Lebih bagus lagi setelah mengoleskan ramuan daun bawang kepala Anda dibungkus dengan handuk basah. Cuci sampai bersih kepala Anda dan rasakan khasiatnya.

Dengan menggunakan produk-produk alami untuk menyehatkan tubuh serta kecantikan maka Anda bisa mencapainya dengan biaya murah. Tentunya walaupun biayanya murah tapi hasilnya memang ampuh dan terbukti.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Semoga tulisan ini bisa menjadikan inspirasi Anda dalam menjaga kesehatan serta kecantikan tubuh. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Wow nice info min, saya baru tahu kalo daun bawang itu banyak manfaat nya. Berburu daun bawang aja kalo ke pasar hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *