Home / Kesehatan / Manfaat Daun Sembukan Bagi Kesehatan, Si Daun Serbaguna Yang Tersembunyi

Manfaat Daun Sembukan Bagi Kesehatan, Si Daun Serbaguna Yang Tersembunyi

Manfaat Daun Sembukan Bagi Kesehatan – Bagi sebagian orang masih belum mengenal apa itu daun sembukan. Karena daun ini memang selalu merambat tersembunyi di balik tanaman-tanaman merambat yang lainnya. Namun bagi orang Jawa, terutama di daerah pedesaan, sembukan ini sangatlah terkenal sebagai daun kentut. Ini dikarenakan salah satu manfaat daun sembukan  adalah untuk membuat kentut.

Manfaat Daun Sembukan Melancarkan Kentut

Alasan lain dari daun sembukan disebut juga dengan daun kentut adalah karena bau dari daun sembukan ini yang sangat menyengat seperti kentut. Ketika kita baru memetiknya, maka kita akan langsung bisa membaunya. Bahkan orang yang memetiknya pun memastikan bahwa daun yang dipetiknya adalah benar daun sembukan dengan membaui daunnya.

Baca Juga : Ini Dia Kandungan Sehat Serta Manfaat Daun Mahkota Dewa Yang Jarang Orang Tau

Kentut menjadi salah satu aktivitas dimana akan menandakan bahwa kamu akan melakukan BAB atau buang air besar. Baunya sudah pasti akan sangat tidak enak. Menutup hidung adalah langkah pertama dan utama ketika orang di sekitarmu ada yang kentut. Karena maunya yang menyengat dan sangat mengganggu, maka banyak orang yang kentut sembunyi-sembunyi. Bahkan jika kebobolan, mereka tidak akan mau mengaku.

Dengan kentut, perut akan terasa lega. Kentut pun sangat penting bagi dunia medis. Dimana untuk orang-orang pasca operasi harus kentut terlebih dahulu, baru boleh minum atau pun makan. Maka dari itu, kegiatan kentut ini sangat penting. Jika kamu tidak bisa kentut, rasanya perut akan sangat sakit. Jika ditahan keterusan, maka akan dibawa ke rumah sakit. Maka dari itu, syukurilah hidupmu yang sudah ditata Tuhan dengan sangat rapi.

Salah satu solusi bagi orang-orang yang sulit kentut adalah dengan makan daun sembukan, menurut orang Jawa. Mereka biasa menemukan daun sembukan di pagar hidup sekitar rumah atau di pekarangan rumah. Karena tumbuhan ini sangat mudah dicari dan akan hidup dimana pun.

Manfaat Daun Sembukan Untuk Dikonsumsi

Cara mengonsumsi daun sembukan ini adalah dengan dibuat pepes. Biasanya akan dimasak dengan bumbu bawang putih, tempe busuk, ketumbar, garam dan kencur. Semuanya dilumatkan hingga halus. Kemudian masukkan daun sembukan. Tapi sebelumnya iris daun sembukan tipis-tipis.

Masukkan irisan daun sembukan tersebut lalu lumatkan juga. Setelah itu beri parutan kelapa muda dan penyedap masakan secukupnya. Kasih air sedikit dan bungkus dengan baun pisang. Panggang di atas nyala api sedang dan tunggu sampai matang.

Pepes sembukan ini adalah lauk yang sangat lezat. Masakan ini menjadi salah satu manfaat daun sembukan  yang wajib kamu coba (bagi kamu-kamu yang belum pernah mencobanya). Dijamin setelah memakannya sampai kenyang, kamu akan lancar jaya untuk kentut.

Dapat dikatakan bahwa manfaat daun sembukan  adalah juga untuk memperlancar pencernaan. Maka dari itu segera nikmati kelezatannya.

Manfaat Daun Sembukan Secara Detail

Berikut adalah manfaat-manfaat daun sembukan secara detail, selain sebagai lauk yang lezat.

1. Sebagai Obat Masuk Angin

Ketika kamu sedang masuk angin, maka perutmu akan terasa mulas. Dengan menggunakan daun sembukan, mulas pada perutmu akan terobati. Caranya ada 2, yakni sebagai obat luar dan obat dalam. Untuk obat luar, gunakan beberapa lembar daun sembukan dan panggang di atas api sampai layu. Kemudian tempelkan pada perut. Sedangkan untuk obat dalam, kita bisa menggunakan daun sembukan dengan cara disayur atau juga bisa dikukus sebagai lalap.

2. Obat Untuk Mata Bengkak

Manfaat daun sembukan adalah untuk mengobati mata bengkak. Biasanya mata bengkak disebabkan oleh iritasi, sehingga rasanya akan sangat panas. Cara menggunakan sembukan untuk obat adalah dengan cara merebus daun sembukan. Kemudian kamu bisa mendekatkan mata di atas uapnya setelah mendidih.

3. Mengobati Herpes

Cara menggunakan sembukan untuk mengobati penyakit herpes adalah dengan menumbuk daun sembukan sampai menjadi bubur. Beri sedikit air dan garam, lalu tempelkan pada luka.

4. Obat Sariawan

Salah satu manfaat daun sembukan  yang paling ampuh adalah untuk mengobati sariawan. Cara mengobatinya menggunakan daun sembukan adalah dengan merebus daun sembukan dengan daun iler, daun saga, daun picisan, daun sembung, pegegan, the adas, pulosari, ketumbar, rimpang lempuyang, kunyit, kayu manis, dan gula enau. Semua bahan direbus sampai mendidih. Setelah dingin, lalu disaring dan diminum 3 kali sehari.

Banyak lagi manfaat daun sembukan yang lainnya. yakni untuk obat sakit lambung, obat kulit gatal, obat sakit kembung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *