Home / Kesehatan / Manfaat Daun Singkong Muda Yang Ampuh Menjaga Kesehatan Dari Penyakit

Manfaat Daun Singkong Muda Yang Ampuh Menjaga Kesehatan Dari Penyakit

Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Badan – Siapa yang menyangka kalau tumbuhan yang satu ini ternyata daunnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Daun singkong muda memang banyak digemari untuk dikonsumsi di berbagai daerah di Indonesia. Ya memang benar, karena rasa daun singkong memang enak baik kita makan mentah apalagi daun singkong yang sudah dimasak terlebih dahulu. Bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan mungkin sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Karena tumbuhan singkong di pedesaan banyak kita jumpai yang biasanya kita tanam di pematang sawah.

Baca Juga : Jangan Sampai Tidak Makan Brokoli Gan, Karena Banyak Sekali Manfaatnya

Selama ini kita mengkonsumsi daun singkong mungkin tidak tahu dengan manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan badan. Mungkin selama ini kita mengkonsumsi daun singkong hanya terpaku pada rasanya saja yang enak. Padahal asal Anda tahu saja, kandungan gizi dari daun singkong muda banyak sekali khasiatnya untuk menyehatkan tubuh.

Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Badan

Kita akrab dengan daun singkong sebagai salah satu lalap yang sering kita santap dengan sambal. Apalagi jika daun singkong tersebut kita olah lagi, misal dimasak dengan campuran santan cair, maka tidak kebayang lagi rasanya yang lezat.

Seharusnya kita paham dengan manfaat daun singkong bagi kesehatan. Jadi bukan hanya tahu rasa daun singkong yang enak saja. Maka dari itu saya disini akan berbagi beberapa manfaat daun singkong jika kita konsumsi baik daun singkong mentah ataupun yang sudah dimasak.

Berikut Manfaat Daun Singkong Muda Yang Mujarab Bagi Kesehatan Badan

Perlu kita ketahui bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam daun singkong sangatlah bervariasi. Daun singkong merupakan kelompok sayuran seperti halnya sayuran hijau lainnya yang kaya akan khasiat bagi kesehatan. Daun singkong mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu daun singkong memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B1, Karbohidrat, Asam Amino Essensial, serta Protein.

Karena sangat kaya kandungan yang terdapat dalam daun singkong, maka saat ini daun singkong sering orang gunakan sebagai solusi pengobatan. Maka jelaslah sudah sangat beruntung bagi kita yang suka memakan daun singkong. Selain rasanya enak dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan badan kita.

Dengan mengkonsumsi daun singkong setiap hari, maka itu artinya metabolisme tubuh kita akan terbantu. Karena itu daun singkong memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Daun singkong juga bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

1. Daun Singkong Merupakan Sumber Energi

Protein yang terdapat dalam daun singkong akan memberikan energi yang sangat bermanfaat. Protein atau asam amino yang ditemukan dalam daun singkong akan membantu perubahan karbohidrat menjadi tenaga yang selanjutnya energi tersebut kita gunakan untuk beraktifitas sehari-hari.

2. Daun Singkong Sangat Baik Bagi Pencernaan

Tentunya kita tahu kalau makanan yang kaya akan serat adalah sayuran hijau. Tidak ketinggal juga dengan kandungan serat yang dimiliki oleh daun singkong. Hal ini sama juga akan memberikan dampak baik bagi pencernaan tubuh kita. Daun singkong bisa menyehatkan usus besar kita. Dengan mengkonsumsi daun singkong secara rutin maka lambat laun sistem pencernaan kita akan baik.

3. Daun Singkong Solusi Penambah Darah

Penderita anemia atau kurang darah maka solusinya bisa dengan cara mengkonsumsi daun singkong rutin setiap hari. Karena dengan makan daun singkong cukup ampuh bisa menambah tekanan darah yang kurang. Dengan begitu jika Anda penderita tekanan darah tinggi, maka jangan sampai mengkonsumsi daun singkong ini.

4. Daun Singkong Dapat Menyembuhkan Diare

Selain manfaat-manfaat diatas, kemudian daun singkong juga bisa kita jadikan sebagai alat pengobatan tradisional. Salah satu diantaranya daun singkong cukup ampuh untuk menyembuhkan penyakit diare. Cara menggunakannya cukup mudah, silakan Anda ambil daun singkong sebanyak enam lembar dan cuci sampai bersih. Kemudian Anda rebus daun singkong tersebut dengan kadar air 800cc. Langkah terakir Anda minum air rebusan daun singkong tersebut sebanyak dua kali sehari.

5. Daun Singkong Alternatif Penyakit Rematik

Umumnya penderita rematik adalah orang yang sudah lanjut usia disebabkan terlalu sibuk bekerja hingga lupa waktu dan menjaga kesehatan. Jika Anda adalah salah satunya dari penderita rematik, silakan mulai saat ini gunakan daun singkong untuk mengobati rematik Anda. Caranya siapkan 6 lembar daun singkong dan campurkan dengan kapur sirih lalu beri air sedikit. Anda remas daun singkong yang telah dicampurkan kapur sirih dan air hingga hancur. Setelah itu Anda balurkan ke area-area persendian yang terasa pegal atau linu. Untuk hasil yang maksimal, praktikkan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Ok mungkin untuk artikel Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dicukupkan sekian saja. Mulai saat ini Anda jadi tahu bahwa daun singkong itu bukan saja rasanya saja yang enak, tapi ternyata sangat baik juga untuk merawat kesehatan serta pengobatan tubuh kita.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *