Home / Kesehatan / Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Yang Mungkin Selama Ini Tidak Kita Sadari

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Yang Mungkin Selama Ini Tidak Kita Sadari

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan – Siapa sih masyarakat Indonesia yang tidak mengenal jengkol? Ya, pasti umumnya kita hapal benar dengan bentuk dan rasanya jenis sayuran ini. Namun saya yakin tidak semua orang tahu manfaat jengkol yang sangat baik bagi kesehatan. Walaupun jengkol mungkin salah satu jenis makanan favorit masyarakat Indonesia pada umumnya. Tapi sangat sedikit orang yang tahu manfaat jengkol untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas manfaat jengkol yang sangat baik bagi kesehatan kita.

Baca Juga : 10 Manfaat Lidah Buaya Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Alasan kita sangat suka makan jengkol karena tekstur jengkol sangat empuk jika dimasak dengan benar. Kemudian rasanya juga sangat enak dengan bau yang sangat khas. Masyarakat Indonesia biasanya menjadikan jengkol sebagai hidangan lauk pauk atau bahkan menu utama. Seiring dengan kemajuan jaman maka saat ini jengkol kemasan yang sudah masak tinggal santap banyak tersedia di supermarket.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Namun walaupun jengkol sangat baik bagi kesehatan kita, jengkol juga mempunyai kontraindikasi. Jengkol dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita gangguan organ ginjal, karena akan memperburuk kondisi ginjal Anda. Kemudian mengkonsumsi jengkol ada batasan-batasannya. Sangat disarankan kita mengkonsumsi jengkol 3 sampai dengan 10 gram perhari. Itupun jika Anda ingin mengkonsumsi jengkol setiap hari.

Berikut Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Baiklah mari kita satu persatu apa saja manfaat jengkol bagi kesehatan? Namun disini saya hanya akan membahas 10 manfaat saja.

1. Sebagai Pembentukan Jaringan Dalam Tubuh

Jengkol mengandung protein yang sangat tinggi sehingga kandungan ini sangat baik bagi pembentukan jaringan dalam tubuh kita. Jengkol mampu membantu pembentukan jaringan tubuh dan lebih baik dibanding dengan protein pada kacang kedelai dan kacang hijau.

2. Dapat Mencegah Anemia

Anda mempunyai masalah dengan seringnya tubuh lemas dan mudah lelah karena kekurangan zat besi? Solusinya Anda mulai saat ini bisa mengkonsumsi jengkol setiap hari dengan porsi yang benar. Kandungan jengkol juga sangat kaya akan zat besi dimana zat besi ini berperan penting untuk mengatasi tubuh dari kurangnya produksi sel darah merah.

Terutama seringnya kekurangan zat besi ini bagi Anda kaum hawa yang sedang menstruasi. Silakan Anda konsumsi jengkol dengan takaran yang cukup dan jangan sampai berlebihan.

3. Mampu Memperkuat Tulang dan Gigi

Jengkol juga sangat kaya dengan kandungan kalsium dan fosfor. Dimana kedua zat ini sangat berperan bagi pembentukan tulang dan gigi. Kemudian zat kalsium dan fosfor sangat berguna juga bagi penderita tulang keropos (osteoporosis). Dengan begitu jika kita mengkonsumsi jengkol dengan benar maka efeknya akan memperkuat tulang kita serta gigi.

4. Jengkol Bisa Membasmi Radikal Bebas

Selain kandungan-kandungan diatas, jengkol juga juga sangat kaya akan Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, serta Vitamin C. Mungkin Anda sudah tahu kalau Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata seperti kandungan dalam sayuran wortel dan brokoli. Kemudian Vitamin A dan Vitamin C yang terdapat dalam jengkol juga berguna sebagai zat antioksidan.

5. Dapat Mengatasi Penyakit Jantung

Jengkol dikenal sebagai jenis makanan bersifat diuretic dimana kandungan ini berfungsi untuk memperlancar pembuangan urine. Jika ketika membuang urine lancar maka sangat baik bagi penderita penyakit jantung koroner.

Baca Juga : Tahukah Kamu Bahwa 5 Tanaman Herbal Ini Bisa Membuat Panjang Umur

6. Dapat Merampingkan Perut Buncit

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam jengkol ini maka akan melancarkan proses buang air besar (BAB) Anda. Dengan begitu jika setiap hari proses BAB Anda lancar maka secara tidak langsung akan memberikan efek perut langsing.

7. Mampu Mencegah Penyakit Diabetes

Hebatnya jengkol dibanding dengan makanan lainnya adalah jengkol memiliki kandungan yang tidak dimiliki oleh makanan lain. Jengkol mengandung salah satu zat unik yaitu zat asam jengkolat, dimana zat-zat ini berbentuk kristal yang tidak dapat larut air. Maka dari itu bagi penderita ginjal sangat dilarang untuk mengkonsumsi jengkol. Alasannya adalah sifat diuretic yang terdapat dalam jengkol dikhawatirkan kalau ginjal tidak akan mampu menyaring zat asam jengkolat ini.

8. Solusi Sembelit Pada Ibu Hamil

Kebiasaan perut sembeli yang dirasakan oleh ibu hamil itu memang sudah biasa. Silakan Anda coba untuk mengkonsumsi buah jengkol dengan teratur. Karena kandungan serat yang terdapat dalam jengkol akan mampu mengatasi masalah sembelit ini.

9. Akan Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin Dalam Kandungan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jengkol sangat kaya akan kalsium dan fosfor. Sehingga kedua kandungan kandungan akan membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih dalam kandungan ibunya. Konsumsi jengkol dengan teratur dan dalam jumlah takaran yang dianjurkan.

10. Jengkol Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes dangat baik untuk mengkonsumsi buah jengkol. Namun saya sarankan juga Anda mengkonsmusi jengkol dalam jumlah takaran yang benar. Dengan memakan jengkol setiap hari dengan benar maka akan mampu mengontrol kadar gula darah Anda.

Zat gula yang terdapat dalam buah jengkol akan mudah terurai yang kemudian akan berubah menjadi energi. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan karbohidrat yang terdapat dalam kandungan makanan lainnya. Dengan begitu jika kita makan jengkol maka stamina tubuh akan meningkat dan segar.

Semoga artikel Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan ini dapat bermanfaat bagi pembaca setia blog Info-Menarik. Tetap jaga kesehatan dengan rajinnya berolahraga serta asupan nutrisi yang cukup. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *