Home / Kesehatan / Penasaran Dengan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan? Inilah Pembahasannya

Penasaran Dengan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan? Inilah Pembahasannya

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan – Tentunya kita tidak akan kesulitan untuk menemukan sayuran jenis kangkung. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar tradisional dan harga kangkung tidaklah mahal. Kehebatan kangkung yang kita kenal dalam memerangi penyakit dalam tubuh adalah tentang pengobatan penyakit diabetes. Namun tahukah Anda kalau manfaat kangkung bukan hanya untuk membasmi diabetes saja. Masih banyak yang tersimpan dalam kandungan kangkung yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga : Anda Penasaran Dengan Manfaat Bayam? Inilah Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Sayuran kangkung pertama kali ada di wilayah India, kemudian menyebar keseluruh wilayah Asia, Afrika, hingga ke Australia. Kangkung dapat tumbuh dengan bagus pada lokasi yang basah seperti permukaan berlumpur atau rawa. Kangkung tergolong tumbuhan yang cepat tumbuh karena selama 6 minggu kangkung sudah bisa kita panen.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Sebetulnya jenis kangkung itu beragam dan di Indonesia yang tersebar luas adalah jenis kangkung air dan kangkung darat. Perbedaan kangkung darat dan kangkung air adalah jika kangkung darat memiliki ciri daunnya lebih kecil daripada kangkung air. Kemudian warna bunganya berbeda, kangkung darat warna putih sedangkan kangkung air berwarna keunguan.

Tanaman kangkung sangat kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh kita. Hal ini manfaatnya tidak kalah dengan manfaat daun singkong bagi kesehatan. Kangkung mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Fosfor, Kalsium, dan juga kandungan Zat Besi. Dengan begitu merupakan solusi yang tepat jika sayuran kangkung Anda konsumsi untuk menemani setiap santapan makanan sehari-hari.

Berikut Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan dan Sudah Terbukti Ampuh

Selain untuk mencegah penyakit diabetes seperti yang sudah disinggung diatas, kangkung juga bermanfaat bagi kesehatan lainnya. Selengkapnya berikut 5 manfaat kangkung bagi kesehatan :

1. Kangkung Sangat Baik Untuk Mencegah Anemia

Biasanya jika kita terkena penyakit anemia maka yang akan dirasakan oleh tubuh adalah akan terasa lemah dan lesu tidak bertenaga. Kemudian biasanya kepala akan pusing juga dan hilangnya semangat untuk beraktivitas. Nah itu tandanya Anda kekurangan darah atau dengan kata lain Anda terkena penyakit anemia. Sebagai solusinya Anda bisa mengkonsumsi sayuran kangkung. Kandungan zat besi yang didapat dari sayuran kangkung akan merangsang sel darah merah dalam tubuh kita. Kandungan zat besi pada kangkung masih sama dengan manfaat kacang panjang.

2. Akan Memberikan Kualitas Baik Bagi Otak

Kangkung juga mengandung Vitamin B Kompleks serta Omega 3. Dimana kedua kandungan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan otak kita. Kangkung sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dan juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memberikan asupan nutrisi gizi pada sang janin

3. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah disinggung diatas kalau kangkung mengandung Vitamin A, Vitamin C, dan juga Beta Karoten. Radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya kolesterol berlebih dapat teratasi dengan nutrisi yang terdapat dalam kangkung. Serangan jantung umumnya disebabkan karena kolesterol yang sudah teroksidasi yang terletak pada dinding pembuluh darah. Kangkung mengandung folat yang bisa membantu untuk mengkonversi bahan kimia dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan sayuran hijau seperti kangkung khasiat pada umumnya masih sama dengan makanan sayuran lainnya. Yaitu mengandung nutrisi yang akan memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Kangkung Dapat Mengurangi Kolesterol

Manfaat selanjutnya yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi kangkung adalah akan mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi tidak alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi sayuran kangkung.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kangkung bagi kesehatan selain yang sudah dijelaskan diatas. Namun tulisan untuk manfaat kangkung ini dicukupkan sekian saja dan semoga bermanfaat. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Ternyata banyak manfaat kangkung yang belum saya ketahui, saya fikir sayuran yang terbilang murah ini sangat minim manfaatnya.. trimakasih infonyaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *