Home / Kesehatan / Jangan Menyepelekan Manfaat Kol Karena Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jangan Menyepelekan Manfaat Kol Karena Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat Kol Bagi Kesehatan – Sering kita menemukan sayuran kol dalam setiap masakan Indonesia. Sayuran kol atau sering disebut juga dengan kubis memang sangat kaya akan serat sehingga kol banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Untuk menemukan kol di Indonesia memang tidaklah sulit. Karena kol banyak dijual di pasaran tradisional. Sayuran kaya serat ini harganya memang relatif terjangkau. Sehingga tidak heran kalau kol menjadi salah satu sayuran yang sering dipilih untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Anda Penasaran Dengan Manfaat Bayam? Inilah Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Sayuran kol berasal dari wilayah Eropa dan kini sudah tersebar luas di seluruh pelosok bumi. Sayuran jenis capitata ini merupakan jenis sayuran yang memanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi.

Manfaat Kol Bagi Kesehatan

Alasan kol sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah sayuran kol sangat kaya akan kandungan gizinya. Sayuran kol terkenal dengan kandungan Vitamin A, Vitamin B, Kalium, Zat Besi, Asam Folat, dan sebagainya. Banyak yang memanfaatkan kol sebagai teman makanan baik dikonsumsi secara mentah atau dibuat sayur sop. Bahkan jenis makanan tanpa kol akan menjadi tidak enak seperti kredok.

Berikut Pembahasan Lengkapnya Tentang Manfaat Kol Bagi Kesehatan

Karena sayuran kol cukup kaya dengan kandungan gizinya, maka tak heran jika kol manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan badan kita.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayuran kol dikenal dengan kandungan kalium yang cukup tinggi seperti manfaat buncis. Senyawa ini sangat ampuh untuk mengurangi gejala hipertensi dalam tubuh kita. Dengan begitu mengkonsumsi sayuran kol sangat direkomendasikan bagi penderita tekanan darah tinggi.

2. Mampu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara alami maka dengan mengkonsumsi kol adalah solusi terbaiknya. Berapa banyakpun Anda mengkonsumsi sayuran kol maka tidak akan menyebabkan berat badan Anda bertambah. Kol sangat kaya akan kandungan serat, mineral, dan zat-zat penting lainnya.

3. Akan Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Diatas sudah disinggung kalau sayuran kol mengandung zat besi, dimana zat besi ini akan membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh Anda. Dengan begitu Anda akan terhindar dari penyakit anemia. Anda juga dapat mengkonsumsi sayuran kol dengan jus jeruk.

4. Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Sayuran jenis kubis-kubisan seperti manfaat brokoli terkenal dengan manfaatnya untuk menahan laju tumbuhnya tumor didalam tubuh. Kabarnya manfaat kol ini sudah terbukti di Cina untuk memerangi gejala penyakit kanker payudara.

5. Kol Sangat Baik Untuk Otak

Sayuran kubis atau kol ini ternyata sangat baik untuk kesehatan otak kita. Kandungan Vitamin K yang terdapat dalam kol mampu meningkatkan konsentrasi otak serta kesehatan mental kita. Nutrisi yang terdapat dalam sayuran kol akan mampu juga untuk mencegah kerusakan sistem saraf.

6. Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata

Seperti halnya manfaat wortel bagi kesehatan, ternyata sayuran kol juga mempunyai khasiat untuk meningkatkan kesehatan mata kita. Kol akan membantu untuk mencegah pembentukan penyakit katarak dengan zat beta karotennya.

7. Mampu Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium, kalium,dan magnesium yang terdapat dalam sayuran kol maka akan mampu memberikan kesehatan pada tulang kita. Sangat baik juga kol dikonsumsi oleh ibu hamil demi untuk menyehatkan sang janin dalam kandungannya.

8. Dapat Melancarkan Proses BAB

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kandungan serat di setiap jenis makanan sayuran. Begitupun dengan sayuran kol ini manfaatnya sama akan memberikan untuk memudahkan proses BAB kita.

9. Sangat Baik Untuk Sistem Pencernaan

Karena sayuran kol sangat kaya akan gizi serat didalamnya, maka tidak heran jika mengkonsumsi kol akan memberikan efek baik bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh kita.

10. Baik Juga Untuk Jantung

Kalium yang terdapat dalam sayuran kol maka akan memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Sayuran kol akan membantu untuk menghindarkan proses penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh.

Ok mungkin hanya itu saja 10 Manfaat Kol Bagi Kesehatan. Dengan melihat banyak manfaat diatas maka kita tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi sayuran kol.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Banyak banget ternyata manfaat kol. Saya suka makan kol terutama untuk campuran bikin mie instan, sop, ataupun untuk salad.

    Tapi katanya kol bisa bikin perut kembung itu bener gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *