Home / Kesehatan / 5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Badan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Badan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

Manfaat Terong Bagi Kesehatan – Apakah Anda suka makan terong? Jika benar maka makanan Anda ini sebaiknya dilanjutkan saja untuk dikonsumsi. Karena dengan mengkonsumsi terong setiap hari, kesehatan badan Anda akan terjaga. Banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam terong yang pada akhirnya akan menyehatkan badan dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan gizi seperti apa saja yang terdapat dalam terong serta apa manfaatnya bagi kesehatan? Jika Anda penasaran, silakan diselesaikan membaca artikel ini.

Baca Juga : Manfaat Daun Singkong Muda Yang Ampuh Menjaga Kesehatan Dari Penyakit

Terong sering kita makan dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Bukan hal yang sulit untuk menemukan terong, karena terong banyak kita temukan dan banyak juga dijual di pasaran. Selain itu harga terongpun tidak mahal jika dibandingkan dengan harga sayuran lainnya. Kemudian jenis terong banyak sekali macamnya, seperti terong belanda, terong ungu, terong bulat, dan sebagainya.

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Berikut Kandungan Gizi Yang Terdapat Dalam Sayuran Terong

Kandungan gizi seperti apa sajakah yang terdapat dalam terong? Tahukah Anda bahwa terong mengandung niacin atau lebih dikenal lagi dengan sebutan Vitamin B3. Kandungan ini berfungsi sebagai enzim untuk memecah lemak, karbohidrat, protein yang nantinya dapat menghasilkan energi. Kandungan niacin juga berperan penting sebagai produksi enzim untuk asam lemak serta kolesterol.

Terong juga mengandung Vitamin B2 atau riboflavin. Kandungan ini masih sama fungsinya dengan gizi niacin yaitu untuk mengubah protein dan karbohidrat dalam tubuh menjadi sebuah energi.

Selanjutnya tidak ketinggalan juga dengan kandungan Vitamin B1. Sifat vitamin ini akan larut dalam air dan memang dapat kita temukan dalam sayuran terong. Fungsi kandungan gizi ini masih sama dengan niacin serta riboflavin yaitu bertugas sebagai pemecah makanan.

Terong juga mengandung folat yang berperan sebagai kofaktor kimia untuk memproduksi bahan selular yang baru. Vitamin ini sangat baik bagi pertumbuhan janin pada ibu yang sedang hamil. Menurut tim kesehatan bahwa kesehatan dan pertumbuhan janin dalam kandungan itu sangat bergantung pada jumlah folat yang cukup. Karena dengan aupan folat yang cukup maka produksi sel darah merah akan normal.

Terong menyediakan kandungan Vitamin K dan Vitamin E didalamnya. Fungsi Vitamin K adalah untuk membantu produksi yang dibutuhkan oleh protein serta mampu mendukung sistem pembekuan darah. Kemudian Vitamin E yang terdapat dalam terong berguna sebagai antioksidan untuk melawan sistem radikal bebas dalam tubuh kita.

Inilah 5 Manfaat Terong Yang Terbukti Ampuh Bagi Kesehatan

Terong mempunyai rasa enak yang khas dan biasanya paling cocok kita makan sebagai teman sambal seperti halnya brokoli. Hampir setiap orang yang suka makan sayuran jenis teros ini.

Selain sebagai santapan pelengkap makanan kita, terong juga akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu manfaat terong bagi kesehatan itu seperti apa sajakah?

1. Terong Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan yang terdapat dalam makanan terong ternyata mampu menstabilkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tentunya hal ini akan memberikan efek baik bagi kesehatan jantung kita. Terong juga akan memberikan manfaat untuk menstabilkan tekanan darah kita.

2. Terong Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Makanan sayuran biasanya sangat kaya akan serat dan begitupun tidak ketinggalan dengan terong. Dengan mengkonsumsi terong setiap hari maka akan memberikan dampak baik bagi sistem pencernaan tubuh Anda.

3. Sangat Cocok Bagi Anda Yang Sedang Diet

Terong mampu dapat menurunkan berat badan Anda sehingga sangat cocok Anda konsumsi bagi yang sedang diet. Terong terkenal dengan makanan yang tinggi kadar airnya serta rendah kalori. Sehingga hal ini bisa memberikan efek mengenyangkan dan berat badan Anda akan senantiasa terjaga. Anda bisa mengkonsumsi terong baik dimasak dahulu atau dimakan secara mentah.

4. Terong Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Terong yang kita makan ternyata dapat aktif dan berperan penting dalam mengontrol dan mencegah Anda dari penyakit diabetes. Hal ini tentunya masih sama dengan kandungan dari manfaat buncis.

5. Sangat Bagus Untuk Mencegah Penuaan Dini

Diatas sudah dijelaskan kalau terong mengandung Vitamin E dimana kandungan ini sangat baik untuk menjaga kulit kita agar senantiasa terlihat sehat. Vitamin E yang terdapat dalam terong mampu menjaga kulit kita dari proses penuaan dini atau kulit cepat keriput.

Ok mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi terong. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Manfaat Terong Bagi Kesehatan itu banyak sekali khasiatnya. Bahkan sebenarnya manfaat terong bagi kesehatan bukan hanya 5 saja. Semoga tulisan ini bermanfaat dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *