Home / Photoshop / Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop – Untuk hal manipulasi foto Photoshop memang rajanya. Photoshop bisa merubah foto biasa menjadi luar biasa. Yang semula foto hanya kelihatannya tidak menarik, namun dengan sentuhan Photoshop maka foto bisa dirubah sesuai keinginan. Tool-tool Photoshop memang sangat lengkap untuk hal manipulasi foto. Karena memang program Photoshop dibuat dan dikembangkan khusus untuk desain grafis contohnya adalah untuk manipulasi foto.

Baja Juga : Cara Menghilangkan Noise Foto Dengan Plugin Gratis

Pada kesempatan ini saya akan coba berbagi cara manipulasi foto menjadi hancur berantakan atau tercerai berai. Biasanya kita menggunakan Photoshop adalah untuk memperbaiki foto rusak menjadi bagus. Namun hal ini adalah sebaliknya, yaitu foto bagus kita manipulasi menjadi foto hancur.

Istilah desain grafisnya membuat foto hancur atau seolah-olah tercerai berai adalah efek splatter atau efek dispersion. Manipulasi foto menggunakan efek splatter adalah dengan memanfa’atkan fasilitas brush tool Photoshop. Jadi dengan bantuan brush toll kita bisa memanipulasi foto menjadi hancur atau seolah-olah berantakan. Contohnya seperti gambar berikut :

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 1

Jika Anda tertarik ingin mencoba untuk mempraktekkannya, simak saja tutorial ini sampai selesai. Dan bahan utama agar kita bisa manipulasi foto seperti contoh gambar diatas adalah sebuah brush splatter. Untuk itu, sebaiknya Anda download dulu brush splatternya dan agar memudahkan dalam pengerjaan sebaiknya Anda gunakan juga sebuah foto yang sama dengan tutorial ini.

Setelah Anda sukses download brush splatter berikut fotonya, silakan Anda tambahkan brush tersebut kedalam Photoshop Anda. Caranya bisa Anda lihat pada tulisan saya sebelumnya Cara Menambahkan Brush Di Photoshop.

Inilah Cara Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop (Efek Splatter)

Jika sudah siap semua bahan-bahannya, kita mulai saja tutorialnya. Buka foto sesuai contoh yang sudah saya sertakan didalam folder download. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Untuk membuka foto dari Photoshop, seperti biasa Anda tekan Ctrl+O pada keyboard.

Kemudian dari Pallet Layers buat sebuah Layer baru dengan cara klik Create a new layer. Maka otomatis akan terbentuk sebuah layer baru dengan nama Layer 2. Untuk Layer 1 adalah foto fotmat PSD hasil download diatas.

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 2

Sekarang Anda tentukan warna Set foreground color menjadi warna putih atau nilai #000000. Kemudian aktifkan Paint Bucket Tool atau tekan huruf G pada keyboard. Langkah ini adalah untuk memberi warna background foto menjadi warna putih.

Setelah menentukan warna foreground menjadi warna putih dan memilih Paint Bucket Tool, sekarang Anda klik didalam foto. Maka foto akan tertutupi oleh warna putih. Kemudian Anda tarik Layer 2 ke bawah Layer 1, maka otomatis sekarang warna putih tersebut akan menjadi dibelakang foto.

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 3

Sampai tahap ini proses memberi background sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah Anda harus menduplikat Layer. Ketika posisi Layer yang aktif adalah Layer 1 kemudian tekan Ctrl+J. Ini fungsinya untuk menggandakan Layer, dan otomatis akan terbentuk sebuah Layer Copy baru dengan nama Layer 1 copy.

Dari masing-masing Layer 1 dan Layer 1 copy buatlah Vector Mask. Caranya Anda tinggal klik pada Add vector mask pada masing-masing Layer (lihat contoh).

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 4

Aktifkan Layer 1 dan kemudian klik menu Filter dan Liquify. Gunakan Forward Warp Tool atau tekan huruf W pada keyboard untuk menggeserkan foto kesebelah kanan seperti yang Anda lihat pada contoh dibawah ini :

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 5

Jika sudah selesai memberi efek Liquify, klik OK kemudian rubah Layer mask thumbnail Layer 1 yang semula warna putih menjadi warna hitam. Caranya Anda tekan Ctrl+I pada keyboard. Maka otomatis sekarang foto hasil Liquify akan hilang.

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 6

Nah disini kita harus gunakan kreasi masing-masing. Karena ini adalah inti dari manipulasi foto menjadi hancur tercerai berai atau istilah lainnya efek splatter. Pertama Anda aktifkan Layer 1 copy atau yang Layer mask thumbnailnya warna putih. Kemudian Anda set warna Foreground menjadi warna hitam dan warna Background menjadi warna putih. Aktifkan Brush Tool dan tambahkan brush splatter yang sudah Anda download tadi. Untuk menggunakan dan menambahkan brush tool, Anda bisa lihat tulisan sebelumnya Cara Menambahkan Brush Di Photoshop.

Fungsi brush tool disini adalah untuk menghapus atau menghilangkan objek foto. Hilangnya objek foto sesuai dengan tipe brush tool yang kita pilih. Brush splatter yang Anda download memiliki 11 tipe brush. Silakan sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 7

Ini adalah langkah terakhir, yaitu memunculkan objek foto yang hilang hasil Liquify tadi. Untuk menampilkannya pertama Anda aktifkan Layer 1 atau yang Layer mask thumbnailnya warna hitam. Set warna Foreground menjadi warna putih dan warna Background menjadi warna hitam. Gunakan Brush Tool agar foto hasil Liquify dapat terlihat. Jenis Brush Tool Splatternya Anda sesuaikan saja sendiri.

Jika fungsi brush tool pertama diatas adalah untuk menghapus objek foto, sedangkan disini adalah untuk memunculkan kembali objek foto yang semula sudah kita Invert yaitu foto hasil Liqufy.

Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop 8

Bagaimana mudah bukan? Kunci utamanya adalah brush tool, jadi dengan brush tool kita bisa memanipulasi foto semau kita sendiri. Selamat berkreasi dan semoga tulisan Manipulasi Foto Menjadi Hancur Di Photoshop dapat bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Sampai di langkah menggunakan Brush Tool,saya tidak bisa memakai brush di layer mask berwarna putih.Mohon penerangannya….

    • Set warna Foreground menjadi warna putih dan warna Background menjadi warna hitam untuk menghapus dan sebaliknya untuk memunculkan kembali. Untuk set warna Foreground dan Background langkah cepatnya tekan huruf D pada keyboard.

  2. sampai brush saya jg belom berhasil, tidak menghilangkan object tp malah brush tidak kelihatan, terus bagaimana ?

    • Brush tidak kelihatan mungkin diameternya terlalu kecil, coba perbesar dengan menekan tanda kurawal buka pada keyboard. Kalau gagal coba restart dulu komputernya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *