Home / EPS-Topik Korea / Materi Skill Test (Ujian Keahlian ~ Keterampilan) PBT EPS-Topik Korea

Materi Skill Test (Ujian Keahlian ~ Keterampilan) PBT EPS-Topik Korea

Materi Skill Test EPS-Topik Korea PBT Tahun 2015 – Setiap selesai penyelenggaraan Ujian EPS-Topik jenis Paper Based Test (PBT) maka akan diadakan lagi tes lanjutan. HRD-Korea bekerjasama dengan BNP2TKI akan mengadakan lagi ujian keahlian atau keterampilan (Skill Test) ketika selesai ujian EPS-Topik PBT setiap tahunnya. Ujian keahlian atau keterampilan (Skill Test) hanya diperuntukkan bagi peserta EPS-Topik yang dinyatakan lulus Test EPS-Topik. Namun tahukan Anda hal apa saja yang akan diujiankan pada skill test nanti? Apa yang akan menjadi materi skill test tersebut? Lalu apakah dengan mengikuti ujian keterampilan apakah akan berpengaruh terhadap keberangkatan nanti?

Baca Juga : Menjadi TKI Sukses Adalah Tujuan Utama Setiap Orang

Demi untuk membantu teman-teman CTKI Korea khususnya yang akan melaksanakan ujian skill test, maka disini saya akan berbagi pengetahuan tentang keperluan tersebut. Dan memang untuk materi skill test yang lebih lengkapnya lagi kita sulit untuk mendapatkannya meskipun di web resmi BNP2TKI. Saya mempunyai arsip lengkap contoh materi skill test yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Materi-Skill-Test-(Ujian-Keahlian-~-Keterampilan)-PBT-EPS-Topik-Korea

Ujian keterampilan atau ujian keahlian yang sering disebut dengan istilah skill test adalah sebuah seleksi khusus diperuntukkan bagi peserta yang lulus ujian EPS-Topik jenis PBT. Jadi untuk peserta lulusan jenis Computer Based Test (CBT) tidak diperbolehkan mengikuti ujian skill test. Dengan kata lain skill test hanya diperbolehkan bagi peserta EPS-Topik yang memilih kerja dalam sektor Manufaktur saja.

Kemudian ujian skill test Program EPS-Topik tidak bisa diikuti oleh peserta EPS-Topik yang sebelumnya pernah mengikuti ujian keterampilan. CTKI Korea yang mempunyai masalah khusus dengan Imigrasi Korea juga tidak diperkenankan mengikuti ujian skill test. Dan juga peserta EPS-Topik yang tidak diperbolehkan mendapatkan CCVI (Visa Kerja) inipun sama dilarang mengikuti untuk mendaftar ujian skill test.

Untuk informasi yang lebih lengkapnya lagi Anda bisa membacanya informasi lengkap tentang ujian keahlian ~ keterampilan (Skill Test) di web resmi BNP2TKI. Disana dijelaskan dengan lengkap dan jelas mulai dari persyaratan, biaya, waktu, lokasi, dan lain-lain.

Apa Manfa’atnya Jika CTKI Korea Mengikuti Ujian Skill Test?

Tentunya jika kita mengikuti ujian keahlian khusus atau skill test akan memperoleh manfa’at lebih dibanding dengan yang tidak mengikuti ujian skill test. Peserta EPS-Topik yang mengikuti ujian skill test akan diberikan skor nilai dengan total 250 poin. Nilai 250 poin tersebut terdiri dari 50 poin dari materi ujian fisik, 100 poin jenis wawancara, dan 100 poin lagi dari ujian keahlian dasar.

Setiap peserta EPS-Topik yang mengikuti ujian skill test dengan sukarela dan berhasil memperoleh skor nilai memuaskan maka akan direkomendasikan secara khusus oleh HRD-Korea. Artinya CTKI akan mendapatkan perhatian khusus dalam proses keberangkatannya atau proses ke Koreanya akan lebih dipercepat lagi dari biasanya.

Karena seperti yang sudah kita tahu bahwa proses ke Korea Selatan itu lumayan lama dari semenjak melakukan sending data. Bahkan sampai ada yang mencapai 2 tahun baru ada panggilan untuk terbang. Tapi dengan mengikuti ujian skill test CTKI Korea akan dipercepat lagi proses keberangkatannya.

Anda jangan takut dengan nilai yang tidak memuaskan dari hasil ujian skill test. Karena dengan nilai rendah tersebut sama sekali tidak akan mempengaruhi dengan hasil kelulusan ujian EPS-Topik. Artinya jika kita memperoleh nilai terendah di ujian skill test, maka proses ke Korea Anda tidak akan dipengaruhi sama sekali dengan skor nilai ujian skill test.

Lalu Apa Materi Skill Test Yang Akan Diujiankan Dalam Test Keahilan Atau Keterampilan?

Materi skill test bagi CTKI Korea Program EPS-Topik PBT dibagi menjadi tiga bagian. Terdiri dari ujian fisik, kegiatan wawancara, dan basic. Jenis materi ujian fisik meliputi test kemampuan menggenggam dan test kekuatan otot punggung. Sedangkan dalam test wawancara berisi materi perkenalan diri dalam Bahasa Korea dan komunikasi dasar serta pemahaman perintah kerja dalam Bahasa Korea. Adapun untuk jenis ujian basic biasanya diisi dengan praktek keahlian dalam menaruh tongkat di atas papan, memegang serta menggantungkan alat kerja, dan latihan menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar.

Setelah selesai melaksanakan ujian skill test nanti hasilnya (skor nilai) bisa Anda lihat pada akun EPS-Topik masing-masing. Lebih tepatnya lagi bisa Anda lihat pada menu Ujian Keterampilan pada akun EPS-Topik.

Sebagai contoh silakan Anda download materi skill test dalam format pdf dalam lampiran link di bawah ini. Materi skill test format pdf tersebut bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran sebelum menempuh ujian skill test yang sebenarnya nanti. Setidaknya kalau memiliki gambaran materi skill test maka ketika ujian sebenarnya nanti Anda sudah tidak deg-degan lagi. Yang diharapkan Anda bisa memperoleh nilai tertinggi sehingga proses ke Koreanya dipercepat lagi.

Mungkin hanya itu saja tulisan singkat ini dan semoga skill testnya mendapatkan skor nilai memuaskan dengan memperlajari materi skill test ini. Saya harap tulisan ini ada manfa’atnya bagi yang benar-benar membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

12 comments

  1. Om kalau materi ujian EPS topik ada gk om ,bisa gk kalau kita gak usah pelatihan soal nya saya pengen ikut tapi gk ada uang buat pelatihan bahasa korea nya
    Terima kasih

    • Tanpa pelatihan bisa. Yang penting mas kuncinya adalah lulus ujian bahasa Korea atau test EPS-Topik.

  2. Mas mau tanya,kalau ikut skill test pakai baju apa ya? Pakai celana jeans hitam boleh atau tidak? Atau bajunya biasa keseharian gitu? Baru ikut pertama mas jadi bingung,terus kalau orangnya memberi perintah pakai bahasa korea atau tidak? Kalau wawancara masalah sudah bekerja itu jawabnya pakai indo atau korea mas?
    Tolong diberi pencerahan mas.makasih

    • Pakaian bebas asal sopan saja mas. Mas jangan panik karena nanti juga akan diberi penjelasannya. Wawancara biasanya harus dijawab bahasa Korea ketika mengutarakan “Perkenalan Diri.

  3. Mas klw perkenalan diri apa aja biasanya??
    Sama klw boleh minta tolong bahan yang mesti d pelahari buat ujian skiill
    Terimasih

    • Biasa saja mas tentang nama, alamat, tanggal lahir, asal rumah, status, dan lain-lain. Itu bahan-bahannya mas bisa download saja sebagai pembelajaran dan contoh.

  4. Mas kalau nilai skill test saya 194..apakah akan direkomendasikan oleh HRD Korea ? Mohon infrmasinya :)

  5. Pak admin,banyak yg bilang skill tes cuma formalitas meskipun nilai memuaskan tidak menjamin dipilih sajang,apakah betul?trmksih

    • Kalau formalitas kenapa skill test diselenggarakan? Kalau jaminan mendapat pekerjaan yang layak memang hasil skill test tidak jadi jaminan. Namun skill test setidaknya proses ke korea akan lebih dipercepat lagi terutama perempuan.

  6. USU gak ngadakan EPS-TOPIK lagi ya? Saya cari info di internet, USU pernah mengadakan EPS-TOPIK tahun 2013, tapi info penyelenggaraan sekang tidak ada ya? Mohon infonya. Thanks gan.

    • Setiap tahunpun Ujian EPS-Topik baik PBT atau CBT selalu ada mas. CBT biasanya empat kali dalam setahun dan PBT sekali dalam setahun.

  7. Maria Magdalena

    Selamat pagi mas, bila kita tdk mengikuti pemantpan dlm pelatihan,apakah kira2 kita bisa menguasa materi dlm ujian EPS TOPIC nanti, hanya dengan menghafal 2000 kosakata dan mempelajari sendri soal2 eps topic yg tlh lalu plus buku panduan seblm ujian eps topic? apkh mas ad saran untk itu, hrus ikut pmntpan ato bs dgn bljr sndri.Trimksh mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *