Home / Teknologi / Membuat Akun PayPal, Langsung Terkena Limit 180 Hari (Rekening Dibatasi)

Membuat Akun PayPal, Langsung Terkena Limit 180 Hari (Rekening Dibatasi)

Akun PayPal Terkena Limit 180 Hari – Satu minggu yang lalu saya membuat akun PayPal. Alasannya rekening PayPal dibutuhkan untuk keperluan pindah hosting blog InfoMenarik. Rencana mau pindah ke Hawkhost dan disana tidak melayani pembelian menggunakan Rekening Bank.

Baca Juga : Persiapan Pindah Hosting : Rencana Akan Migrasi Ke Hawkhost

Cara membuat akun PayPal memang sangatlah mudah. Kita tinggal menuju URL resmi PayPal di www.paypal.com kemudian register dan lengkapi semua persyaratan yang mereka butuhkan dan beres. Namun proses registrasi di PayPal tidak berhenti disitu. Kita mempunyai rekening PayPal tapi aktivitas kita di PayPal sangat dibatasi.

Hal selanjutnya yang harus kita lakukan setelah registrasi adalah Verifikasi akun PayPal agar mendapatkan status VERIFIED.

Jika akun PayPal Terverifikasi maka banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Kita bisa menggunakan PayPal sepenuhnya seperti melakukan belanja online, transfer saldo (balance), menarik uang, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya Apa Sih PayPal Itu?

Mungkin sebagian pembaca blog ini ada yang belum tahu apa itu PayPal. PayPal adalah sebuah perusahaan besar yang menyediakan jasa melakukan transfer uang melalui media surat elektronik. Kegiatan ini adalah sebagai pengganti transfer uang metode lama, yaitu mengirim uang dengan menggunakan kertas.

PayPal merupakan alat pembayaran virtual yang hingga saat ini paling banyak disukai dan digunakan oleh internet marketer. Alasannya karena alat pembayaran ini merupakan alat transkasi yang paling aman.

Jujur awalnya saya tidak begitu tertarik dengan membuat akun PayPal. Karena didorong dengan metode pembayaran di salah satu shared hosting akhirnya terpaksa saya membuat akun PayPal.

Kembali kepembahasan status PayPal VERIFIED …

Untuk mendapatkan akun PayPal terverifikasi tidaklah mudah. Kita harus mempunyai Kartu Kredit seperti Master Card, Dinners Club, Visa, dan masih banyak lagi.

Proses registrasi di PayPal hampir mau saya batalkan …

Setelah Selesai Membuat Akun PayPal …

Karena sulitnya untuk mendapatkan kartu kredit, awalnya proses registrasi akun PayPal sempay mau saya batalkan. Namun saya mencoba jalan-jalan di mbah Google dengan kata kunci “Cara Verifikasi PayPal Tanpa Kartu Kredit”.

Akhirnya saya terdampar disebuah blog yang menjelaskan bahwa status verified PayPal bisa diperoleh tanpa harus mempunyai kartu kredit terlebih dahulu. Caranya atau sebagai penggantinya yaitu menggunakan Virtual Credit Card atau lebih dikenal dengan VCC.

VCC banyak sekali jenisnya dan itu semua kita dapatkan dengan cara membeli secara online. Proses membelinya bisa transfer menggunakan rekening bank melalui mobile banking atau internet banking.

Singkat cerita sayapun membeli satu VCC jenis Master Card dengan masa berlaku VCC selama 5 tahun, harga Rp. 110.000,-.

Kini setelah saya membeli VCC dan kemudian saya aktivasikan di akun PayPal, status PayPal saya menjadi Terverifikasi (VERIFIED).

Muncul lagi masalah baru …

Setelah status PayPal verified datang lagi masalah baru. Sekarang yang ada dalam pikiran saya bagaimana cara menambah saldo PayPal? Saya belum bisa menggunakan pembelian online menggunakan PayPal karena saldo yang saya punya masih Rp. 0,-.

Kembali saya searching di internet dan sharing dengan salah satu teman melalui sms. Saya diarahkan agar membeli saldo (balance) PayPal di forum ads.id. Ternyata banyak lapak jualan saldo PayPal disana. Bahkan sekarangpun saya menemukan jualan lapak balance PayPal di forum KasKus.

Harga yang mereka tawarkan memang sangatlah bervariasi. Umumnya mereka mengikuti harga rate dollar saat ini.

Terpilihlah salah satu agen penjual balance PayPal yang menurut saya harganya tidak terlalu mahal. Terjadilah proses transaksi jual beli balance PayPal. Prosedurnya pertama saya transfer uang rupiah melalui rekening bank sejumlah dollar yang saya butuhkan. Selanjutnya saya mengirimkan alamat email yang digunakan untuk akun PayPal.

Setelah uang yang saya kirim dia terima, kemudian si-penjual melakukan transfer dollar (balance PayPal) ke akun PayPal saya melalui alamat email.

Apa yang terjadi?

Kaget! Karena saya memperoleh pesan peringatan dari pihak PayPal untuk segera melakukan hal berikut :

  1. Upload ID Foto
  2. Upload Bukti Alamat
  3. Ubah Kata Sandi
  4. Ubah Pertanyaan Keamanan

Jika saya tidak melakukan empat hal tersebut, maka status rekening PayPal saya dibatasi. Saya tidak bisa melakukan kegiatan transaksi walaupun status rekening PayPal Terverifikasi.

Membuat Akun PayPal 1

Yang menjadi penyebab utama status Akses Rekening PayPal Dibatasi adalah saya telah menerima uang dalam jumlah besar, padahal umur akun PayPal saya masih baru. Pihak PayPal mencurigai adanya masalah pada rekening saya karena ada perubahan pada aktivitas normal di rekening, yaitu menerima balance dalam jumlah besar. Umur akun PayPal saya sejak status verified adalah satu minggu.

Membuat Akun PayPal 2

Untuk menyelesaikan kasus akses rekening dibatasi tersebut, saya meski melakukan empat hal seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Point 3 dan 4 saya selesaikan dengan lancar, karena cukup mengganti kata sandi lama dengan kata sandi baru. Begitupun untuk mengubah pertanyaan keamanan bukan hal yang sulit.

Kemudian untuk menyelesaikan point 1 juga tidaklah sulit. Saya cukup upload Kartu Identitas yang didalamnya tercantum sebuah foto, seperti KTP, SIM, dan Passpor.

Namun untuk point 2 yaitu mengupload berkas untuk membuktikan alamat yang ditulis di akun PayPal adalah benar, saya merasa kesulitan. Pihak PayPal menginginkan agar saya mengupload Kartu Tagihan, seperti Tagihan Listrik, Tagihan Telepon, Tagihan Asuransi, dan kartu tagihan lainnya.

Masalahnya saya tidak mempunyai kartu tagihan apapun. Akhirnya saya mencoba upload hasil scan Kartu Keluarga saja. Karena saya pikir untuk membuktikan alamat yang valid sudah cukup dengan melampirkan Kartu Keluarga.

Lalu apa hasilnya …. ?

Pagi harinya saya memperoleh pesan melalui email dari pihak PayPal. Isi emailnya adalah sebagai berikut :

We appreciate your interest in PayPal; however, our decision to leave your account in a permanent limitation status is final.
PayPal reserves the right to limit access to any account reported to be involved in possible fraudulent or high risk behavior. In the event of a dispute, PayPal will seek to recover the funds from you by debiting your PayPal balance and, if there are not sufficient funds in your PayPal balance, PayPal reserves the right to collect your debt to PayPal by any other legal means.
Due to the potential risk of chargebacks and other risks of funds reversals, your balance will be held 180 days from the date of the limitation. At that time, any remaining funds will be available for withdrawal.

Berdasarkan maksud email yang dikirim pihak PayPal tersebut adalah bahwa akun PayPal terkena limit selama 180 hari. Artinya selama 6 bulan akun PayPal saya tidak bisa digunakan (akses rekening dibatasi). Padahal saya membuat rekening PayPal dibutuhkan untuk keperluan migrasi hosting secepatnya.

Setelah selesai masa limit 180 hari akun kembali bisa digunakan. Namun yang menjadi pertanyaan saya sekarang adalah, setelah 180 hari tersebut apakah akun bisa digunakan semestinya atau hanya bisa melakukan penarikan uang PayPal saja (withdraw)?

Sempat kesal juga dengan kejadian ini! Tapi mau gimana lagi memang prosedurnya seperti itu dan saya harus mematuhi semua kebijakan PayPal.

Dan lagi sistem login PayPal sangatlah super sensitif. Jika kita membuka akun PayPal dari media lain maka akan muncul juga peringatan seperti kejadian ini. Contohnya kita daftar menggunakan komputer A dan login menggunakan komputer B. Atau masih sama menggunakan komputer A namun beda browser.

Komputer saya menggunakan IP Address Dinamis, karena menggunakan modem bukan jaringan nirkabel. IP Address akan berubah jika komputer restart atau modem pasang cabut. Hal ini dicurigai juga oleh pihak PayPal dengan seringnya mengganti IP Address.

Baca Juga : Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer

Untungnya shared Hosting Hawkhost selain harus menggunakan Kartu Kredit dan PayPal bisa juga melakukan pembayaran menggunakan Bitcoin. Sambil menunggu limit PayPal 180 hari, kini saya belajar membuat dan cara menggunakan Bitcoin.

Kesimpulan :

PayPal adalah alat pembayaran virtual untuk keperluan transfer uang melalui media elektronik. Status VERIFIED PayPal bisa didapatkan dengan menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Untuk menjaga agar akses rekening PayPal tidak dibatasi, sebaiknya jangan melakukan transaksi dalam jumlah besar jika umur PayPal masih baru. Lakukan kegiatan transaksi antara $5 s.d. $10. Pelajari dengan seksama penyebab-penyebab lain agar rekening tidak dibatasi atau terkena limit 180 hari.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. Waduh, Kecewa + Kesel + Gak tau mau ngapain lagi… Ternyata ribet juga yaa…
    Tapi walaupun begitu, untuk orang yang aktif didunia maya (full-time) memang harus punya akun PayPal.

    • Iya mas, awalnya terpaksa juga membuat akun PayPal eh malah ludes saldonya. PayPal memang super sensitif dan semoga nanti setelah 180 hari saya bisa withdraw.

      • Gimana bos, dananya sekarang sudah bisa di withdraw kah?
        Apa yg terjadi dengan akun paypalnya? masih bisa dipake atau bagaimana?

        Akun saya sekarang sudah ada respon “Your limitation cannot be appealed”, maksute opo iku?

        • Saya belum nyampai 180 hari gan. Itu kalau diterjemahkan sama Google Translate gini gan artinya : “Keterbatasan Anda tidak dapat diajukan banding”!

  2. menerima uang dalam jumlah yang besar pada umur akun PayPal yang masih baru memang sangat tidak di sarankan mas, bisa berakibat fatal yang menyebabkan akun dibatasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *