Home / Teknologi / Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting

Membuat Email Dengan Domain Sendiri – Jika blog yang kita gunakan adalah blog hosting sendiri, maka kita dari penyedia WEB Hosting akan memperoleh tambahan fitur email accounts. Yang nantinya alamat email accounts ini akan menggunakan domain blog kita sendiri. Banyaknya email accounts yang diberikan tergantung WEB Hosting yang kita sewa. Ada yang memberikan email accounts terbatas, tapi ada juga yang memperbolehkan member membuat email domain sendiri tidak terbatas (unlimited), contoh WEB Hosting Hawkhost.

Baca Juga : Cara Membuat Email Template Profesional + Keren Di WordPress

Tentunya jika kita mempunyai email dengan domain sendiri akan terkesan lebih profesional. Karena tidak semua orang yang bisa membuat alamat email menggunakan domain sendiri. Umumnya email yang kita buat nantinya akan menggunakan domain tempat kita membuat/daftar email. Contoh kita membuat alamat email di domain gmail.com, maka nantinya alamat email kita akan seperti ini : [email protected].

Hal ini berbeda dengan alamat email yang menggunakan domain sendiri. Misal domain blog yang kita miliki adalah www.blogsaya.com, maka jika kita membuat email jadinya akan seperti ini : [email protected]

Nah disini saya akan membahas bagaimana cara membuat email menggunakan domain sendiri? Dan tentunya syarat utama untuk mempraktikkan tutorial ini adalah bagi Anda yang sudah mempunyai blog self hosting (hosting sendiri).

Berikut Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel

Untuk membuat email dengan domain sendiri hal pertama silakan Anda login di cPanel menggunakan akun Anda seperti biasanya. Disini saya sewa hosting di Hawkhost, dan saat ini tampilan cPanel Hawkhost berbeda dengan tampilan cPanel Hosting pada umumnya. Namun intinya masih sama, bedanya hanya tampilannya saja.

Baca Juga :  Cara Membuat Alamat Email Baru Yahoo, Gmail, Hotmail

Sekarang Anda klik pilih Email Accounts pada bagian Mail setelah Anda berhasil login di cPanel.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting 1

Tidak banyak yang harus kita perbuat disini. Kita hanya diperintah untuk mengisi kolom Email dan Password. Silakan Anda isi saja sesuai dengan keinginan Anda. Domain yang saya miliki adalah info-menarik.net, maka jika saya menginginkan alamat email “contoh” nanti hasilnya menjadi [email protected].

Disini saya akan membuat password (kata sandi) dengan menggunakan aplikasi Password Generator. Dan juga karena hosting Hawkhost menyediakan fitur pilihan email accounts kapasitas Unlimited, maka tidak ada salahnya saya memilih yang Unlimited.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting 2

Cara menggunakan Password Generator cukup mudah. Kita tinggal klik pilih Password Generator dan aplikasi akan menampilkan kata sandi otomatis yang mempunyai tingkat keamanan super kuat. Karena kata sandi yang diberikan oleh aplikasi Password Generator terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan tanda baca. Kita bisa bebas memilih kata sandi dengan memilih Generate Password. Dan jika kita memilih Use Password maka akan kembali ke halaman Add Email Account. Terakhir jika semua pengaturan sudah Anda kerjakan maka klik Create Account.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting 3

Perlu diperhatikan, jika kita membuat kata sandi menggunakan aplikasi Password Generator, maka kita harus menyalin kembali kata sandi yang kita pilih lalu menyimpannya. Karena nanti kata sandi ini kita butuhkan ketika kita akan login untuk menggunakan email.

Setelah selesai membuat email seperti yang sudah saya contohkan diatas, maka didalam daftar Email Accounts akan tampil alamat email yang baru saja kita buat.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting 4

Untuk login dan masuk ke alamat email yang kita buat menggunakan domain sendiri caranya adalah silakan Anda akses URL domain-anda/webmail. Contoh untuk blog ini info-menarik.net/webmail.

Anda masukkan alamat email dan kata sandi yang telah kita buat sebelumnya. Contoh tadi saya membuat alamat email [email protected] dan klik Masuk.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting 5

Kita akan dihadapkan kedalam tampilan untuk memilih Aplikasi Webmail (horde, roundcube, dan SquirrelMail) yang akan kita gunakan nantinya. Silakan Anda pilih salah satunya dan bebas, karena aplikasi ini pada intinya memiliki fitur yang sama.

Saya biasanya dan lebih suka menggunakan aplikasi webmail dari roundcube.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting 6

Untuk menggunakan email domain sendiri caranya masih sama dengan cara menggunakan email yang kita buat di domain gratis lainnya, seperti : gmail, yahoo, dan hotmail. Jadi saya rasa tidak perlu untuk dijelaskan lagi disini.

Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri yang kita kerjakan dari cPanel WEB Hosting. Semoga tulisan ini ada manfaatnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. karena belum ada keperluan untuk bisnis maka saya pun urung menggunakan email dari cpanel. semoga kedepannya bisa pakai email cpanel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *