Home / Photoshop / Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow)

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow)

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan – Selain program andalan untuk desain grafis khususnya editing foto, Photoshop juga mampu membuat berbagai macam efek pada huruf. Seperti membuat tulisan efek 3 dimensi, membuat huruf efek texture, membuat teks desain efek letterpress, dan masih banyak lagi. Dan pada kesempatan emas ini saya kembali membahas tutorial Photoshop desain efek huruf, yaitu membuat tulisan efek bayangan panjang atau istilah lainnya Long Shadow.

Baca Juga : Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress)

Banyak kita temukan desain huruf efek long shadow pada blog-blog yang membahas desain grafis. Karena memang efek long shadow ini sempat terkenal juga dan sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan efek ini. Apa itu efek long shadow? Sesuai dengan namanya, “long” panjang dan “shadow” bayangan. Artinya sebuah desain grafis tipografi yang memberikan efek bayangan pada huruf dan bayangan tersebut sangat panjang yang lain dari biasanya. Jika dilihat sekilas hasilnya, tulisan seperti diberi cahaya dari sudut kiri/kanan atas.

Seperti bagaimana sih efek long shadow itu? Anda bisa lihat contoh gambar di bawah ini :

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 0

Penasaran ingin mencoba membuatnya? Hanya membutuhkan beberapa langkah saja dalam membuat huruf efek bayangan panjang atau long shadow tersebut. Mari kita langsung saja bahas panduan efek long shadow ini sampai tuntas.

Berikut Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang (Long Shadow) Di Photoshop

Seperti biasa setelah mengaktifkan Program Adobe Photoshop yang sudah terinstall di komputer, buat dokumen baru dari File > New atau Ctrl+N pada keyboard. Buat canvas baru dengan ukuran Width 500 pixels dan Height 500 pixels. Agar kualitas gambar bagus, Resolution 300 pixels saja.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 1

Begitu selesai membuat dokumen baru, maka otomatis akan terbentuk sebuah Layers baru dengan nama Background. Karena nanti kita akan memberikan warna pada dokumen baru tersebut, maka rubah dulu Layers Background menjadi Layer format PSD. Caranya klik ganda pada Layers Background klik OK dan nanti tulisan layer akan berubah menjadi Layer 0.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 2

Beri warna dokumen yang baru saja Anda buat dengan jenis warna Color Overlay. Caranya klik ganda Layer 0 atau klik kanan dan Anda pilih Blending Options…

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 3

Centang Color Overlay kemudian tentukan sebuah warna yang akan kita berikan pada dokumen. Blend Mode pilih Normal dan nilai Opacity 100 %.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 4

Disini saya memberi warna background dengan nilai warna #468be1 maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 5

Selesai menentukan warna background, sekarang buatlah huruf dengan mengaktifkan Horizontal Type Tool (T). Disini saya membuat tulisan menggunakan jenis huruf Arial serta ditebalkan (Bold). Ukuran huruf 70 pt dan warna huruf adalah #e39213. Setelah selesai membuat huruf, maka pada Pallet Layers akan terbentuk sebuah Layer Text dengan nama sesuai dengan yang kita ketik, disini saya mengetik IM.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 6

Sekarang duplikat Layer Text yang baru saja kita buat. Caranya aktifkan Layer Text kemudian klik kanan dan pilih Duplicate Layer…

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 7

Hasilnya akan terbentuk sebuah layer text baru lagi dengan nama IM copy. Pindahkan posisi layer IM copy kebawah layer IM atau ke posisi tengah antara layer IM dan Layer 0.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 8

Sekarang rubah warna huruf IM copy dengan warna hitam (black) atau #000000. Aktifkan layer IM copy kemudian klik ganda atau klik kanan dan pilih Blending Options… Langkah ini sama persis dengan langkah memberi warna background seperti yang sudah dibahas pada langkah diatas.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 9

Tekan Ctrl+T untuk mengaktifkan Freee Transform layer IM copy, kemudian Anda geser ke kanan dan ke kiri sebanyak satu kali – satu kali menggunakan tombol panah kanan dan bawah pada keyboard. Terakhir tekan Enter.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 10

Sekarang saatnya membuat Long Shadow pada huruf atau bayangan panjang. Langkah ini adalah inti dari tutorial yang sedang kita bahas. Ingat, yang aktif masih Layer IM copy atau huruf yang diberi warna hitam.

Tekan tombol Ctrl+Shift+Alt secara bersamaan pada keyboard dan tahan, kemudian disusul dengan menekan huruf T untuk melakukan perintah repeat transform. Lakukan hal ini terus menerus sampai efek bayangan panjang (long shadow) terlihat nyata. Pada tutorial ini sayapun membuat duplikat layer efek dari perintah repeat transform sampai 200 layer.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 11

Jika menurut Anda sudah cukup efek bayangannya, sekarang seleksi semua layer duplikat tersebut dari layer IM copy sampai layer IM copy 200 dengan menggunakan tombol Shift pada keyboard. Jika semua layer duplikat sudah terseleksi, tekan tombol Ctrl+E pada keyboard. Langkah ini untuk menggabungkan (Merge Layer) semua layer hasil dari long shadow tadi.

Sekarang rubah nilai Opacity layer IM copy menjadi 30% atau disesuaikan saja menurut selera masing-masing. Hal ini untuk membuat long shadow seolah-olah tampak nyata. Karena yang namanya bayangan, tentunya ketajaman warnanya akan kalah dengan warna inti.

Cara Membuat Huruf Efek Bayangan Panjang Di Photoshop (Long Shadow) 12

Jika ingin Anda desain lebih jauh lagi, seperti membuat frame disampingnya atau apa saja yang akan membuat desain huruf efek long shadow tampak bagus, maka silakan saja selamat berkerasi.

Tutorial dari saya dicukupkan sekian saja dan semoga panduan membuat huruf efek bayangan panjang (long shadow) di Photoshop ini ada manfa’atnya untuk Anda semua. Sampai jumpa lagi di tutorial-tutorial lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *