Home / Photoshop / Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress)

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress)

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam – Sudah lama tidak membuat tutorial Photoshop, kangen juga. Kesempatan baik ini saya akan mencoba berbagi cara membuat efek tulisan seolah-olah proses pembuatannya menggunakan pahat. Sehingga hasilnya huruf agak menjorok kedalam atau mempunyai efek tekanan kedalaman. Istilah lainnya efek huruf seperti ini adalah efek letterpress.

Baca Juga : Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas

Mungkin Anda pernah melihat efek huruf menjorok kedalam atau letterpress. Kemudian Anda berpikir bagaimana cara membuatnya? Semua itu bisa kita lakukan menggunakan program andalan desain grafis yaitu Adobe Photoshop. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa lihat penampakan efek letterpress di bawah ini :

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 0

Jika dilihat lagi secara teliti, memang efek huruf diatas seolah-olah huruf tersebut hasil pahatan. Tulisan diatas mempunyai efek tekanan kedalaman atau seperti menjorok kedalam. Penasaran ingin mencoba membuatnya? Tenang, disini saya akan bahas sampai tuntas bagaimana cara membuat huruf efek letterpress di Photoshop.

Berikut Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam (LetterPress) Di Photoshop

Tidak sulit membuat tulisan efek letterpress di Photoshop. Caranya pertama silakan Anda buat projek baru dari menu File > New. Kemudian tentukan ukuran Width 600 pixels dan Height 200 pixels (sekedar contoh). Agar hasilnya bagus, beri resolusi 300 pixels saja.

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 1

Secara otomatis ketika selesai membuat File baru maka akan terbentuk sebuah layer baru dengan nama Background. Rubah layer background tersebut menjadi layer format PSD. Caranya klik ganda pada layer Background kemudian klik OK. Nanti namanya akan berubah menjadi Layer 0 (layer default).

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 2

Beri warna background Layer 0 tersebut dengan warna Gradient dengan cara klik kanan pada Layer 0 lalu pilih Blending Options…

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 3

Centang (cheklist) Styles Gradient Overlay dan biarkan pengaturan lainnya sesuai dengan pengaturan default. Yang dirubah adalah warna gradient saja. Caranya klik Gradient dan tentukan warna yang kita inginkan.

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 4

Disini saya memberi perpaduan warna Gradient dengan kode warna atas #2f92bb dan kode warna bawah #2880a4.

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 5

Selesai menentukan warna background, sekarang buatlah tulisan diatas canvas yang baru saja kita buat. Disini saya membuat teks dengan jenis huruf Aachen BT dan ukuran huruf 38 pt. Warna huruf saya menggunakan kode warna #4b4b49. Silakan Anda bisa mencari warna lain yang sesuai dengan selera masing-masing. Namun demi melancarkan tutorial ini, sebaiknya sekarang ikuti saja dulu sesuai dengan yang saya contohkan.

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 6

Nah jika selesai membuat teks, sekarang saatnya merubah efek tulisan standar menjadi tulisan efek letterpress. Kunci utama membuat huruf menjorok kedalam adalah hanya bermain dengan Layer Style.

Anda klik kanan pada layer text kemudian pilih Blending Options seperti pada langkah pemberian background Gradient diatas. Centang Styles Drop Shadow dengan pengaturan seperti berikut :

  • Blend Mode : Normal
  • Color : White (Putih) atau #ffffff
  • Opacity : 50 %
  • Angle : 120º
  • Distance : 1 px
  • Spread : 0 %
  • Size : 2 px

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 7

Kemudian centang juga Styles Inner Shadow dengan pengaturannya sebagai berikut :

  • Blend Mode : Multiply
  • Color : Black (Hitam) atau #000000
  • Opacity : 85 %
  • Angle : 120º
  • Distance : 2 px
  • Spread : 0 %
  • Size : 4 px

Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop (LetterPress) 8

Intinya semua pengaturan Styles diatas adalah hanya contoh saja yang semuanya disesuaikan dengan keadaan projek. Jika Anda membuat projek lain, maka tidak perlu terpaku pada semua pengaturan ini. Anda bisa menentukan pengaturan lainnya disesuaikan dengan kondisi projek yang sedang Anda kerjakan.

Baca Juga : Cara Membuat Huruf Efek Style Texture Photoshop

Akhirnya selesai juga artikel Cara Membuat Huruf Menjorok Kedalam Di Photoshop atau sering disebut dengan efek LetterPress. Bagaimana mudah bukan? Saya yakin untuk mengerjakan tulisan efek letterpress hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Selamat mencoba dan semoga tulisan ini ada manfa’atnya untuk umum.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. bagus ya efek teks nya, oya mas kalau boleh atau memang sudah ada tutorial membuat efek teks flat dengan photoshop ? saya suka model flat tersebut, soalnya terkesan apik gitu. hehehe :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *