Home / WordPress / Membuat Link Sumber Ketika Copy Artikel Di WordPress

Membuat Link Sumber Ketika Copy Artikel Di WordPress

Membuat Link Sumber Ketika Copy Artikel Di WordPress – Jika kita melakukan copy artikel di halaman web orang lain, terkadang ketika kita paste artikel yang sudah di copy ke Notepad atau Microsoft Word maka diakhir artikelnya akan otomatis tercantum tulisan link sumber. Padahal sebelumnya kita tidak melihat tulisan link sumber tersebut di artikel web yang kita copy. Namun anehnya ketika hasil copy tersebut kita paste di komputer, maka akan muncul otomatis tulisan link sumber (copyright). Apakah Anda tertarik ingin mencoba membuat tulisan link sumber otomatis tersebut ketika artikel kita ada yang mengcopynya? Nah tidak salah lagi, disini saya akan coba berbagi cara tersebut. Dan jujur sayapun baru saat ini menerapkan trik ini.

Baca Juga : Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress

Namanya artikel hasil jerih tulisan kita dipajang di internet seperti website, maka sudah menjadi resiko terhadap hal kegiatan copy paste (plagiat konten). Karena memang dicaman canggih seperti saat ini, hampir setiap orang sudah memanfa’atkan teknologi internet untuk mencari informasinya. Dan kitapun menulis artikel di website tujuan utamanya agar ada yang membaca. Tapi dibalik itu ada resikonya juga, yaitu artikel akan lebih mudah di copy paste oleh orang lain.

Membuat-Link-Sumber-Ketika-Copy-Artikel-Di-WordPress

Jika niat awalnya untuk berbagi ilmu, itu tidak menjadi masalah, dan itu sudah menjadi resiko kita. Dan memang setiap tindakan itu pasti terdapat resikonya. Namun setidaknya dengan menerapkan trik tulisan link sumber otomatis di akhir artikel yang sudah dicopy paste oleh orang lain, maka setidaknya kita sudah ada cara untuk mengingatkan dia. Bahwa kegiatan tersebut memang diperbolehkan, namun jika mereka tidak melakukan perubahan sedikitpun maka sebaiknya mereka harus mencantumkan link sumber artikel tersebut (copyright). Untuk selanjutnya mereka menghapus link sumber tersebut, itu tidak menjadi masalah. Yang penting kita sudah berusaha mengingatkan saja demi kebaikan bersama.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel Di Copy Paste

Trik membuat link sumber otomatis ini mungkin hanya untuk WordPress Self Hosted saja. Karena kita harus bermain dengan sedikit kode yang selanjutnya kita sisipkan didalam tema yang digunakan. Kode untuk menampilkan link sumber otomatis saat artikel ada yang copy paste adalah sebagai berikut :

/*------------------------------------------------------*/ 
/* Copyright Artikel
/*------------------------------------------------------*/
function add_copyright_text() {
 if (is_single()) { ?>
<script type='text/javascript'>
function addLink() {
 if (
window.getSelection().containsNode(
document.getElementsByClassName('entry-content')[0], true)) {
 var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0];
 var selection;
 selection = window.getSelection();
 var oldselection = selection
 var pagelink = "<br /><br /> Sumber Artikel : <?php the_title(); ?> <a href='<?php echo wp_get_shortlink(get_the_ID()); ?>'><?php echo wp_get_shortlink(get_the_ID()); ?></a>"; 
 var copy_text = selection + pagelink;
 var new_div = document.createElement('div');
 new_div.style.left='-99999px';
 new_div.style.position='absolute';
 body_element.appendChild(new_div );
 new_div.innerHTML = copy_text ;
 selection.selectAllChildren(new_div );
 window.setTimeout(function() {
 body_element.removeChild(new_div );
 },0);
}
}
document.oncopy = addLink;
</script>
<?php
}
}
add_action( 'wp_head', 'add_copyright_text');

Sisipkan kode tersebut diatas di dalam file functions.php tema yang Anda gunakan. Bisa melalui cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress. Sekarang jika artikel yang sudah Anda terbitkan di blog ketika ada orang yang melakukan copy paste, maka nanti otomatis di akhir artikelnya akan tercantum tulisan link sumber otomatis. Untuk mempraktekkannya, coba Anda copy salah satu artikel blog ini, dan paste di Notepad atau Microsoft Office Word kemudian lihat akhir artikelnya.

Mungkin hanya itu saja tutorial Membuat Link Sumber Ketika Copy Artikel Di WordPress. Semoga dengan diterbitkannya artikel seperti ini, pelaku plagiat konten tidak lagi seenaknya copy paste artikel tanpa mencantumkan link sumber diakhir artikelnya. Ini hanyalah bentuk usaha, untuk kesadaran dikembalikan terhadap diri pribadi masing-masing.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Makasih gan bermanfaat gan , semoga berkah ya , minimal 100 karakter buat komentar ane buat dehhh, mau singkat gak bolehh adehhhhh ok gan suksessss selalu hahhahhahah

  2. bagaimanan jika bukan shortlink yang dipanggil sebagai source dari artikel yang di copy paste
    tapi permalink aslinya ?
    saya sudah coba utak atik tapi belum berhasil juga ! maaf ya heheh
    maklum saya nubi tida begitu mengerti tentang html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *