Home / Android / 6 Tips Keren Memilih Antivirus Android Untuk Melindungi Smartphone Anda

6 Tips Keren Memilih Antivirus Android Untuk Melindungi Smartphone Anda

Memilih Antivirus Android – Pengguna Android patut waspada karena virus bisa masuk dengan mudah ke smartphone berbasis Android ini. Jika dibiarkan tentu virus tersebut bisa mengancam keamanan dan sistem kerja smartphone. Bahkan dalam kondisi yang parah virus dapat melumpuhkan seluruh kinerja software smartphone. Untuk mengatasi hal ini penting, maka penting untuk menggunakan antivirus. Ada banyak pihak yang giat menciptakan virus, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pihak juga yang berusaha mencari solusi atas virus tersebut.

Baca Juga : 10 Antivirus Android Terbaik Paling Ampuh Untuk Usir Virus Dari Android

Memilih antivirus Android tidaklah mudah, ada beberapa antivirus yang justru di dalamnya sudah ditanam virus sehingga membahayakan smartphone. Bagi Anda yang ingin melindungi smartphone Android Anda dari serangan virus, berikut ini adalah tips memilih antivirus Android yang perlu Anda ketahui.

1. Melihat track record perusahaan

Banyak orang yang hanya melihat popularitas antivirus pada Play Store, padahal hal ini justru yang banyak mengecoh pengguna. Ada baiknya Anda memperhatikan track record perusahaan yang menjadi pembuat antivirus tersebut. Pastikan pembuat antivirus tersebut benar-benar dibuat oleh perusahaan besar, bukan dari perorangan. Bagi Anda yang ingin memilih antivirus Android Anda bisa mencoba antivirus avast Android, ini adalah salah satu jenis antivirus terbaik yang bisa Anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir, antivirus avast ini bisa diunduh dan digunakan tanpa biaya alias gratis. Meskipun gratis fasilitas yang diberikan cukup lengkap sehingga bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan.

2. Download antivirus ditempat yang tepat

Anda bisa bebas memilih antivirus Android di beberapa tempat entah itu di Play Store atau melalui website tertentu. Namun saran terbaiknya adalah mengunduh melalui Google Play Store, ini dikarenakan beberapa aplikasi antivirus yang ada di Play Store sudah di filter dengan sangat ketat. Beda halnya jika Anda harus mengunduh melalui beberapa website yang bisa jadi sudah disisipkan virus berbahaya di dalamnya. Hal ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan pengguna smartphone yang masih cukup awam terhadap penggunaan antivirus.

3. Pilih antivirus yang memiliki fitur lengkap

Baik menggunakan antivirus gratis maupun berbayar, Anda harus memperhatikan fitur yang digunakan. Semakin lengkap fiturnya, maka semakin menguntungkan untuk Anda. Pastikan juga ketika memilih antivirus Android harus ada update rutinnya. Dengan demikian, maka antivirus tersebut terus berkembang baik fiturnya maupun tampilannya sehingga pengguna merasa lebih nyaman menggunakannya. Beberapa antivirus yang memiliki banyak fitur dan selalu ada update ringan diantaranya adalah AVG, Avira, Avast dan lain sebagainya.

4. Coba terlebih dahulu

Mungkin Anda sudah berusaha memilih antivirus Android dengan baik. Mengenai hasil, Anda bisa melihatnya langsung dengan menginstal antivirus yang sudah Anda pilih tersebut. Jika sekiranya setelah menginstal antivirus tersebut smartphone Anda bekerja lebih lambat atau ada gejala lainnya, maka Anda bisa uninstall antivirus tersebut dan menggantinya dengan antivirus lain.

5. Pilih antivirus yang ukurannya rendah

Beberapa smartphone tidak bisa menggunakan antivirus dengan ukuran yang besar. Kalaupun bisa mungkin membuat kinerja smartphone melemah. Untuk itulah jika ingin memilih antivirus Android Anda harus memilih yang ukurannya rendah atau stAndar. Dengan demikian antivirus yang digunakan benar-benar memiliki manfaat yang maksimal.

6. Cari referensi dari mereka yang lebih berpengalaman

Sebagai pengguna antivirus awam mungkin Anda kesulitan memilih antivirus Android yang tepat. Untuk itu Anda perlu mencari referensi entah dari teman, rekan kerja atau dari internet mengenai jenis antivirus yang tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan. Anda bisa dapatkan -3 pilihan lalu membandingkannya dan memilih salah satu yang terbaik. Dengan cara ini dipastikan Anda bisa dapatkan antivirus yang tepat tanpa perlu banyak mencoba.

Baca Juga : Waspada Malware Di Android Bisa Mencuri Data Login Media Sosial Anda!

Itulah tips memilih antivirus Android yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Dengan menggunakan aplikasi antivirus, maka kemungkinan besar smartphone Anda bisa terhindar dari virus yang bisa membahayakan keamanan smartphone. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa pilih jenis antivirus yang berbayar. Umumnya jenis yang berbayar memiliki fitur lebih lengkap dan berkualitas dibandingkan jenis antivirus gratis. Namun tentunya memilih antivirus Android berbayar atau gratis bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *