Home / WordPress / Cara Mempercepat Loading WordPress Hingga 300 Kali Lipat Dengan Litespeed Cache

Cara Mempercepat Loading WordPress Hingga 300 Kali Lipat Dengan Litespeed Cache

Mempercepat Loading WordPress Litespeed Cache – Banyak cara yang dapat kita tempuh untuk mempercepat loading WordPress. Kenapa WordPress harus dipercepat loadingnya? Alasan utama kecepatan WordPress harus ditingkatkan adalah agar WordPress disukai oleh search engine. Selain itu loading WordPress cepat ketika diakses juga dapat berpengaruh baik bagi pengunjung. Pembaca blog sangat menyukai akses WordPress begitu cepat. WordPress cepat ketika diakses dapat menghemat kuota internet dan juga bisa menghemat waktu pembaca.

Baca Juga : 3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!

Untuk mengecek apakah loading WordPress sudah maksimal atau belum, banyak tools gratis yang dapat kita manfaatkan. Contohnya yang sering saya gunakan untuk mengukur kecepatan suatu blog adalah GTMetrix. Selain itu juga kita bisa mengecek kecepatan loading blog di Google Page Speed.

Baca Juga : 3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa untuk meningkatkan performa kecepatan WordPress itu banyak sekali caranya. Menggunakan template/themes yang tepat juga bisa mempengaruhi terhadap kecepatan loading WordPress. Selain penggunaan template, terlalu banyak menggunakan plugin dapat menurunkan kinerja loading WordPress. Bahkan pemilihan hosting yang kurang tepat bisa menyebabkan loading blog WordPress menurun.

Dari sekian banyak faktor pendukung untuk meningkatkan loading WordPress adalah dengan mengaktifkan fungsi litespeed cache. Apa itu litespeed cache?

Mempercepat Loading WordPress Mengaktifkan Litespeed Cache (1)

Litespeed adalah Web Server terobosan baru yang merupakan sebuah teknologi untuk menggantikan web server yang selama ini dikenal dengan sebutan Apache Web Server. Saat ini sudah hampir seluruh penyedia hosting luar negeri dan dalam negeri yang sudah menggunakan teknologi Litespeed sebagai Web Servernya. Keuntungan menggunakan Web Server Litespeed adalah dapat meningkatkan kinerja akses loading yang super cepat hingga 6 kali dari Web Server Apache.

Kelebihan lain dari Web Server Litespeed adalah sudah mendukung .htaccess sehingga string cache akan otomatis dibuat dengan sempurna. Kemudian juga sudah kompatible dengan mod_security dan mod_rewite. Web Server Litespeed akan meminimalisir kejadian overload server sehingga jarang sekali down server. Keuntungan bagi CMS WordPress adalah Web Server Litespeed akan melalukan proses PHP 50% lebih cepat daripada Apache.

Baca Juga : Optimalkan Kinerja Loading WordPress Dengan Menghapus Post Revisi

Sebetulnya masih banyak kelebihan Web Server Litespeed, silakan Anda cari saja sendiri di internet. Yang jelas pada intinya dengan mengaktifkan Litespeed Cache pada WordPress maka dapat meningkatkan loading WordPress hingga 300 kali lipat.

Berikut Cara Mempercepat Loading WordPress Dengan Mengaktifkan Litespeed Cache

Sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana cara mengaktifkan Litespeed cache agar kinerja WordPress menjadi meningkat? Tidak semua shared hosting yang sudah menggunakan Web Server Litespeed, silakan Anda tanyakan dulu sama tim supportnya!

Sangat mudah untuk mengaktifkan Litespeed cache di WordPress jika memang shared Hosting Anda sudah mendukungnya. Anda cukup menambahkan rule mod_rewrite berikut ini pada file .htaccess. Cara masuk ke file .htaccess Anda bisa lihat pada artikel Cara Pindah Domain.

<IfModule LiteSpeed>
CacheEnable public /
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_METHOD} ^(HEAD|GET)$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/(wp-admin|wp-login.php|wp-cron.php)
RewriteRule .* - [E=Cache-Control:max-age=1800]
</IfModule>

Untuk pengguna plugin SEO By Yoast, sekedar masuk ke file .htaccess dapat Anda lakukan dari halaman Dashboard WordPress. Tepatnya dari Dashboard kemudian klik pilih SEO > Tools > dan File editor.

Mempercepat Loading WordPress Mengaktifkan Litespeed Cache (2)

Kode diatas yang kita tempatkan dalam file .htaccess nantinya akan berfungsi atau melakukan cache seluruh halaman WordPress Anda, kecuali halaman wp-admin, wp-login, dan wp-cron. Diatas saya telah mengaktifkan masa cache selama 1800 detik atau setengah jam. Artinya pengunjung pertama WordPress Anda akan dilayani oleh PHP, kemudian pengunjung selanjutnya akan dilayani oleh Litespeed cache hingga 1800 detik kedepan. Tentunya hal ini akan dapat meningkatkan kinerja loading WordPress ketika diakses meski oleh ribuan pengunjung. Dengan begitu WordPress Anda tidak akan menghabiskan resource shared hosting dan akan terhindar dari penyakit down server.

Jika Anda tidak suka dengan pengaturan waktu Litespeed dalam mencache halaman WordPress, misal terlalu lama atau terlalu sebentar silakan Anda sesuaikan saja sendiri. Penulisan angka tersebut akan dihitung dalam satuan detik.

Dengan mengaktifkan Litespeed cache pada WordPress Anda maka loading halaman WordPress Anda akan meningkat hingga 300 kali lipat bahkan bisa lebih. Tidak percaya, coba buktikan sendiri!

Ok mungkin artikel Cara Mempercepat Loading WordPress Dengan Litespeed Cache dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Sayang saya pakai nginx mas jadi ga bisa pakai cara diatas :)
    Tapi saya juga pakai cache si & belum tahu si seperti apa efeknya karena blog masih sepi

  2. Saya optimasi pakai Fastest Cache.
    Lumayan lah. Speed score hampir perfect.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *