Home / Teknologi / 4 Solusi Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun Disebabkan GoogleWeblight

4 Solusi Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun Disebabkan GoogleWeblight

Penghasilan AdSense Menurun GoogleWeblight – Siapa sih yang tidak ingin penghasilan dari Google AdSense terus meningkat setiap bulannya. Setiap publisher Google AdSense termasuk saya tentunya sangat mengharapkan berpenghasilan dari Google AdSense setiap bulan minimal tetap bukan menurun. Namun untuk mencapai agar berpenghasilan lumayan besar dari AdSense tidak serta merta semudah membalikkan tangan. Tidak sedikit rintangan dan halangan yang harus dilewati para publisher hingga mencapai kesuksesan. Publisher harus banyak belajar dari mereka yang telah lama ikut berkecimpung di dunia AdSense. Banyaknya aturan yang diterapkan Google AdSense dan memang publisher harus selalu mematuhinya agar akunnya berumur panjang. Publisher senantiasa harus selalu mengikuti setiap perkembangan seperti adanya GoogleWeblight. Satu langkah saja publisher tidak tahu perkembangan diluar sana maka resikonya penghasilan dari Google AdSense akan menurun.

Baca Juga : 5 Tema WordPress Terbaik Untuk Google AdSense Peluang CTR Tinggi

Apa itu GoogleWeblight? Sebetulnya GoogleWeblight ini bukan hal yang baru. Sekitar pertengahan tahun 2015 lalu GoogleWeblight sudah ada. GoogleWeblight adalah fitur Google untuk meredirect tampilan sebuah situs yang diakses dari perangkat seluler (mobile) yang mempunyai koneksi internet lambat. Artinya setiap situs yang diakses dari smartphone namun ketika situs tersebut sangat lambat untuk diaksesnya maka akan ditransformasi dari tampilan bawaan situs ke tampilan standar (versi html). Dulu transformasi ini Google melakukannya melalui subdomain icl.googleusercontent, namun kini sudah diganti dengan GoogleWeblight.

Solusi Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun Disebabkan GoogleWeblight

Tampilan situs yang sudah ditransformasi otomatis ke halaman GoogleWeblight memang sangat sederhana sekali. Situs menjadi sangat ringan ketika diakses karena memang tampilan situs diubah menjadi versi html saja. Sehingga jika situs kita ketika diakses dari perangkat seluler yang mempunyai koneksi lambatpun akan normal. Namun masalahnya bagi publisher AdSense fitur GoogleWeblight ini bisa dikatakan sebuah musibah. Karena kenyataannya ketika situs diakses kedalam versi html efek dari GoogleWeblight maka iklan AdSense tidak akan tampil. Tentunya hal ini akan menghilangkan peluang kita agar iklan bisa diklik oleh pengunjung.

Adanya fitur GoogleWeblight akan sangat terasa jika konten situs umumnya pembahasan seputar gadget atau smartphone. Karena tentunya pembaca yang datang hampir dominan dari perangkat seluler. Namun tidak menutup kemungkinan juga sebuah blog yang menyajikan konten apapun akan dibanjiri pengunjung dari smartphone. Seperti yang sudah kita maklumi bersama bahwa saat ini pengguna internet lebih dominan menggunakan mobile daripada personal computer atau laptop.

Seperti apakah tampilan sebuah situs ketika diakses dari halaman GoogleWeblight? Untuk membuktikannya silakan Anda coba akses situs Anda dengan URL http://googleweblight.com/?lite_url=domain-yang-dimaksud Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman www.googleweblight.in kemudian Anda ketik URL yang akan diperiksa.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Penghasilan AdSense Tidak Menurun Pengaruh Dari GoogleWeblight?

Sebagai seorang publisher Google AdSense siapapun tentu berharap penghasilannya bisa maksimal. Apalagi jika sudah melihat tayangan laporan dari akun AdSense ternyata jumlah pageview perhari blog kita lumayan banyak. Tapi kenapa penghasilan bisa menurun drastis? Bisa saja akar permasalahannya disebabkan dari adanya GoogleWeblight. Pengunjung situs banyak yang datang dari perangkat seluler yang pada umumnya mempunyai koneksi internet lemot. Kemudian Google mengarahkan pengunjung ke tampilan standar versi html sehingga iklan tidak muncul.

Namun perlu diketahui juga bahwa efek dari adanya GoogleWeblight ini tidak terjadi disemua platform. Apa saja kriteria-kriterianya yang akan terkena dampak GoogleWeblight atau platform yang akan tidak muncul iklan AdSensenya?

  1. Tentu saja alasan pertama adalah setiap pengunjung yang datang menggunakan perangkat seluler, itupun jika koneksi internetnya sangat lemot.
  2. Akun AdSense yang digunakan atau yang ditampilkan di blog kita adalah status Hosted.
  3. Blog kita menggunakan Top Level Domain (TLD).

Berarti jika blog kita diluar tiga kriteria diatas bisa dikategorikan aman-aman saja? Ya memang benar sekali.

Setelah kita cermati dari tiga kriteria diatas penyebab iklan AdSense tidak tampil pengaruh GoogleWeblight adalah karena blog kita sangat lambat untuk diakses, akun AdSense menggunakan Hosted, dan blog kita sudah TLD. Maka dengan begitu solusinya untuk mengatasi penghasilan AdSense menurun karena efek dari GoogleWeblight adalah sebagai berikut :

1. Percepat Loading Blog

Agar blog kita selalu normal ketika diakses dari perangkat apapun seperti perangkat seluler maka mulai saat ini juga usahakan blog kita harus cepat kinerjanya. Banyak tools-tools gratis di internet untuk memeriksa kecepatan sebuah situs, seperti GTMetrix dan Google Page Speed. Kurangi fitur-fitur yang kita anggap kurang penting untuk ditampilkan terutama di homepage yang hanya akan memberatkan kinerja blog. Utamakan yang ditonjolkan ke pengunjung adalah konten bukan polesan-polesan yang terlalu berlebihan. Jika blog kita ringan diaksesnya maka tentunya akan mengurangi terjadinya pengalihan situs ke halaman GoogleWeblight ketika diakses smartphone koneksi internet lambat.

Baca Juga : 3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

2. Pakai Template Mobile Friendly

Gunakan template blog yang benar-benar bersahabat dengan perangkat seluler (mobile friendly). Banyak kerugian yang akan kita dapatkan jika tidak menggunakan template mobile friendly. Bisa saja kita akan kehilangan pengunjung yang datang dari smartphone setelah adanya algoritma Mobilegeddon. Sekarang jamannya smartphone dan tidak ada kata alasan lagi untuk tidak menggunakan template seo mobile friendly. Banyak template mobile friendly yang bertebaran di internet yang bisa kita dapatkan dengan membelinya atau bahkan template gratis.

Baca Juga : Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

3. Upgrade AdSense Hosted ke Non Hosted

Masih menggunakan akun AdSense Hosted? Agar terhindar dari GoogleWeblight seperti yang sudah diterangkan diatas maka kita meski mengubah status AdSense Hosted menjadi Non Hosted. Apalagi jika blog yang kita gunakan sudah Top Level Domain (TLD). Iklan dari AdSense tidak akan tampil ketika halaman situs di transformasi ke versi html. Sangat disayangkan jika semua itu terjadi dan akan berkurangnya penghasilan kita dari AdSense.

Baca Juga : Cara Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted

4. Tambahkan URL GoogleWeblight Pada Akun AdSense

Untuk point empat ini hanya sebagai antisipasi saja atau untuk mencegah gagal klik yang dilakukan pengunjung dari tampilan halaman GoogleWeblight. Silakan tambahkan URL GoogleWeblight pada akun AdSense Anda dengan cara dari Setelan > Pengelolaan Situs > Tambahkan link googleweblight.com untuk di claim.

Ok mungkin hanya itu saja 4 Cara Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun pengaruh adanya GoogleWeblight. Semoga langkah-langkah ini akan memaksimalkan kembali pendapatan kita dari iklan Googler AdSense. Jika Anda mempunyai trik lain silakan jangan sungkan-sungkan untuk berbagi dengan saya di kolom komentar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. sip gan bisa di praktekan kayanya, memang google GoogleWeblight sekarang ini marak lagi di bicarakan sama member adsense, tenang penurun pendapatan, jadi mungkin solusi ini bisa di coba untuk di praktekan makasih

  2. Terimakasih Bos akan saya coba dengan apa yang sudah saya baca di atas memang awalnya saya mengganti tempalte dulu jadi menuru mau penghasilan 100$$ susah apalagi mendapatkan penghasilan eummsss akan mencoba deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *