Home / Pendidikan / Cara Mengatasi Permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis Terlengkap

Cara Mengatasi Permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis Terlengkap

Permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis – Kewajiban rutin Operator Madrasah setiap semester adalah input data Madrasah kedalam Aplikasi Desktop EMIS Pendis. Ketika melakukan input data di Aplikasi Desktop sering ditemukan permasalahan. Dan terkadang Operator Madrasah menyerah begitu saja karena tidak mau dipusingkan dengan hal yang tidak diketahui penyebab dan solusinya.

Baca Juga : Download Aplikasi Desktop EMIS Pendis Kemenag Ganjil 2015

Cara-Mengatasi-Permasalahan-Aplikasi-Desktop-EMIS-Pendis-Terlengkap

Contoh permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis yang sering terjadi adalah seperti :

  1. Tidak bisa Login di aplikasi EMIS Pendis dan muncul pesan NSM yang kita input tidak ditemukan atau tidak terdaftar;
  2. Tidak bisa upload Data Lembaga, Data Personal, Data Siswa, dan Data Kelulusan. Kemudian muncul pesan kesalahan (error) seperti Old format invalid type library, dan lain-lain;
  3. Tidak bisa akses Aplikasi Desktop EMIS Pendis dan muncul pesan kesalahan (error) Microsoft .NET Framework;
  4. Ketika Aplikasi Desktop EMIS Pendis sedang digunakan, tiba-tiba muncul pesan kesalahan (error) Attempted to read or write protected memory. This is often an indication that other memory is corrupt;
  5. Aplikasi Desktop EMIS Pendis tidak bisa dilanjutkan ketika sedang bekerja dan muncul peringatan Validasi has stopped working;
  6. Dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahan yang sering terjadi ketika Operator Madrasah sedang melakukan tugasnya yaitu input data pada Aplikasi Desktop EMIS Pendis.

Jika dasarnya tidak mempunyai rasa penasaran bagaimana cara mengatasi semua permasalahan tersebut, maka banyak Operator Madrasah yang menyerah ditengah jalan. Umumnya mereka yang menyerah akan menyuruh Operator Madrasah lain untuk mengerjakan atau menyelesaikan input datanya.

Dengan cara begitu memang input data Madrasah akan selesai. Namun menurut saya itu bukan cara yang efektif. Karena sampai kapanpun Operator Madrasah tidak akan mampu dan bisa menyelesaikan sendiri input data Madrasahnya.

Maka atas dasar itu saya disini akan membantu rekan Operator Madrasah dalam mengatasi setiap permasalahan pada Aplikasi Desktop EMIS Pendis.

Namun sebelum menginjak ke pembahasan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis, perlu diketahui juga bahwa prepare untuk menjalankan Aplikasi Desktop EMIS Pendis adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menjalankan Aplikasi Desktop EMIS Pendis, minimum Requirment System Framework adalah Microsoft .NET FrameWork 3.5;
  2. Ketika melakukan input data di file Excel, maka Microsoft Office yang disarankan adalah versi 2007. Itupun khusus untuk Windows Operasi Sistem 32bit / 86bit. Dan untuk Windows Operasi Sistem 64bit maka sebaiknya menggunakan Microsoft Office 2010. Windows Operasi Sistem 64bit juga bisa menggunakan Microsoft Office 2007 asal telah menginstall Microsoft Access Driver 2010 untuk Windows 64bit.

Sayangnya Aplikasi Desktop EMIS Pendis dibuat tidak bisa dijalankan pada Windows Operasi Windows dan Microsoft Office versi sembarangan. Bahkan sebelum menjalankan Aplikasi Desktop, Operator Madrasah harus merubah Format Region dan Language Windows menjadi English (United States).

Semoga kekurangan-kekurangan ini bisa secepatnya diperbaiki agar kedepannya tidak ribet dalam menggunakan Aplikasi Desktop ….

Inilah Cara Mengatasi Permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis Yang Sering Terjadi

Menginjak ke solusi untuk mengatasi masalah yang sering terjadi ketika menggunakan Aplikasi Desktop EMIS Pendis.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa ketika Operator Madrasah menemukan permasalahan sebaiknya jangan dulu menyerah. Jadilah Operator Madrasah yang cerdas dan kritis. Jaman canggih seperti saat ini cobalah untuk menggunakan Search Engine Google. Coba cari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di mbah Google.

Setiap permasalahan-permasalahan ketika mengerjakan input data di Aplikasi Desktop tidak akan saya bahas secara rinci disini. Karena terlalu banyak pembahasan dan harus didukung dengan gambar.

Maka dari itu saya rangkum saja beberapa masalah dan solusi dalam mengatasi beberapa kasus pada Aplikasi Desktop EMIS Pendis itu dalam satu file. Dan file tersebut adalah format .PPT atau format Slideshow Microsoft Power Point.

Saya mendapat file tersebut dari web resmi kemeng.go.id dan bersifat open source atau bebas digunakan untuk kepentingan Operator Madrasah dilingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Semoga dengan adanya panduan lengkap tentang kumpulan solusi untuk mengatasi masalah pada Aplikasi Desktop EMIS Pendis tersebut bisa membantu Operator Madrasah ketika sedang input data Madrasah. Sehingga tidak lagi Operator Madrasah untuk menyelesaikan pekerjaannya ke orang lain.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. sedangkan Aplikasi Desktop EMIS Pendis aja baru denger mas, maklum gaptek.. hihihi,,
    tutorial yang lengkap dan bermanfaat. terima kasih mas..

    • Aplikasi ini hanya untuk Sekolah dalam melakukan input data Sekolahnya mas. Ini khusus untuk Sekolah naungan Kementerian Agama.

  2. Tetap aja ga bisa mas
    Waktu saya mau upload ga bisa ada peringatan gitu
    Mohon solusinnya mas
    Maklum baru kali ini pakai aplikasinya

  3. untuk download filenya pake password apa pak
    tadi saya coba buka,,, ternyata harus masukkan password

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *