Home / Teknologi / Ikuti Hasil Pencarian Terbaik Google Dengan Menggunakan Google Alerts

Ikuti Hasil Pencarian Terbaik Google Dengan Menggunakan Google Alerts

Cara Menggunakan Google Alerts – Mungkin keberadaan Google Alerts saat ini belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Yang paham dan mengerti fungsi dari Google Alerts hanya kalangan tertentu saja. Maka dari itu kali ini saya akan bahas habis apa yang dimaksud dengan Google Alerts, apa fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya?

Baca Juga : Cara Praktis Menambah Akun GMail Tanpa Harus Keluar Akun

Google Alerts adalah salah satu fitur situs nomor wahid sedunia yang memiliki fungsi untuk memantau seluruh web yang memiliki konten menarik. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia Alerts adalah “Lansiran”. Dengan begitu gunanya Google Alerts adalah untuk melansir setiap konten baru web yang berhasil tembus kehalaman pencarian terbaik Google.

Melihat fungsi dari Google Alerts ini tentunya akan banyak keuntungannya jika kita manfaatkan secara maksimal. Kita akan memperoleh jutaan informasi terbaik dan terdepan setiap detiknya dari lansiran yang berhasil ditangkap oleh Google Alerts. Informasi lansiran ini adalah informasi yang bersumber dari web atau blog yang berhasil masuk kedalam deretan 10 peringkat pertama Google.

Di Google Alerts, kita bisa bebas memilih kata kunci informasi yang kita inginkan. Misalnya kita ingin mengetahui perkembangan berita tentang “Smartphone Terbaru”. Maka setelah berlangganan informasi melalui Google Alerts, kita akan dikirim informasi sesuai kata kunci melalui alamat email.

Otomatis kita tidak akan ketinggalan informasi ….

Google Alerts juga bisa kita manfaatkan bagi seorang WordPresser atau Blogger. Dalam mengembangkan blognya seorang blogger dituntut untuk membuat konten menarik sesuai banyaknya pencarian di internet.

Untuk seorang WordPresser atau Blogger, Google Alerts bisa digunakan untuk menemukan ide menulis artikel. Yang kita lakukan hanya memasukkan kata kunci relevan dengan materi yang akan dibahas. Selanjutnya kita akan mengetahui berbagai informasi penting terbaru yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Jika sudah mendapatkan ide untuk menulis, tugas kita tinggal mengembangkan ide tersebut hingga menjadi sebuah artikel lebih menarik ….

Tidak hanya satu kata kunci, dua kata kunci, dan seterusnya. Di Google Alerts kita bisa membuat kata kunci sebanyak-banyaknya (tidak terbatas). Setiap Google menemukan penelusuran tinggi di query search engine sesuai kata kunci yang telah kita tanamkan, maka Google akan mengirim pemberitahuan ke alamat email.

Menarik bukan?

Lansiran Google akan terus menerus berjalan selama ada berita menarik yang ditemukan Google sesuai dengan kata kunci.

Berikut Cara Menggunakan Google Alerts Agar Kita Tidak Ketinggalan Info Menarik

Ingin mencoba menggunakan Google Alerts? Silakan pertama Anda pergi ke halaman www.google.co.id/alerts. Kemudian klik Masuk untuk login dengan akun Google.

Belum mempunyai akun Google? Caranya bisa Anda baca artikel Cara Membuat Alamat Email GMail.

Ikuti-Hasil-Pencarian-Terbaik-Google-Dengan-Menggunakan-Google-Alerts-0

Jika sudah sukses login menggunakan akun Google, kini halaman yang aktif dihadapan Anda adalah halaman Google Alerts.

Tugas Anda sekarang adalah membuat kata kunci yang akan dibebankan ke Google untuk dilansir. Contoh disini saya membuat kata kunci “Belajar Bahasa Korea” kemudian klik pilih Buat Lansiran.

Ikuti-Hasil-Pencarian-Terbaik-Google-Dengan-Menggunakan-Google-Alerts-1

Nah sekarang saya sudah mempunyai satu buah kata kunci untuk dilansir Google. Jika kita ingin membuat kata kunci lagi, silakan diketik lagi kata kunci lain yang kita inginkan.

Ikuti-Hasil-Pencarian-Terbaik-Google-Dengan-Menggunakan-Google-Alerts-2

Sekarang coba cek alamat GMail Anda yang tadi sebelumnya sudah didaftarkan ketika login akun Google pertama kali. Kita akan memperoleh pesan masuk (inbok) yang dikirim otomatis dari Google Alerts sesuai dengan kata kunci yang telah kita tentukan.

Ikuti-Hasil-Pencarian-Terbaik-Google-Dengan-Menggunakan-Google-Alerts-3

Pesan masuk ini akan terus dikirim Google Alerts secara gratis. Untuk berhenti langganan kata kunci tertentu, caranya Anda tinggal masuk lagi ke alamat Google Alerts dan hapuslah kata kunci yang terdapat didalam list Lansiran.

Sebetulnya masih banyak fasilitas Google Alerts ini khususnya bagi seorang WordPresser atau Blogger. Dilain kesempatan jika ada waktu luang akan saya bahas lagi.

Semoga artikel Cara Menggunakan Google Alerts ini ada manfaatnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya …

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *