Home / Android / Anda Pengguna Smartphone Android? Sebaiknya Jangan Lakukan 6 Hal Ini!

Anda Pengguna Smartphone Android? Sebaiknya Jangan Lakukan 6 Hal Ini!

Menggunakan Smartphone Android – Smartphone android kini semakin banyak diminati oleh masyarakat bahkan penjualnya kina meningkat dari tahun ke tahun. Jika dulu smartphone dijual dengan harga yang cukup tinggi, namun kini di pasaran terdapat beragam merk smartphone dengan harga yang semakin bervariasi dan semakin terjangkau. Tak hanya itu, fitur smartphone dari masing-masing merk selalu bersaing dan berusaha memberikan fitur terbaik untuk menarik minat konsumen. Akan tetapi perlu diperhatikan pula dalam menggunakan smartphone android sebaiknya Anda tetap waspada dan tak asal karena penggunaan smartphone yang salah akan menimbulkan efek negatif.

Saat ini smartphone tak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi saja, namun bisa digunakan untuk aktivitas lainnya seperti menonton video, edit foto, bermain game dan lain sebagainya. Dengan banyaknya fitur menarik dari smartphone tentu ketika menggunakan smartphone android tanpa disadari melebihi ketentuan pemakaian yang sewajarnya. Dampak dari penggunaan smartphoen yang salah tentu bisa membuat smartphone Anda menjadi tidak awet. Berikut ini akan dijelaskan 6 hal yang sebaiknya jangan dilakukan ketika menggunakan smartphone android yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Lupa mengunci smartphone

Dalam menggunakan smartphone android tentu Anda akan sering membuka smartphone tersebut untuk melakukan berbagai aktivitas. Bahkan smartphone tersebut juga Anda gunakan untuk menyimpan data penting seperti foto, kontak telepon, hingga data pekerjaan. Demi menjaga keamanan, maka sebaiknya selalu kunci layar smartphone. Cara mengunci smartphone setelah menggunakan smartphone android bisa dengan PIN, kunci pola dan password. Bahkan kini telah hadir inovasi pengunci layar smartphone yang sangat aman dengan menggunakan sidik jari atau iris scanner.

2. Malas mendownload update software

Sebagai salah satu peralatan yang menggunakan sistem operasi dan software, maka ketika menggunakan smartphone android jangan sampai malas download update software. Jika sewaktu-waktu muncul perintah update software, maka segera lakukan perintah tersebut. Biasanya update software ini akan membuat tampilan menjadi baru juga terdapat fitur baru yang lebih canggih.

Baca Juga : Penting! Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Download Aplikasi di Google Play Store

3. Jangan mengisi daya lewat colokan USB Komputer

Untuk mencegah baterai smartphone yang lowbat ketika menggunakan smartphone android, maka disarankan untuk membawa adapter charger asli bawaan saat membeli smartphone ketika bepergian. Hindari kebiasaan mengisi daya baterai smartphone menggunakan colokan USB komputer karena hal ini dapat merusak baterai smartphone Anda. Bahkan jika Anda asal mengisi daya pada komputer orang lain, bisa jadi data Anda juga akan berpindah pada komputer tersebut.

Baca Juga : 6 Cara Charge HP Yang Benar Agar Baterai HP Awet Serta Tidak Mudah NgeDrop

4. Jangan lupa backup

Untuk menyimpan data-data penting Anda yang disimpan dalam smartphone, maka silahkan untuk sering melakukan backup. Hal ini bertujuan agar data Anda tidak hilang jika sewaktu-waktu smartphone tersebut rusak atau hilang. Backup data bisa dilakukan pada komputer atau menggunakan Google photos atau Google Drive.

5. Jangan menyimpan semua data secara online

Kecanggihan signal internet yang saat ini memiliki kecepatan yang super cepat yaitu 4G LTE tentu membuat penyimpanan berbagai data secara online semakin mudah dan cepat. Berbagai data bisa Anda simpan mulai dari foto, audio, video hingga berbagai dokumen penting. Meskipun penyimpanan online dianggap aman, namun sebaiknya dalam menggunakan smartphone android Anda juga melakukan backup data secara offline pada hard disk eksternal atau komputer. Hal ini bertujuan untuk mencegah jika terjadi hal yang buruk dengan sistem online tersebut.

6. Jangan sembarangan menginstall aplikasi

Menggunakan smartphone android tentu membuat Anda penasaran ingin mencoba berbagai aplikasi. Saat ini tersedia banyak aplikasi di Google Play Store untuk memanjakan para pengguna smartphone. Akan tetapi tidak semua aplikasi tersebut aman diinstall pada smartphone Anda. Pastikan Anda menginstall aplikasi hanya yang berasal dari Google Play Store. Karena jika aplikasi tersebut berasal dari luar Google Play Store dikhawatirkan akan membuat smartphone Anda terserang malware yang berbahaya. Oleh karena itu, saat penting bagi Anda ketika menggunakan smartphone android menjadi pengguna yang bijak dan cerdas.

Baca Juga : Jangan Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

Itulah penjelasan mengenai 6 hal yang sebaiknya jangan dilakukan di smartphone android. Melalui penjelasan di atas, kini Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone android sehingga smartphone akan lebih awet dan tahan lama serta dapat membantu berbagai pekerjaan Anda.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Setuju dengan artikel ini , namun ada sedikit kebimbangan dengan point nomor 6, yaitu jangan menyimpan via online.

    Saya mungkin sedikit tambahkan, tergantung dari penyedia jasa cloud / penyimpanan online apa yang anda pergunakan. Saya segaia penggemar gadget sangat terbantu dengan google drive namun dengan kondisi google drive akun saya sudah menggunakan dual security.

    Jangan takut menggunakan cloud sebagai media penyimpanan karena selain efisien juga kalo anda mengamabkan dengan benar maka insyaallah akan aman

  2. saya justru malah benci poin kedua. kenapa? karena software kalo diupdate kadang malah cuman bikin berat smartfon doang. lagian juga ga perlu diupdate masih optimal aja penggunaannya. Kecuali whatsapp ya yang harus diupdate, kalo engga diupdate ga bisa dipake.,ya justru saya malah nyaranin gausah update software lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *