Home / Photoshop / Mengoptimalkan Workspace Pada Jendela Kerja Photoshop

Mengoptimalkan Workspace Pada Jendela Kerja Photoshop

Info-Menarik.NET – Pada aplikasi Adobe Photoshop, banyak sekali tools dan perintah yang terdapat didalamnya. Semakin tinggi versi yang kita gunakan, tools dan perintah pada Photoshop pun semakin berkembang. Tidak hanya untuk memberikan efek pada foto, kita juga bisa membuat desain undangan, merancang pas photo untuk dicetak, membuat animasi, sampai mengedit video. Semua bisa dilakukan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Baca Juga : Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop (Lengkap Gambar)

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Workspace dalam aplikasi Photoshop. Apa itu Workspace? Work artinya kerja sedangkan Space artinya ruang, jadi Workspace adalah ruang kerja pada jendela Photoshop.

Seringkali ketika kita menggunakan Photoshop untuk mengedit gambar, ada beberapa Panel yang tidak diperlukan pada saat itu. Misalnya ketika kita ingin memberikan efek pada foto, maka kita tidak membutuhkan Panel Characker ataupun Panel yang tidak mendukung lainnya. Yang kita butuhkan adalah Panel Layer, History, Actions dan beberapa panel pendukung lainnya. Maka, Panel yang tidak dibutuhkan bisa kita “Close” dari jendela kerja Photoshop. Karena semakin banyak Panel yang ditampilkan, akan membuat kinerja Photoshop semakin lambat, kecuali kita menggunakan RAM yang cukup.

Jadi fungsi Workspace disini adalah mengatur Panel-panel apa saja yang kita tampilkan dalam mengoperasikan Photoshop.

Menu Workspace ini posisinya berada di bagian atas Palette (kumpulan panel) pada jendela kerja Photoshop. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

Photoshop secara default menyediakan beberapa Workspace yang bisa kita gunakan, yakni Essentials, 3D, Motion, Painting, Photography dan Typography.

Ketika kita ingin bekerja menggunakan Photoshop dibidang Photografi, maka kita bisa menggunakan Workspace Photography untuk menampilkan Panel-panel apa saja yang akan kita gunakan. Jika kita ingin melukis, kita bisa menggunakan Workspace painting dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana jika kita ingin bekerja menggunakan Photoshop dalam bidang desain undangan?

Photoshop tidak menyediakan Workspace tantang desain undangan. Oleh karena itu, Photoshop memberikan kita keleluasaan untuk menciptakan Workspace sendiri. Misalnya, Saya sering menggunakan Photoshop untuk membuat Tutorial Photoshop, maka Panel-panel yang Saya perlukan diantaranya adalah Panel Navigator, Character, Layer, History dan Actions. Sobat bisa melihat tampilan Workspace Saya pada gambar dibawah ini.

Untuk itu kita bisa menyimpan Workspace ini dengan cara tampilkan terlebih dahulu Panel-panel apa saja yang kita gunakan dan sembunyikan (Close) Panel yang tidak kita gunakan. Lalu pilih Opsi New Workspace… perhatikan gambar dibawah ini.

Maka akan muncul kotak dialog New Workspace, lalu kita masukkan nama untuk Workspace tersebut.

Setelah itu klik Save. Kita telah membuat Workspace sendiri, bisa kita cek pada menu Select Workspace.

Demikianlah tips dari Saya untuk mengoptimalkan kinerja kita dalam menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Dengan adanya keleluasaan dalam membuat Workspace ini, kita bisa menyusun Panel-panel yang kita gunakan sesuai dengan kubutuhan kita tanpa harus menyusunnya secara berulang-ulang. Semoga Bermanfaat..!!!

Artikel ini karya penulis tamu RahmanBatopie,M.Gs seorang blogger muda dengan sejuta inspirasi. Penulis adalah pemilik blog Tutorial Photoshop Desain yang membahas tutorial-tutorial Photoshop menarik. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. Ketika Workspace dioptimalkan lagi maka tentunya akan mempermudah proses pekerjaan projek Photoshop ya mas? Sip mas mantab idenya … :)

    • Iya Om.. tapi sayangnya di Adobe Photosohop CC 2015 kayaknya gak ada fasilitas ini… mungkin Sayanya aja yang tau dimana pengaturannya, tapi udah diotak-atik sampai sekarang blum ktemu juga…

      • Apalagi saya mas, saya lebih suka dan betah di Photoshop CS3 saja. Setiap ada update Photoshop saya hanya coba install saja setelah itu uninstall lagi. Di Photoshop CC sudah tidak fasilitas Extract ya?

        • RahmanBatopie, M.gs

          Iya nih, Saya juga bingung. Masa ada fitur yang dihilangkan… atau mungkin belum ditemukan karena letaknya yang masih tersembunyi.

          • Hanya dua jawaban itu saja mas, disembunyikan atau dihilangkan. Selebihnya kita serahkan kepada yang berwenang saja … Hahaha

  2. oya mas .. kalau untuk mengembalikan settingan photoshop ke default gimana ya ? maksudnya gini, pas edit-mengedit di photoshop kan terkadang kita merubah pengaturan entah pada layer, palette, brush juga workspace di photoshop itu sendiri tekan tombol apa ya ?
    dulu saya ingat .. tapi sekarang lupa nih! .. :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *