Home / Kesehatan / Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Berbagai persiapan dilakukan menjelang bulan Ramadhan termasuk salah satu yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh saat puasa Ramadhan nantinya.

Jangan sampai kesehatan tubuh Anda menurun saat menjalankan ibadah puasa karena bisa berdampak pada kualitas ibadah Anda. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh saat puasa agar tak mudah terserang berbagai jenis penyakit maupun tampak lesu.

Baca Juga : Masih Malas Untuk Sarapan? Yuk Sajikan Menu Sarapan Sehat Dan Lezat Ini

Saat menjalankan ibadah puasa tentu Anda pernah merasa lesu dan kurang bersemangat. Hal tersebut biasanya disebabkan karena pola makan yang salah. Bagi Anda yang sebentar lagi akan menyambut bulan Ramadhan maka sebaiknya memperhatikan tips menjaga kesehatan tubuh saat puasa berikut ini agar puasa Anda berjalan lancar dan mendatangkan banyak kebaikan untuk diri Anda.

  1. Untuk menyantap hidangan pada saat sahur, sebaiknya aturlah waktu terlebih dahulu. Usahakan Anda menyantap hidangan sahur pada akhir waktu agar Anda tetap fit di siang hari selain itu bisa memperoleh keutamaan makan sahur yang sesuai dengan sunnah Rasul.
  2. Untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa maka biasakan untuk mengkonsumsi makanan sahur dengan porsi yang normal serta jangan berlebihan. Utamakan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein serta serta yang diperoleh dari sayur dan buah. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air karena bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat menjalankan ibadah puasa.
  3. Agar tubuh semakin bugar dan tak lesu, konsumsilah susu agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi. Bila perlu minumlah suplemen atau multivitamin agar tubuh semakin bugar untuk menjalankan berbagai aktivitas meskipun sedang menjalankan puasa.
  4. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh saat puasa bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung zat gula atau yang terasa manis. Makanan yang manis justru akan membuat tubuh Anda terasa lemah saat siang hari ketika berpuasa.
  5. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh maka Anda telah berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sebelum imsak. Bila perlu minumlah air putih sebanyak tiga sampai lima gelas. Perlu Anda perhatikan, hindari mengkonsumsi kopi atau teh karena minuman ini justru akan membuat tubuh kehilangan cairan sehingga membuat Anda merasa dehidrasi.
  6. Pada saat siang hari, kurangi berada di bawah sinar matahari dalam durasi waktu yang lama.
  7. Untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa juga bisa Anda lakukan dengan beristirahat pada siang hari. Sempatkanlah untuk tidur sebentar terutama setelah shalat zuhur agar tubuh bisa kembali bugar.
  8. Apabila Anda memiliki waktu yang longger pada sore hari maka bisa Anda gunakan untuk berolahraga. Pastikan Anda memilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat namun tetap menyenangkan seperti yoga, sepeda santai dan jalan sore. Olahraga disaat puasa akan memperlancar peredaran darah serta menjaga tubuh Anda agar tetap fit.
  9. Pada saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makan yang berlebihan. Oleh karena itu Anda bisa mengkonsumsi kurma dan minuman yang manis. Minumlah air dalam jumlah yan cukup sebagai upaya untuk menggantikan cairan tubuh setelah berpuasa.
  10. Setelah menjalan solat magrib, Anda bisa menyantap hidangan utama tentunya dengan menu yang sehat serta seimbang. Menjaga kesehatan tubuh saat puasa bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi hidangan yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayur dan buah.
  11. Kurangi bila perlu hindari makanan yang berupa gorengan dan makanan pedas agar tak menggangu sistem pencernaan Anda.
  12. Untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa, sebelum tidur usahakan untuk mengkonsumsi air putih sekitar 5 gelas. Jumlah air putih tersebut bisa Anda konsumsi secara bertahap.

Itulah penjelasan mengenai tips menjaga tubuh agar tetap bugar dan tak lesu saat menjalankan puasa ramadhan. Berdasarkan tips menjaga kesehatan tubuh saat puasa diatas kini Anda tak ada alasan lagi untuk tak menjalankan ibadah puasa, karena dengan pola hidup yang tepat Anda akan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa dan dijamin tak lesu lagi.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. hehe,, sangat bermanfaat tipsnya ,, yang terpenting cukupi minum yah min biar nggak derhidrasi pastinya :D

  2. Bener banget min, makan buah-buahan segar dan minum yang cukup setelah makan sahur itu juga sudah cukup..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *