Home / Teknologi / Faktor Utama Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun Drastis

Faktor Utama Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun Drastis

Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun – Walaupun sebagian orang tidak terlalu memusingkan nilai/angka Alexa, namun bagi saya ranking yang diberikan Alexa cukup membantu. Kabarnya ranking yang diberikan Alexa terhadap blog/website tidak seakurat yang diberikan oleh Webmaster Google. Tapi bagi saya nilai yang diberikan Alexa bisa menjadikan penyemangat dalam menulis artikel. Tapi bukan berarti Alexa Rank sebagai patokan utama untuk mengetahui seberapa jauh kepopuleran suatu blog. Karena selain itu kita juga bisa menilai popularitas blog menggunakan Ahrefs atau yang lainnya lagi.

Baca Juga : Alexa Rank WEB Ranking Terbaik Dunia

Sebenarnya apa sih Alexa itu? Alexa adalah website yang bertugas mencatat trafik blog/website di seluruh dunia. Nilai yang diberikan oleh Alexa berupa angka yang diawali dengan status No Data. Setelah blog/website terdaftar di database Alexa maka penilaian akan dimulai dengan angka puluhan juta. Seiring waktu berjalan yang berpatokan pada trafik blog maka nilai Alexa akan semakin kecil. Dengan begitu jika nilai Alexa sebuah blog/website sangat ramping, maka bisa dipastikan blog tersebut bertrafik tinggi. Selanjutnya karena tugas Alexa meranking seluruh blog/website yang ada di dunia maya ini, maka Alexa sering disebut dengan Alexa Rank.

Sampai saat ini website terpopuler di dunia menurut Alexa Rank adalah mbah Google yang kemudian disusul dengan website sosmed Facebook. Adapun ranking Alexa untuk menilai sebuah blog/website dibagi menjadi dua, yaitu : ranking peringkat global dan ranking peringkat lokal.

Mungkin dengan sedikit gambaran fungsi Alexa Rank seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah bisa menjawab kenapa nilai Alexa Rank blog kita angkanya tinggi? Atau mungkin tiba-tiba Alexa Rank blog kita turun secara drastis (gendut). Faktor utamanya mungkin trafik blog kita mendadak berkurang disebabkan oleh beberapa alasan.

Kejadian tersebut sempat saya alami juga, yaitu nilai Alexa Rank blog InfoMenarik naik turun. Walaupun blog ini belum pernah mendapatkan angka Alexa cantik seperti blog-blog tetangga yang sudah populer, namun perubahan ini sempat membuat saya merasa heran juga.

Dulu InfoMenarik sempat memperoleh angka Alexa Rank 80 ribuan, tapi setelah saya pernah tidak update artikel selama 9 hari kemudian Alexa Rank blog ini terus merangkak gembrot. Sekarang Alexa Rank blog ini 114 ribu lebih untuk peringkat global, dan 1,8 ribu lebih untuk peringkat lokalnya.

Faktor-Utama-Yang-Menyebabkan-Nilai-Alexa-Rank-Turun-Drastis-0

Dari kejadian itu saya mencoba mencari tahu di internet kenapa nilai Alexa Rank blog ini selalu naik turun. Walaupun saya sudah sempat menerka itu pengaruh saya sempat tidak update artikel dalam waktu yang lama. Tapi nyatanya banyak juga blog yang update satu minggu sekali angka Alexa Ranknya sangat menawan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal pembahasan, bahwa terkadang Alexa Rank menilai sebuah blog hasilnya tidak akurat. Sangat berbeda jauh dengan hasil yang diberikan oleh Webmaster Google. Hal ini memang terbukti, walaupun angka Alexa Rank blog ini terus memburuk, tapi trafik blog ini menurut Webmaster dan bahkan menurut Ahrefs terus meningkat.

Kemungkinan faktor utama yang menyebabkan nilai Alexa Rank InfoMenarik turun penyebabnya ada 5 faktor.

Berikut 5 Faktor Kemungkinan Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun

5 Faktor berikut ini hanya kemungkinan saja berdasarkan informasi yang saya dapat dan kemudian saya rangkum.

1. Google Sedang Melakukan Update Algoritma

Google memang sangat rajin melakukan update algoritmanya. Hal ini demi untuk membersihkan setiap blog yang isinya hanya artikel copasan (plagiat) di mesin pencari. Efek Google melakukan update algoritma salah satunya bisa menimbulkan nilai Alexa Rank naik turun. Banyak blog yang sudah tidak pernah dikelola oleh pemiliknya merasakan efek angka Alexa Rank naik turun. Bahkan hal ini akan dirasakan juga oleh blog yang selalu rajin menulis artikel orisinil setiap harinya.

2. Sangat Jarang Melakukan Blogwalking

Kegiatan blogwalking ini memang sangat banyak sekali manfaatnya. Asal melakukan kegiatan blogwalking dengan cara yang benar (http://info-menarik.net/cara-blogwalking-yang-benar-untuk-meningkatkan-seo-blog/). Selain kita akan memperoleh ilmu baru dan juga kita akan mendapatkan backlink gratis serta kemungkinan trafik unik blog kita makan bertambah juga.

Saya akui akhir-akhir ini saya sangat jarang melakukan kegiatan blogwalking bahkan hampir sama sekali tidak pernah melakukannya. Semua itu terbentur dengan kesibukan aktivitas di dunia nyata.

3. Kurangnya Trafik Blog Dengan IP Address Unik

Penilaian Alexa Rank untuk meranking sebuah blog/website bukan sekedar berdasarkan trafik biasa saja. Artinya trafik yang dinilai oleh Alexa Rank adalah trafik blog yang bersumber dari IP Address unik. Kemungkinan juga blog InfoMenarik akhir-akhir ini sangat sedikit mendapatkan trafik uniknya. Artinya trafik yang didapat oleh blog ini kebanyakan hanyalah trafik yang bersumber dari IP Address yang sudah tercatat di database Alexa (trafik pelanggan).

4. Sering Melakukan Perubahan Struktur Kode Template

Bukan hanya kegiatan mengganti template saja yang menyebabkan ranking Alexa turun. Melakukan perubahan struktur kode template juga kabarnya bisa menimbulkan perankingan Alexa kacau balau. Misalnya kita melakukan perubahan yang semula template blog tidak responsive menjadi responsive, atau yang lainnya.

Melakukan perubahan struktur kode template akan menimbulkan perumusan untuk meranking blog oleh Alexa sedikit terganggu. Bahkan kualitas blog di mata mesin pencari akan menurun juga. Sistem robot mesin pencari mendeteksi seluruh konten blog berdasarkan kode-kode yang sudah tersimpan di databasenya. Jika struktur kode template sering dirubah, maka mesin robot akan lambat melakukan perayapan.

Hal ini juga sering saya lakukan demi untuk lebih mempercantik tampilan blog InfoMenarik. Walaupun kenyataannya tampilan blog ini masih tetap tidak menarik. Namun setidaknya saya bisa belajar atau mengenal dengan struktur kode template yang saya gunakan.

5. Artikel Blog InfoMenarik Tidak Berkualitas

Banyaknya artikel blog tidak menjamin nilai Alexa Rank akan langsing, begitupun sebaliknya. Kualitas artikel yang berhak menilai selain mesin pencari dan juga pengunjung blog. Banyak artikel tapi trafik rendah kemungkinan artikel blog tidak disukai pengunjung.

Seperti halnya artikel-artikel yang ditulis di blog InfoMenarik, kemungkinan banyak artikel yang tidak berkualitas juga. Faktanya nilai Alexa Rank blog ini terus membengkak.

Namun perlu diketahui juga bahwa yang terpenting hasil kita menulis bersumber dari karya-karya kita sendiri. Artikel tersebut bukan hasil mencuri secara mentah dari hasil karya orang lain. Apapun yang kita bisa maka tuangkan dalam artikel. Dan yang paling penting juga kita merasa happy dengan menulis artikel yang sedang kita buat.

Mungkin hanya itu saja beberapa faktor yang biasanya menyebabkan nilai Alexa Rank menurun secara drastis atau naik turun. Saya tidak tahu apakah 5 faktor diatas tersebut benar atau tidak. Silakan Anda koreksi lagi berdasarkan pengalaman masing-masing. Yang jelas Alexa menilai suatu blog/website berdasarkan trafik unik yang biasanya dicatat dari IP Address.

Blog sedikit artikel tapi nilai Alexa Rank sangat sexy, kemungkinan artikel yang ditulisnya sangatlah berkualitas. Sehingga walaupun jarang update namun trafik yang didapat selalu melimpah dengan modal artikel berkualitas.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

17 comments

  1. Makasih ya infonya, menarik! Saya termasuk yang gak peduli dgn Alexa selama ini, namun kadang penasaran juga liat temen2 membicarakannya hehe… Coba nanti saya ikuti step by step di artikel ini, siapa tahu berpengaruh.

  2. Ngerjain Penipu Online

    Mohon dicek tuan2,,kok alexa rank situs kami gak jelas gini ya? www.laporpolisi.com [Kemarin 109.000an sekarang 150.000an lebih],bahkan tiap jam selalu berubah angkanya.

  3. terima kasih atas informasinya. ranking alexa terkadang jadi acuan untuk melihat trafik. saya jadi tau kenapa alexa jadi naik turun. terima kasih

  4. Thanks for information, memang alexa rank menjadi salah satu web rank yang selain popular juga menilai soal laman sudah sampai dimana kualitas dan juga kuantitas yang diberikan oleh pembaca setia mereka, untuk terus memperbaiki menjadi yang terbaik, semangat

  5. Kayaknya blog saya lagi alami yang nomor 4
    AR menurun dari 342,000-an sekarang jadi 400.000-an
    Sampai kapankah hal ini akan berlangsung?

  6. artikel mengenai alexa ini sangat bagus sekali dan masuk akal,,,
    ada banyak artikel mengenai alexa,, tetapi saya tetap tertuju ke website ini sebagai pedoman,, terimakasih atas info yang saudara berikan,,,,

  7. thank infonya gan. artikelnya sangat menarik. Jadi nambah ilmu dan wawasan. pembahasannya cukup simple dan gampang dimengerti. Kalau perlu sekalian kasih solusinya gan.

  8. terima kasih informasinya, website saya sedang turun drastis nilai alexanya.
    semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

  9. George Eastman - Penemu Kodak

    Kemarin, alexa rank blog saya masih empat juta. Tapi hari ini kenapa tiba-tiba menjadi dua puluh juta lebih? Padahal saya selalu update artikel terbaru tiap hari..

  10. konon katanya untuk mendapatkan alexa rank yang langsing, butuh link dari web/blog yang meiliki alexa rank yang langsing juga, lagi sementara dicoba sih apa betul atau tidaknya, btw artikel nya menarik dan bisa dijadikan rujukan, great work admin :D (y)

  11. Terima Kasih informasinya website saya sedang mengalami penurunan Rating alexa yang drastis. Artikelnya membantu sekali

  12. ternyata butuh perjuangan dan tenaga exstra agar web/blog mendapatkan pringkat yang lebih baik.

    trimakasih untuk artikelnya sangat membantu skali bagi orang awam seperti saya ini.

  13. tadi saya baru cek yang namanya rank di alexa, ternyata hampir tiap hari ada penurunan padahal posting artikel hampir tiap hari minimal 2 artikel, tapi ya itu tadi rank nya turun terus. Akhirnya saya carai di gooling apa pnyebeb rank alexa turun terus. keluarlah blog ini dan terus saya baca, salah satunya tentang blogwalking. Saya sendiri sebelumnya nggak tahu yang namanya blogwalking dan dipenelasan, ternyata sering – sering juga ninggalin jejak di blog yang lain, padahal sebelumnya saya jarang ninggalin jejak di blog orang lain hanya sekedar baca doang.

  14. Mungkin bagi blog yang mempunyai rangking alexa yang kecil sangat berpengaruh sekali dengan terlihatnya rangking alexa turun bila tidak posting artikel atau jarang posting dikarenakan persaingan yang lebih ketat dengan blog lain.

  15. terima kasih atas artikel nya mas, sedang parah sekali alexa saya

    semoga bisa memotivasi diri saya sendiri

  16. Terimakasih untuk infonya gan. Saya juga mengalami seperti ini. sudah kecil pula alexa rank nya, eh malah turun. makin kecil aja nilai nya ni :-)

  17. mantap gan, web site ane juga mengalami penurunan drastis dari 11 ribu peringkat indonesia menjadi 36 ribu lebih. kuningi web site kami ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *