Home / WordPress / Merubah Halaman Error 404 Menjadi Popular Post dan Random Post

Merubah Halaman Error 404 Menjadi Popular Post dan Random Post

Merubah Halaman Error 404 Menjadi Popular Post dan Random Post – Tampilan halaman error 404 defaultnya adalah menyajikan informasi kurang menarik. Biasanya yang tampil adalah sebuah informasi bahwa halaman atau artikel yang dicari tidak ditemukan (Page Not Found). Pengunjung yang tersesat ke halaman error 404 adalah pengunjung yang telah mengetikkan pencarian berdasarkan kata kunci salah di blog yang dicarinya. Jika pengunjung masuk ke halaman error 404, maka pengunjung akan langsung kabur dari blog tersebut. Alasannya karena kecewa bahwa artikel yang dicarinya ternyata tidak ditemukan. Sangat disayangkan jika hal itu terjadi. Karena tentunya hal ini akan mengurangi jumlah traffik pengunjung blog dalam perharinya.

Baca Juga : Merubah Kolom Email Komentar WordPress Menjadi Optional

Sebagai pengelola blog yang bijak dan memang kita tidak akan mampu menyajikan artikel yang benar-benar lengkap mewakili seluruh materi yang ada, maka sebaiknya halaman error 404 tersebut kita rubah tampilannya. Kita buat halaman error 404 menjadi informasi yang sekiranya lebih bermanfa’at lagi bagi pengunjung. Misalnya, kita tampilkan halaman error 404 tersebut dengan tulisan-tulisan populer (popular post) atau dengan tulisan artikel blog secara acak (random post). Maka dengan begitu jika ada pengunjung blog yang masuk ke halaman error 404, kemungkinan dia tidak akan cepat-cepat kabur. Diharapkan sebelum pengunjung pergi, dia akan membaca dulu deretan artikel yang kita tampilkan baik popular post atau random post.

Selain merubah halaman error 404 menjadi popular post dan random post, kita bisa saja merubahnya dengan tampilan lainnya. Misalnya kita rubah menjadi halaman daftar isi blog, atau kita rubah menjadi halaman redirect atau halaman pengalihan. Halaman redirect ini artinya kita modifikasi lagi halaman error 404 menjadi halaman pengalihan ke halaman yang sekiranya kita anggap lebih bermanfa’at bagi pengunjung. Misalnya kita alihkan halaman error 404 menjadi ke halaman homepage atau halaman lainnya.

Inilah Cara Merubah Halaman Error 404 Menjadi Daftar Tulisan Populer (Popular Post)

Tutorial ini khusus bagi Anda pengguna CMS WordPress saja. Dan tentunya WordPress yang kita pakai adalah WordPress hosting sendiri bukan WordPress.com. Kemudian untuk menampilkan daftar tulisan populer blog yang kita kelola di halaman error 404 adalah kita hanya membutuhkan kode seperti berikut ini :

<h3>Popular Posts</h3>
<div class="popular_post">
<ul>
<?php $result = $wpdb->get_results("SELECT comment_count,ID,post_title FROM $wpdb->posts ORDER BY comment_count DESC LIMIT 0 , 10");
foreach ($result as $post) {
setup_postdata($post);
$postid = $post->ID;
$title = $post->post_title;
$commentcount = $post->comment_count;
if ($commentcount != 0) { ?>
<li><a href="<?php echo get_permalink($postid); ?>" title="<?php echo $title ?>">
<?php echo $title ?></a></li>
<?php } } ?>
</ul>
</div>

Sisipkan kode tersebut di dalam file 404.php tema yang Anda gunakan. Letakkan di bawah kode </header> yang berada di dalam file 404.php Untuk masuk ke dalam file 404.php bisa melalui cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress.

Kode untuk menampilkan popular post diatas saya setting hanya sampai 10 artikel saja yang ditampilkan. Jika Anda ingin merubahnya, tinggal menyesuaikan saja pada DESC LIMIT 0 , 10

Agar tampilan tulisan populer atau popular post lebih menarik lagi, silakan Anda tambahkan style sesuai dengan selera. Contoh disini saya menggunakan style seperti ini :

/*-[ Popular Post ]-------------------*/
.popular_post a{
display:block;
-webkit-transition: all 0.100s ease-out;
}
.popular_post li a:hover{
background: #555556;
color: #ffffff;
text-decoration: none;
padding-left: 10px;
}

Sisipkan kode tersebut di dalam file style.css tema yang digunakan.

Berikut Cara Merubah Halaman Error 404 Menjadi Daftar Tulisan Acak (Random Post)

Untuk menampilkan halaman error 404 menjadi daftar tulisan atau artikel secara acak (random post) intinya masih sama dengan cara diatas. Bedanya terletak pada kodenya saja. Sedangkan kode untuk menampilkan tulisan acak atau random post adalah sebagai berikut :

<h3>Random Post</h3>
<div class="random_post">
<ul>
<?php
$rand_posts = get_posts('numberposts=10&orderby=rand');
foreach( $rand_posts as $post ) : ?>
<li><a href="<?php the_permalink(); ?>"><?php the_title(); ?></a></li>
<?php endforeach; ?>
</ul>
</div>

Simpan kode tersebut di dalam file 404.php tema yang digunakan. Untuk menyesuaikan jumlah artikel random post yang ditampilkan, Anda rubah pada kode numberposts=10

Kemudian agar tampilan random post lebih menarik, Anda modifikasi lagi stylenya. Kira-kira nanti hasilnya akan seperti ini :

Merubah Halaman Error 404 Menjadi Popular Post dan Random Post 2

Mungkin hanya itu saja tulisan cara merubah tampilan halaman error 404 menjadi popular post dan random post. Semoga bermanfa’at dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. taufik maulana

    selama ini 404 ane memang sepi alias ga ada menu nya, thanks tips nya.. mas kalau error page letakin adsense boleh ga?

    • Sebaiknya sebelum daftar AdSense usahakan webnya tidak sedang perbaikan dan tidak ditemukan link-link bermasalah (broken link/error page). Baik link yang terdapat didalam artikel, maupun link yang terdapat dikomentar.

  2. rahmanbatopie

    Terimakasi atas ilmunya Pak, Saya ingin bertanya:
    Kalau untuk menampilkan artikel random tapi berdasarkan kategori bagaimana caranya Pak?

    • Random post per-kategori ya mas? Ok mas saya akan coba menggunakan jurus ATM dulu dan nanti kalau sukses akan saya share di blog ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *