Home / Kesehatan / 7 Mitos Kesehatan Yang Tidak Perlu Dipusingkan, Karena Palsu!

7 Mitos Kesehatan Yang Tidak Perlu Dipusingkan, Karena Palsu!

InfoMenarik.NET – Bukankah kesehatan adalah aset seumur hidup? Maka karenanya kita selalu mencari tahu tentang gejala penyakit : makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, minuman yang sehat dan tidak sehat, kombinasi bahan makanan yang berbahaya, cara menyembuhkan penyakit secara alami dengan metode tradisional, cara mengenali gejala penyakit, dan bahaya mengonsumsi suatu produk atau bahan makanan dan minuman. Sampai-sampai kita berkesimpulan bahwa ternyata semua yang kita konsumsi selama ini beracun. Sedangkan kita ingin hidup sehat dan panjang umur. Akhirnya kita selalu takut dan perhitungan setiap kali mau makan-minum, kuatir tidak bisa panjang umur dan penyakitan.

Baca Juga : Tubuh Kekurangan Vitamin C Dapat Menyebabkan Gatal Di Badan

Padahal, bukankah kita justru akan sakit kalau tidak makan atau minum sama sekali? Bukankah sakit dan kematian itu adalah keniscayaan? Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang kita berhenti terlalu mengkuatirkan hal-hal yang tidak perlu, apalagi peringatan dan mitos makanan-minuman yang sebenarnya tidak benar.

7 Mitos Kesehatan yang Tidak Perlu Dipusingkan, Karena Palsu

Berikut 7 Mitos Kesehatan Yang Tidak Perlu Dipercaya, Karena Bohong!

1. Kita boleh makan makanan bebas lemak sebanyaknya

Ketika perusahaan snack memproduksi snack bebas lemak, mereka menggunakan tambahan gula untuk menjaga rasa yang enak. Terlalu sering makan cemilan tersebut malah bisa meningkatkan gula darah. Sebaiknya Anda tetap makan cemilan berlemak, tapi dengan porsi yang sedikit dan pilih lemak yang baik. Atau seimbangkan dengan minum air mineral dan buah.

2. Microwave merusak gizi dalam makanan

Vani Hari, seorang influencer di bidang gizi dan makanan pernah membuat pernyataan bahwa microwave bisa merusak kandungan gizi pada makanan dan berbahaya bagi kesehatan. Hal ini karena radiasi yang ditimbulkannya bisa merusak DNA dan menghilangkan gizi. Nyatanya, hal ini salah karena microwave menggunakan radiasi berfrekuensi rendah yang sudah diuji dan terbukti aman. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

3. Susu mentah paling baik untuk kesehatan

Dulu, memang susu menjadi bagian penting dalam slogan 4 Sehat 5 Sempurna. Susu bisa menyempurnakan kebutuhan nutrisi harian kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan mentah sangat baik untuk kesehatan, karena kandungan gizinya terjaga, terutama susu mentah. Padahal, susu mentah yang tidak diproses dan mengalami pasteurisasi mengandung banyak bakteri salmonella, E. coli, dan listeria yang bisa memicu berbagai penyakit. Mereka yang daya tahan tubuhnya rendah bisa sangat rentan terserang bakteri ini.

4. Lemak membuat tubuh gemuk

Kelihatannya masuk akal, bukan? Padahal sebenarnya tidak benar. Lemak adalah kebutuhan dasar tubuh manusia agar bisa sehat. Yang perlu dilakukan bukan menghilangkan konsumsi lemak sama sekali, tetapi memilih lemak yang baik dan sehat. Buah alpukat adalah salah satu makanan yang mengandung banyak sekali lemak, tapi sangat sehat untuk dikonsumsi, terutama untuk jantung dan kulit kita.

5. Wanita hamil tidak boleh melakukan tes darah

Para dokter menyarankan bahwa wanita hamil sebaiknya melakukan screening test untuk mengetahui potensi diabetes yang dimiliki, ketika kandungan berusia sekitar 24-28 minggu. Tes ini dilakukan dengan cara meminum cairan manis tertentu yang disediakan. Seorang pakar kemudian mengklaim bahwa essential sugar water yang digunakan merupakan minuman yang berbahaya dan mengandung pewarna. Hal ini kemudian dibantah dengan fakta bahwa minuman ini hanya dikonsumsi sekali untuk mengetahui seberapa jauh tubuh ibu hamil tersebut mampu menoleransi glukosa. Justru akan sangat berbahaya jika wanita hamil tidak melakukan tes ini.

6. Karbohidrat bisa membuat tubuh gemuk

Bukan karbohidrat yang membuat tubuh kita gemuk, melainkan porsi makan yang melebihi kebutuhan dan tidak diimbangi dengan olahraga. Jadi sebenarnya Anda tidak perlu membeli nutrisi pelangsing dan tidak mengonsumsi karbo sama sekali, karena malah akan membuat tubuh kekurangan sumber energi.

7. Sayur dan buah harus dijus terlebih dahulu

Banyak selebritis memperlihatkan hasil dietnya dan menyarankan agar buah dan sayur dijus jadi satu untuk mengambil sari-sari gizinya. Padahal makanan yang diblender akan melepaskan kandungan gula yang cukup banyak dan tidak bagus untuk kesehatan gigi dan pinggang.

Banyak sekali artikel dan hasil penelitian yang akhirnya membuat kita bingung dan takut mengonsumsi apapun. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para ahli gizi dan konsultan diet, untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat. Lakukan tes kesehatan dan tes darah untuk mengetahui makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, serta takaran yang tepat. Saat ini Anda bisa membeli alat-alat kesehatan dengan mudah di berbagai toko online yang bisa Anda lihat promonya di situs ShopBack. Jadi tidak perlu mondar-mandir ke klinik berkali-kali, kan? Kalau bisa hidup sehat dan praktis, kenapa memilih sakit? Yuk, jaga pola hidup sehat dari sekarang.

Artikel ini karya penulis tamu Irvan Sanjaya Freelance Writer & Kontributor di ShopBack Indonesia. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Menurut aku bagaimana dengan insting kita dapat menyeimbangkan semua jenis kebutuhan tubuh antara lauk, sayur, karbohidart dan mineral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *