Home / Pendidikan / Guru Madrasah PegID Tidak Galau Lagi Setelah Adanya NPK Pengganti NUPTK

Guru Madrasah PegID Tidak Galau Lagi Setelah Adanya NPK Pengganti NUPTK

NPK Pengganti NUPTK Guru Madrasah PegID – Kini guru madrasah tidak perlu galau lagi. Khususnya guru madrasah yang sampai saat ini belum memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Karena setelah ditutupnya sistem layanan online PTK PADAMU NEGERI kemudian diganti dengan aplikasi layanan SIMPATIKA (khusus Kemenag) maka diterbitkanlah NPK. Apa itu NPK dan apa fungsi NPK ini? Yang jelas jawaban singkatnya adalah NPK sebagai pengganti NUPTK khusus bagi guru Madrasah. Jika ingin tahu pengertian lebih luas lagi tentang NPK, silakan Anda simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Mekanisme Penerbitan dan Penonaktifan NUPTK Terbaru Tahun 2016

Kini guru madrasah tidak perlu mondar-mandir lagi ke Kemdikbud untuk mengajukan NUPTK baru. Kebijakan baru khusus bagi guru madrasah atau guru di bawah naungan Kemenag telah menghadirkan NPK. Adapun fungsi dan kegunaan NPK ini masih sama persis dengan NUPTK. Tentunya jika yang mengelolanya langsung pihak Kemenag, maka ketika guru madrasah mengajukan untuk kepemilikan NPK tidak akan sesulit dan serumit ketika masih dikelola Kemdikbud (NUPTK).

NPK Pengganti NUPTK Guru Madrasah PegID 0

Guru madrasah seperti guru Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan seterusnya tidak perlu galau lagi memikirkan NUPTK. Khusus bagi guru madrasah proses serta tahapan untuk mendapatkan NPK sangat mudah. Bahkan untuk guru madrasah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan guru honorer yang sebelumnya sudah memiliki NUPTK maka NPK ini akan otomatis muncul di SIMPATIKA tanpa harus melalui pengajuan.

Terobosan baru Dirjen Pendidikan Islam ini patut kita beri acungan jempol. Tindakan ini sebagai bukti kepedulian Dirjen Pendidikan Islam terhadap guru madrasah yang awalnya begitu sulit untuk mendapatkan Nomor Unik atau NUPTK. Dan untuk melewati birokrasi ini tentunya tidak mudah.

Jika ada yang masih bingung apa itu NPK, NPK adalah Nomor Pendidik Kemenag yang berfungsi sebagai nomor khusus atau kode unik khusus diberikan kepada guru madrasah dibawah naungan Kemenag.

Guru Madrasah Kenapa Harus Galau, Jika Sudah Memiliki NPK Pengganti NUPTK

Tujuan diterbitkannya NPK adalah demi mendukung program pengembangan mutu pendidik khusus Satminkal Kementerian Agama (Kemenag). Kode identitas khusus pendidik Kemenag ini menggunakan format numerik hanya 13 digit angka saja. Berbeda dengan nomor unik NUPTK yaitu memiliki 16 angka.

Apakah NPK bisa diajukan sebagai syarat guru madrasah untuk calon peserta sertifikasi? Jawabannya tentu saja! Seperti yang sudah dijelaskan diatas, apapun tujuan dan fungsi NPK ini masih sama persis dengan kegunaan NUPTK. Bahkan jika kedepannya guru madrasah bersikukuh ingin memiliki NUPTK layaknya guru kemdikbud, maka NPK tersebut bisa diajukan sebagai syarat kepemilikian NUPTK. Namun bagi saya untuk apa jika memang kegunaan NPK masih sama dengan NUPTK. Hanya akan bikin jengkel saja!

Jika sudah benar-benar difungsikan maka NPK bisa digunakan untuk program-program dalam peningkatan mutu pendidik seperti kegiatan PPG (Pendidikan Profesi Guru). Bahkan bukan hanya itu saja, NPK bisa kita jadikan untuk meningkatkan kesejahteraan guru madrasah seperti Tunjangan Fungsional (TF) dan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana caranya untuk mengetahui Nomor Pendidik Kemenag (NPK) kita sendiri? Caranya sangatlah mudah, Anda tinggal login di aplikasi layanan SIMPATIKA Kemenag. Nanti Anda akan bisa melihat NPK Anda sendiri bagi yang sebelumnya sudah memiliki NUPTK.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap

NPK Pengganti NUPTK Guru Madrasah PegID 1

Atau bisa juga jika Anda sudah login di SIMPATIKA, Anda klik pilih menu Diklat dan Sertifikasi kemudian Fungsi & Jabatan.

NPK Pengganti NUPTK Guru Madrasah PegID 2

Kemudian bagaimana jika guru madrasah yang sebelumnya hanya mempunyai PegID sebagai pengganti NUPTK sementara? Untuk guru madrasah PegID saat ini NPK tidak muncul secara otomatis. Namun ada syarat-syarat khusus lagi agar guru madrasah PegID mendapatkan NPK. Walaupun sebenarnya guru madrasah PegID juga sama akan muncul otomatis di SIMPATIKA jika syarat berikut sudah terpenuhi. Apa syarat-syaratnya?

  1. Guru madrasah pemilik PegID harus berkualifikasi pendidikan minimal D4 atau S1;
  2. Guru madrasah tersebut harus sudah memiliki masa bakti mengajar atau satminkal di madrasah naungan Kemenag sekurang-kurangnya 2 tahun;
  3. Guru yang bersangkutan harus aktif mengajar di madrasah sekurang-kurangnya 4 semester secara berututan. Keaktifan 4 semester ini dihitung dari Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016 kebelakang. Semua itu telah tercatat permanen pada aplikasi layanan SIMPATIKA serta dibuktikan dengan adanya ajuan S25a yang telah disetujui oleh Admin Kabupaten/Kota.

Jika 3 persyaratan diatas saat ini sudah terpenuhi, maka bagi guru madrasah pemilik PegID juga akan otomatis mendapatkan NPK. Silakan untuk mengeceknya, Anda bisa langsung login di aplikasi layanan SIMPATIKA menggunakan User dan Password PTK masing-masing.

Baca Juga : Cara Daftar PTK Baru Di Simpatika Untuk Mendapatkan PegID

Semoga dengan hadirnya Nomor Pendidik Kemenag (PTK) sebagai pengganti NUPTK ini madrasah bisa lebih maju lagi dan dapat bersaing sehat dengan sekolah-sekolah sederajat lainnya. Mungkin untuk sementara keterangan tentang informasi NPK Pengganti NUPTK Khusus Guru Madrasah Kemenag ini dicukupkan sekian saja. Sampai bertemu lagi diartikel seputar pembahasan NPK lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *