Home / Kesehatan / 5 Pantangan Bagi Wanita Nifas – Nasehat Nenek Itu Emas Khusus Bagi Kaum Hawa

5 Pantangan Bagi Wanita Nifas – Nasehat Nenek Itu Emas Khusus Bagi Kaum Hawa

5 Pantangan Bagi Wanita Nifas – Melahirkan adalah impian setiap wanita. Melahirkan juga merupakan kodrat setiap wanita. Maka dari itulah wanita disebut sebagai sumber adanya kehidupan baru. Dalam aturan Jawa, ada pantangan-pantangan untuk wanita nifas atau usai melahirkan yang harus dipatuhi.

Pantangan Untuk Wanita Nifas Serta Kodratnya

Ketika seorang wanita dinyatakan positif hamil, maka kegembiraan tidak akan bisa diungkapkan lagi. Perasaan bahagia yang sangat luar biasa, karena akan ada manusia kecil nan lucu hadir di dunia melalui rahimnya. Pastinya kamu, para wanita, sangat menginginkan kehadirannya. Wajahnya yang lucu akan menjadi duplikat antara parasmu dan suamimu. Sungguh sangat membahagiakan.

Baca Juga : Penjelasan Apa Itu Keputihan Dan Bagaimana Cara Mengatasinya Yang Benar?

Selama 9 bulan sepuluh hari kamu akan mengandung buah hatimu. Banyak hal yang akan kamu rasakan sebagai bukti bahwa kenikmatan menjadi seorang ibu adalah anugerah yang sangat luar biasa. Maka dari itu kamu akan selalu berusaha menjaga kehamilan dengan sebaik mungkin supaya buah hatimu lahir dengan sehat.

Setelah melahirkan, wanita akan mengalami masa yang dinamakan masa nifas. Selama 3 bulan lamanya, kamu akan diatur oleh beberapa peraturan dari ibu dan nenekmu. Ibumu adalah contoh nyata dari wanita hebat yang juga sampai kini menjadi wanita emas dalam keluargamu, karena semasa nifasny juga mendapatkan aturan ketat dari nenekmu. Nenekmu juga merupakan wanita hebat yang akan membantumu menjadi wanita emas seperti ibumu. Maka dari itu, semasa nifas, selalu ikuti pantangan-pantangan untuk wanita nifas yang disarankan oleh dua wanita hebat itu.

5 Pantangan Untuk Wanita Nifas Dari Ibumu

Adapun beberapa pantangan untuk wanita nifas yang harus kamu patuhi. Karena aturan tersebut adalah untuk kebaikanmu juga. Ketika usai melahirkan, tubuh wanita tidak akan kencang dan menarik seperti dulu. Maka dari itulah, ibumu akan membantumu untuk mendapatkan penampilan yang cantik lagi. Sehingga suamimu tidak akan kehilangan kepuasannya atas layananmu.

Bayangkan saja, ketika masih perawan, tubuhmu masih sangat menarik. Kamu bisa memakai baju dengan model apapun dan pastinya dengan ukuran baju yang kecil,seperti ukuran M atau L. namun setelah melahirkan, badanmu akan melar. Perutmu yang awalnya langsing menjadi berlemak dan besar. Apalagi akan banyak garis-garis halus di perutmu usai melahirkan. Maka dari itu, penampilanmu akan berubah 360 derajat. Kamu tidak lagi bisa memakai baju dengan ukuran kecil. Bahkan kalau tidak XL, baju yang kamu pakai tidak akan muat untuk tubuhmu. Berikut adalah 8 pantangan untuk wanita nifas kata ibu yang harus kamu patuhi.

1. Pantang makan makanan pedas

Kewajiban wanita nifas adalah menyusui. Bayi masih belum makan apa-apa selain ASI, maka dari itu, kamu harus menjaga asupan makananmu. Jangan makan makanan yang pedas, karena akan menyebabkan bayimu mengalami masalah pencernaan. Seperti mencret atau diare. Ikuti apa kata ibumu untuk makan nasi dengan kerupuk saja, kata orang Jawa, atau makan nasi dengan urap tanpa bumbu.

2. Tidur dengan duduk

Posisi tidur duduk adalah posisi yang harus dilakukan oleh wanita nifas. Ibu akan cerewet untuk menyuruh kamu duduk ketika tidur. Bahkan kebiasaan orang Jawa adalah mempersiapkan dipan untuk tidur. Kemudian di sisi kirinya akan ada tempat duduk yang sudah dipasangi kayu di depannya. Ukurannya pun sudah disesuaikan dengan ukuranmu ketika duduk. Dari segi kesehatan, wanita nifas sedang kelebihan darah putih. Jika posisi tidurnya berbaring akan dikhawatirkan naik ke mata. Sehingga sepanjang hidup harus berkaca mata.

3. Tidak boleh tidur siang

Pantangan untuk wanita nifas yang satu ini harus dilakukan. Walaupun sedang sangat mengantung, kamu tidak boleh tidur siang. Sangat dilarang, karena wanita yang nifas memiliki kandungan garam yang sangat banyak di dalam tubuh. Jika digunakan untuk tidur terlalu lama, akan membuat elemen garam-garam tersebut  mengendap.

4. Tidak boleh bepergian kemana-mana selama 40 hari

Kamu harus diam di rumah. Mengurus bayimu dan memakai kemben serta korset. Jangan lupa juga untuk memasang gunting dan peniti di bajumu. Ini diyakini bahwa wanita nifas sedang diincar oleh kuntilanak, kata nenek.

5. Tidak berhubungan dengan suami

Selama 40 hari lamanya atau bahkan ada yang sampai 3 bulan, kamu tidak boleh tidur dengan suamimu. Ini dilakukan untuk kebaikanmu. Selain itu, juga untuk mengembalikan kondisi alat vital usai melahirkan. Padahal ketika itu, suamimu akan sangat tergoda denganmu. Wanita nifas akan jauh lebih cantik dari biasanya.

Pantangan-pantangan untuk wanita nifas harus dilakukan dengan baik. Ikuti saran ibumu, karena sarannya adalah untuk kesehatanmu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *