Home / Kesehatan / Ketahui Bahwa Warna-warna Di Lidah Ini Menandakan Suatu Penyakit Loh!

Ketahui Bahwa Warna-warna Di Lidah Ini Menandakan Suatu Penyakit Loh!

Penyakit Berdasarkan Warna Lidah – Apakah Anda pernah pergi ke rumah sakit kemudian dokter meminta Anda untuk menjulurkan lidah? Siapa sangka, ternyata warna dari lidah ini bisa menjadi salah satu tanda atau indikator kesehatan ataupun penyakit. Begitu juga yang dilakukan oleh seorang dokter tersebut dengan mengecek warna lidah untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang atau bahkan mengetahui penyakit berdasarkan warna lidah.

Deteksi Penyakit Dari Warna Di Lidah

Lidah adalah gabungan dari otot-otot yang memiliki banyak pembuluh darah. Tak salah apabila terdapat perubahan warna, tekstur, ataupun kelembaban pada lidah bisa menjadi salah satu tanda bahwa kesehatan dalam tubuh kita sedang ada masalah. Sehingga lidah ini juga menjadi salah satu organ yang bisa digunakan untuk pendeteksi penyakit berdasarkan warna lidah.

Baca Juga : 10 Manfaat Lidah Buaya Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Perlu diketahui bahwa lidah merupakan organ yang memiliki banyak fungsi bagi seseorang. Selain sebagai indera perasa lidah juga berfungsi untuk membantu mencerna makanan, mengunyah dan juga menelan. Lidah pada orang yang normal memiliki warna kemerahan atau merah muda. Akan tetapi warna pada lidah bisa saja mengalami perubahan. Oleh karena itu seharusnya kita sangat menjaga betul kesehatan tubuh kita begitupun dengan lidah.

Mungkin beberapa dari Anda tidak terpikirkan akan menilai suatu penyakit berdasarkan warna lidah. Atau bahkan Anda menganggap perubahan warna yang terjadi pada lidah merupakan hal yang wajar saja dan tidak ada kekhawatiran. Akan tetapi siapa sangka bahwa warna yang berubah itu adalah tanda tidak normal karena warna yang berubah itulah yang menjadi pertanda adanya penyakit berdasarkan warna lidah.

Apabila seseorang tidak terdeteksi mengidap suatu penyakit, maka lidah orang tersebut akan menunjukkan warna merah muda. Akan tetapi ada juga orang yang memiliki lidah dengan warna yang lain seperti biru, ungu, merah, putih, ataupun yang lainnya. Dengan begitu seseorang bisa saja terkena penyakit berdasarkan warna lidah.

Mengetahui Penyakit Berdasarkan Warna Lidah

Perlu diketahui menjaga kondisi tubuh juga akan berpengaruh pada warna lidah. Jadi ada baiknya jika kita senantiasa menjaga kesehatan tubuh sehingga selalu dalam keadaan sehat begitu pula dengan lidah kita. Berikut ini ada beberapa warna dari lidah yang berarti mengindikasikan suatu penyakit berdasarkan warna lidah. Ada baiknya anda mengetahuinya terlebih dahulu.

1. Warna putih

Apabila keadaan lidah yang normal itu memiliki warna yang cenderung merah muda. Maka, akan berbeda keadaannya apabila lidah anda memiliki warna putih atau pucat. Keadaan lidah yang berwarna putih ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang dilanda kesehatan yang buruk. Seperti saat Anda menderita gejala flu, tifus bahkan terdapat masalah pada pencernaan Anda. Selain itu apabila lidah Anda memiliki warna putih yang tipis bisa saja Anda sedang mengalami anemia atau darah rendah.

2. Warna merah

Keadaan dimana lidah Anda berubah menjadi warna merah, maka bisa menjadi salah satu tanda adanya suatu penyakit berdasarkan warna lidah. Anda harus memperhatikannya baik-baik. Apabila terdapat lidah berwarna merah di sekitar kanan dan kiri pada ujungnya, maka bisa menandakan adanya masalah dengan empedu, ataupun ginjal Anda yang menandakan bahwa kondisinya kurang sehat.

3. Warna kuning

Apabila Anda pernah menjumpai lidah yang berwarna kekuningan, maka jangan khawatir terlebih dahulu. Anda bisa mengabaikan kondisi lidah yang seperti ini. hal ini dikarenakan warna kuning pada lidah disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyebab lainnya juga dikarenakan pengonsumsian alkohol yang terlalu sering. Akibat merokok, memakan makanan pedas dan stres juga bisa memicu lidah Anda berubah menjadi warna kuning.

4. Warna kebiruan

Apabila Anda memiliki lidah yang berwarna kebiruan, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kondisi dalam tubuh Anda kurang baik. Warna ungu mengindikasikan bahwa darah menjadi dingin dan tubuh Anda berada dalam situasi yang bisa saja sangat parah.

5. Warna keunguan

Terakhir apabila Anda menjumpai lidah yang berwarna ungu, maka itu berarti bahwa darah dalam tubuh Anda mengalir dengan tidak lancar. Atau bisa juga menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami demam. Namun apabila keseluruhan lidah Anda berubah menjadi keunguan, maka dapat dipastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan panas tinggi

Itulah beberapa penyakit berdasarkan warna lidah. Maka, jangan sampai Anda mengabaikan kondisi tubuh Anda dalam kondisi yang tidak baik sekalipun itu kondisi lidah Anda sendiri.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Terimak kasih mas infonya sangat menarik sekali, dengan informasi ini saya semakin tahu apa saja yang mesti saya lakukan ketika mengetahui warna lidah saya dan keluraga saya jika ada perubahan.trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *