Home / Kesehatan / Penyebab Asam Urat Dan Cara Mengatasinya Yang Wajib Kamu Tahu

Penyebab Asam Urat Dan Cara Mengatasinya Yang Wajib Kamu Tahu

Penyebab Asam Urat Dan Cara Mengatasinya – Penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi dikarenakan ginjal tidak dapat mengeluarkan zat asam urat dengan baik. Sehingga mengakibatkan penumpukan zat asam pada sendi yang berbentuk kristal-kristal.

Baca Juga : Nyeri Pinggang Tak Kunjung Sembuh? Lakukan 7 Langkah Mujarab Berikut

Seseorang yang mempunyai penyakit asam urat ini akan merasakan nyeri, meradang dan membengkak pada sendi. Penyebab asam urat dan cara mengatasinya tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Penanganan yang dilakukan juga harus sesuai dengan penyebab dan gejala yang muncul, ya.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat juga bisa disebabkan dari oleh faktor makanan yang dapat menjadikan naiknya kadar asam urat. Misalnya sering mengkonsumsi seafood, kacang-kacangan, jeroan (ginjal, hati, jantung), daging merah (sapi, kambing, kerbau), hidangan laut dan jenis makanan yang manis.

Selain itu juga bagi seseorang yang sedang mengalami pengobatan menggunakan obat-obat jenis tertentu. Contohnya, niacin, aspirin, obat penghambat beta, sislosporin, diuretik, dan obat-obat kemoterapi. Faktor keturunan juga termasuk menjadi pemicu munculnya penyakit asam urat, lho. Bagi kamu yang mempunyai keturunan keluarga yang berpenyakit asam urat maka kamu bisa juga mengalaminya.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Ada berbagai cara mengatasi penyakit asam urat dengan bahan alami. Kamu bisa melakukannya dengan  mudah tentunya. Cara mengatasi penyakit asam urat dengan ramuan tradisional, ini dia diantaranya :

1. Konsumsi Buah Cerry

Buah cerry merupakan buah yang sangat banyak manfaatnya, lho. Selain untuk kesehatan kebugaran tubuh, cerry juga dapat mengobati penyakit asam urat bagi tubuh kamu. Buah cerry mengandung asam yang tinggi sehingga dapat mengimbangi kadar asam urat yang ada pada darah maupun urine. Selain itu juga terdapat mineral kalium dan nutrisi yang dapat membantu meringankan nyeri pada sendi.

2. Jahe

Ada berbagai penyebab asam urat dan cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan tanpa harus dengan meminum obat, lho. Cara mengatasi penyakit asam urat selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi jahe. Kandungan yang ada pada jahe dapat mengurangi rasa nyeri sendi dan juga dapat membersihkan purin. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu merebus jahe dengan air hingga matang. Setelah itu minum air dari rebusan jahe tersebut.

3. Seledri

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan asam urat yaitu dengan seledri. Caranya sangat mudah, ya. Kamu cukup hanya rebut seledri dengan air hingga matang. Setelah itu saring dan minum air tersebut. Kamu bisa lakukan ini sekali sehari, ya. Hal tersebut dikarenakan seledri mengandung klorin, asam lemak esensial, asam folat, sulfur, zeng, vit b1 dan vitamin A. Sehingga dapat mengurangi sakit asam urat yang kamu rasakan selama ini.

Baca Juga : Ternyata Manfaat Seledri Sangat Ampuh Untuk Merawat Kesehatan Rambut

4. Daun Sirsak

Daun sirsak juga bisa mengurangi penyakit asam urat, lho. Banyak orang yang masih sedikit mengetahui berbagai manfaat daun sirsak. Padahal kandungan daun sirsak tinggi akan vitamin C dan vitamin A. Vitamin A dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Cara untuk melakukan daun sirsak sebagai pengobatan asam urat itu sangat mudah. Untuk mendapatkan daun sirsak ini juga tidak sulit. Karena banyak tanaman sirsak yang tumbuh dan kamu bisa memetiknya daun yang masih muda saja, ya. Kamu siapkan saja daun sirsak yang muda lalu rebus dengan air secukupnya. Minumlah air rebusan daun sirsak ini secara rutin. Ya.

5. Teh Hijau

Cara mengatasi penyakit asam urat ini bisa dengan teh hijau, ya. Teh hijau tidak hanya dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh tapi juga dapat menurunkan penumpukan kadar asam urat. Karena teh hijau itu mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C. Sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan asam urat dan mencegah peradangan sendi. Caranya mudah sekali kamu hanya perlu rutin minum teh hijau saja. Dengan begitu akan terhindar dari penyakit asam urat. Kamu bisa lakukan cara ini dengan setiap hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Penyebab asam urat dan cara mengatasinya dari penyakit ini dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Jika kamu ingin melakukan dengan cara yang alami itu akan lebih baik. Tidak banyak efek samping yang akan muncul nantinya sehingga lebih aman.

Pengobatan dengan bahan-bahan alami juga tidak sulit, lho. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk melakukannya. Misalnya saja jahe, seledri, teh hijau dan lain sebagainya yang sangat mudah didapatkan. Kamu hanya perlu melakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal. Dan pasti perkembangan kesehatan tubuhmu akan lebih cepat pulih.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *