Home / Kesehatan / Harap Waspada 10 Penyebab Badan Menggigil Kedinginan Tengah Malam Ini

Harap Waspada 10 Penyebab Badan Menggigil Kedinginan Tengah Malam Ini

Penyebab Badan Menggigil Tengah Malam – Pernah menggigil tengah malam? Wah, harus waspada nih. Pasalnya banyak yang tidak tahu penyebabnya dan tiba-tiba menggigil saja. Faktanya penyebab menggigilnya satu orang dengan orang lain sudah pasti berbeda.

Baca Juga : 15 Penyebab Kaki Dingin Yang Harus Kamu Tahu, Penting Untuk Kesehatan!

Berikut beberapa penyebab badan menggigil tengah malam.

1. Sirkulasi Darah Yang Kurang Lancar

Sering menggigil dengan tiba-tiba bisa disebabkan karena sirkulasi darah dalam tubuh yang kurang lancar. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dalam level yang parah, kurangnya sirkulasi darah yang lancar ini dapat menyebabkan kesemutan dan bahkan mati rasa pada area tertentu seperti tangan.

2. Gangguan Dengan Hormon Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang berperan dalam memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid yang dihasilkan ini nantinya berperan sebagai pusat yang mengatur metabolisme dalam tubuh seseorang. Sehingga, jika produksi hormon tiroid rendah, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah, degup jantung, hingga suhu dalam tubuh. Ketidakstabilan pada hal-hal tersebut dapat menyebabkan badan menggigil tengah malam.

3. Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh manusia menurun. Ibarat kendaraan, di usia tua, onderdil atau organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal dengan kapasitas seperti saat tubuh masih muda. Oleh karena itu, jika kamu tidak memperhatikan kondisi tubuh untuk usia tuamu, maka tubuh akan sering menggigil terutama di malam hari. Hal ini dapat diatasi dengan sering melakukan olahraga tiap pagi hari atau setidaknya sekali seminggu.

4. Penyakit Tertentu

Jika kamu tiba-tiba menggigil dan belum pernah mengalami sebelumnya atau justru sering mengalaminya, coba kamu periksakan diri ke dokter. Sebab ada beberapa jenis penyakit yang menyebabkan kamu menggigil di tengah malam. Beberapa penyakit tertentu memberikan efek selain panas atau peradangan yaitu menggigil sebagai upaya menangkal racun dan radikal bebas yang mengendap di tubuh. Dan hal ini biasanya dapat tervalidasi melalui analisa dokter lebih lanjut.

5. Kurang Tidur

Bagi kamu yang suka begadang, yuk kurangi aktivitas ini. Kurang tidur dapat menyebabkan melambatnya metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan turunnya suhu tubuh secara drastis. Sebagai responnya, badan menggigil tengah malam. Nah, jangan sampai aktivitas tidurmu terganggu ya. Coba biasakan diri dengan membuat jadwal jam tidur dan mencoba untuk mematuhinya sebisa mungkin. Sebab jika kamu tidak memperhatikan tubuhmu, maka bukan tidak mungkin aktivitas yang lain pun dapat terganggu dan tidak berjalan seperti apa yang sudah kamu planning.

Baca Juga : 7 Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Mendengkur Keras Ketika Tidur

6. Kurang Makan

Bagi kamu yang mengurangi konsumsi makanan, apalagi diet, jangan sampai nggak makan dalam jangka waktu lama ya. Ada baiknya kamu tahu, bahwa saat tubuh tidur pun, tubuh tetap memerlukan energi loh. Kurang makan ini akhirnya dapat memperlambat kinerja metabolisme tubuh dan menyebabkan kamu menggigil di tengah malam.

7. Keracunan Makanan

Kamu pernah keracunan? Pastikan penyebab keracunan kamu ya. Salah satu yang harus diwaspadai yaitu keracunan makanan. Beberapa gejala keracunan yaitu dapat menyebabkan mual bahkan muntah. Respon lain yaitu tubuh akan menggigil sebagai bentuk pertahanan. Nah, bagi para Bunda harus hati-hati nih dengan makanan yang dimakan oleh Si Kecil. Sebab biasanya makanan yang dijual di luar sekolah cenderung kurang higienis. Sebagai solusinya, bunda dapat membuatkan bekal bagi Si Kecil agar tidak kurang makan dan tetap berprestasi tentunya.

8. Digigit Serangga

Jika kamu mau tidur upayakan untuk membersihkan tempat tidur terlebih dahulu ya. Barangkali kita tidak tahu ada semut atau serangga lain yang menempel di bantal atau kasur. Jika tidak dibersihkan, kamu bisa digigit serangga. Serangga yang beracun ini dapat membuat tubuh mengalami ruam, panas, hingga menggigil sebagai bentuk penangkalan.

9. Tubuh Yang Terlalu Kurus

Jangan salah, tak hanya perempuan yang berbadan besar alias gemuk, sebaliknya perempuan yang berbadan kurus pun juga kerap memiliki masalah. Salah satunya yaitu menggigil. Wah kok bisa ya? Bisa dong, sebab tubuh yang terlalu kurus tidak dapat menangkal udara yang terlalu dingin sehingga sel-sel tubuh tidak mampu menghangatkan tubuh. Berbeda dengan orang-orang yang bertubuh gemuk, mereka memiliki kandungan kalori yang cukup banyak sehingga mampu menghalau dingin.

10. Masa Menopause

Bagi para wanita, perlu diperhatikan juga nih masalah menopause. Menopause adalah masa dimana seorang wanita tidak aktif lagi memproduksi sel telur. Dalam artian wanita sedang dalam masa peralihan dari mensturasi menuju masa tidak aktif lagi dalam menstruasi. Peralihan ini jika tidak dibarengi kondisi tubuh yang fit dapat menyebabkan tubuh menggigil.

Nah, mulai sekarang yuk waspadai Penyebab Badan Menggigil Tengah Malam dan biasakan untuk hidup sehat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *