Home / Kesehatan / Jangan Anggap Remeh Bintik Merah Pada Kulit! Inilah Penyebabnya

Jangan Anggap Remeh Bintik Merah Pada Kulit! Inilah Penyebabnya

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit – Mungkin Anda merasa kebingungan pada saat tiba-tiba terdapat bercak merah pada kulit. Jika disertai dengan beberapa gejala antara lain rasa panas terbakar ataupun mungkin terasa pedih dan gatal. Janganlah asal dalam memberikan obat tanpa mengetahui masalah apa yang sebenarnya telah terjadi.

Baca Juga : Ini Dia Cara Ampuh Atasi Kulit Kering Secara Alami Terbukti Ampuh

Pada beberapa kasus bintik merah pada kulit hanya mengenai bagian-bagian tertentu saja dari tubuh misalnya kaki, tangan, wajah, namun bintik merah terkadang dapat muncul dimana saja. Sifat bintik merah pada kulit memiliki bermacam variasi tergantung penyebab bintik merah pada kulit tersebut.

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit

Berikut ini beberapa kondisi medis atau penyakit yang bisa menjadi penyebab munculnya bintik merah pada kulit.

1. Alergi

Kondisi paling umum yang menjadi penyebab bintik merah di kulit adalah alergi. Reaksi alergi tersebut biasanya juga akan diikuti dengan reaksi gatal-gatal. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya reaksi alergi di kulit, seperti penggunaan bahan kosmetik yang tidak sesuai, pakaian, makanan, atau karena cuaca (biasanya alergi dingin).

2. Dermatitis

Dermatitis merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan gejala kulit menjadi merah, kering, dan pada beberapa kasus menyebabkan rasa gatal. Jika dermatitis tidak ditangani dengan tepat, bisa jadi kondisi kulit akan semakin parah. Kulit akan mengalami luka melepuh dan menjadi koreng. Dermatitis bukanlah penyakit yang menular. Penyakit kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya infeksi bakteri, faktor genetis, kelainan sistem kekebalan tubuh, infeksi jamur, dan lain sebagainya.

3. Biang Keringat

Biang keringat adalah penyebab bintik merah pada kulit yang sering dialami oleh bayi atau anak-anak. Bintik merah yang disebabkan oleh biang keringat biasanya akan ditemukan di area-area kulit yang banyak mengeluarkan keringat. Selain bintik merah, biasanya beberapa gejala lainnya akan mengikuti, seperti gatal-gatal dan terasa panas.

4. Campak

Pada penyakit campak, bintik merah akan tampak pada kulit beberapa hari pada saat badan demam. Keadaan ini pun bisa menyebabkan sakit tenggorokan, demam, kelelahan dan mata berair. Campah ialah suatu infeksi virus yang bisa menyebar dengan sangat cepat. Gejala awal tampak sekitar seminggu setelah infeksi awal yaitu munculnya bintik merah pada kulit setelah sang anak demam yang pada umumnya disebabkan oleh campak jerman.

5. Gigitan Serangga

Nyamuk, semut, tungau, kutu dan serangga lain bisa menyebabkan bintik merah pada kulit sesudah digigit. Hal tersebut pun bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang bisa menyakitkan ataupun rasa gatal. Dikarenakan sangat banyaknya penyebab bintik merah pada kulit, mungkin Anda merasa kesulitan menentukan keadaan mana yang sedang Anda alami. Maka dari itu periksalah ke dokter agar bisa ditentukan diagnosis yang akurat. Sehingga bisa membantu Anda untuk mendapatkan perawatan yang memadai sesuai kondisi.

6. Rosacea

Bintik yang muncul di dahi, hidung ataupun bibi mungkin penyebabnya yaitu rosacea. Hal ini pun bisa menyebabkan benjolan yang berisi nanah yang tampak pada bawah kaki. Walaupun penyebabnya belum diketahui secara pasti, diyakini bahwa hal tersebut dipicu oleh penggunaan obat-obatan, mandi air panas, minum alkohol, paparan sinar matahari yang berlebihan, mengonsumsi makanan pedas dan juga stress.

7. Demam Berdarah

Salah satu gejala penyakit demam berdarah adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit. Penyebab utama dari bintik-bintik merah tersebut adalah akibat dari pendarahan di dalam tubuh. Pendarahan tersebut merupakan dampak dari rendahnya kadar trombosit dalam darah. Padahal trombosit memegang peranan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan juga proses pembekuan darah. Jika kekurangan trombosit, terjadinya pendarahan tidak dapat dihindarkan.

8. Kurang Menjaga Kebersihan

Kebersihan diri penting untuk dilakukan agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Salah satu dampak akibat tidak menjaga kebersihan adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit. Sebagai contoh, saat seseorang memakai pakaian yang sudah dipakai berkali-kali maka akan mudah bagi kulitnya untuk terkena iritasi. Pakaian yang kotor merupakan media paling efektif bagi kuman untuk berkembang. Jika pakaian kotor yang mengandung banyak kuman dipakai maka kuman tersebut sudah tentu akan menyebabkan kulit iritasi. Kondisi tersebut akan menyebabkan munculnya bintik merah di kulit dan disertai dengan rasa gatal.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Gatal Di Badan ~ Trik Jitu Cara Alami Tradisional

Itulah beberapa penyebab bintik merah pada kulit yang harus diketahui. Ada baiknya kita mengetahui hal tersebut dan selalu waspada ketika terjadi suatu reaksi terhadap tubuh kita. Untuk lebih jelasnya sebaiknya periksa lebih lanjut.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *