Home / Teknologi / 7 Faktor Utama Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak Yang Harus Anda Hindari

7 Faktor Utama Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak Yang Harus Anda Hindari

Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak – Hardisk adalah salah satu perangkat keras (hardware) komputer atau laptop. Fungsinya adalah untuk menyimpan data komputer, baik yang dilakukan oleh sistem komputer atau manusia. Didalam hardisk terdapat piringan yang akan berputar jika hardisk dioperasikan. Didalam piringan inilah semua data-data komputer atau laptop tersimpan. Berbeda dengan RAM/Memory komputer, sifat penyimpanan data hardisk adalah permanent meski komputer tidak dijalankan atau mati. Semua data-data yang tersimpan di hardisk tidak akan hilang kecuali jika kita menghapusnya atau disebabkan adanya kerusakan fisik hardisk.

Baca Juga : Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows

Perlu kita ketahui karena hardisk memiliki komponen yang sangat kompleks, hardware yang satu ini bisa saja rusak. Bahkan perangkat keras ini jika cara penggunaannya salah sangat rentan terjadi kerusakan. Belum tentu hardisk baru akan awet jika cara menggunakan hardisk salah kaprah. Jika kita mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada hardisk, maka hardisk-pun akan awet meski sudah berumur.

penyebab-hardisk-komputer-cepat-rusak

Mengingat fungsi hardisk termasuk perangkat keras sangat vital untuk komputer, maka sebaiknya rawatlah hardisk baik-baik. Pahami dan ketahui bagaimana cara merawat hardisk yang baik dan juga pelajari penyebab utama hardisk cepat rusak. Apa jadinya sebuah komputer atau laptop jika tidak ada hardisk. Bagian terpenting agar komputer bisa dijalankan maka harus ada Sistem Operasi, dan sistem operasi ini akan tersimpan didalam hardisk.

Berikut Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak Yang Wajib Anda Ketahui

Ok sekarang saatnya membahas apa saja penyebab hardisk komputer cepat rusak? Ini wajib Anda ketahui jika ingin komputernya tetap awet dan kinerjanya tidak menurun.

1. Listrik Tidak Normal

Hal yang paling umum terjadi yang bisa menyebabkan hardisk komputer cepat rusak adalah masalah gangguan tegangan listrik. Penyebab tegangan listrik naik turun bisa mengakibatkan hardisk mudah bad sector.

Baca Juga : Kenali Segera 5 Ciri-Ciri Hardisk Komputer Bermasalah Atau Rusak Bad Sector

Sebaiknya untuk menghindari kejadian tegangan listrik naik turun maka gunakan stabilizer (stavol) sebagai alat untuk mengatur tegangan listrik agar listrik diterima komputer tetap stabil. Penyebab listrik mati tiba-tiba (mati lampu) juga bisa menimbulkan hardisk cepat rusak. Ketika komputer dijalankan maka piringan hardisk akan berputar. Sangat tidak baik jika mematikan komputer secara paksa seperti kejadian mati lampu. Maka daripada itu gunakan juga UPS untuk antisipasi kejadian mati lampu. Jika komputer menggunakan UPS maka ketika mati lampu komputer tidak akan langsung mati, karena ada tegangan yang tersimpan didalam UPS. Dengan begitu kita bisa mematikan komputer (Shut Down) secara normal.

Untuk menetralisir tegangan listrik ketika mati lampu, sebaiknya Anda cabut semua stecker listrik. Usahakan jangan melakukan aktifitas apapun baik itu di komputer ataupun laptop ketika tegangan listrik tidak normal. Untuk memastikan tegangan listrik normal atau tidaknya yaitu dengan stavol. Lakukan aktifitas di komputer hanya ketika tegangan listrik 220 V saja.

2. Over Heat

Hardisk termasuk perangkat keras yang mudah panas (over heat). Apalagi jika komputer kita gunakan dalam seharian tanpa ada istirahat sedikitupun maka sangat rentang sekali terjadi kerusakan pada hardisk. Jangan biarkan hardisk terus bekerja tanpa istirahat. Coba luangkan waktu sejenak untuk menghentikan aktifitas piringan hardisk agar tidak terjadi over heat.

Solusi lainnya untuk menghindari panas berlebih atau over heat pada hardisk yaitu dengan memasang pendingin (fun) pada hardisk layaknya yang terdapat pada CPU (Processor). Jika terus kita biarkan kasus over heat ini bisa menyebabkan hardisk cepat rusak dan mati total.

3. Hardisk Dimatikan Secara Paksa

Kejadian ini hampir sama persis dengan penyebab cepat rusak hardisk pertama. Mematikan komputer atau laptop secara paksa itu sama artinya Anda telah memaksa hardisk untuk berhenti ketika piringan sedang bekerja. Contoh mematikan komputer secara paksa adalah dengan menekan tombol power sampai komputer mati. Contoh lainnya lagi adalah dengan mencabut stecker listrik ketika komputer sedang menyala. Intinya jangan pernah mematikan komputer tanpa melakukan prosedur. Cara yang dibenarkan adalah hanya melalui tombol Start > Shut Down. Sabarlah sedikit ketika mematikan komputer. Karena jika mematikan komputer melalui pintu Shut Down ini akan memakan waktu lama. Nah waktu lama disini adalah sistem komputer secara tertib akan mengentikan seluruh perangkat komputer yang sedang bekerja seperti pada piringan hardisk.

Baca Juga : Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

4. Penggunaan Yang Berlebihan

Apapun masalahnya jika faktor penyebabnya berlebihan maka akan mengakibatkan hal yang tidak baik. Begitupun dengan perangkat keras semacam hardisk jika penggunaannya berlebihan maka membuka peluang kepada hardisk cepat rusak. Hal ini disebabkan piringan hardisk akan terus bekerja non-stop sehingga hardisk menjadi over heat. Contohnya komputer digunakan untuk menonton film dalam durasi yang panjang atau digunakan untuk bermain game.

Menyimpan data hingga hardisk hampir penuhpun bisa menyebabkan hardisk cepat rusak. Maka daripada itu berilah ruang sedikit agar piringan hardisk tidak sesak dengan data yang begitu menumpuk.

5. Benturan

Hindari hardisk terkena benturan, karena hardisk sangat rentan sekali. Bisa saja akan ada perangkat didalam hardisk yang rusak pengaruh benturan ini. Hardisk juga bisa bad sector jika fisik hardisk terkena benturan. Kasus terkena gesekan serta pengaruh guncangan didalam tas misalnya, maka hal inipun bisa menyebabkan kondisi hardisk cepat rusak.

6. Terlalu Sering Melakukan Instalasi

Ketika kita menginstall program kedalam komputer maka hardisk akan bekerja untuk menulis (write). Kemudian ketika kita membuang (uninstall) program komputer maka komputer atau laptop akan menghapus data dari dalam hardisk. Dengan begitu jika kita sering melakukan installasi program maka hardisk akan terus bekerja. Hardisk bisa bad sector atau rusak ketika kita melakukan install program secara berlebihan. Installah program secukupnya dan jangan terlalu sering melakukan uninstall program.

7. Faktor Usia

Meskipun kita telah merawat hardisk dengan baik, maka untuk masalah faktor usia ini tidak bisa dipungkiri. Namanya perangkat elektronik jika secara terus menerus digunakan maka suatu saat akan mengalami kerusakan. Begitu juga dengan hardisk, pengaruh faktor usia bisa menimbulkan hardisk bad sector, error, atau bahkan mati total. Untuk mengantisipasi hal ini maka sebaiknya Anda rajib membackup data-data penting kedalam media eksternal lainnya.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jika Anda mempunyai pengalaman lain seputar penyebab hardisk cepat rusak, silakan disampaikan saja pada kolom komentar. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya dan samlam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. oh…. ternyata ini penyebab2nya,
    Bisa saya jadikan pedoman untuk mengantisipasi…
    Terima kasih tulisannya gan

  2. pantesan hardiskku cepet banget rusak, bad sector gitu.. tapi katanya kalau sering di defrag bisa lebih awet ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *