Home / Android / Apakah HP Anda Cepat Panas? Berikut 7 Penyebab HP Cepat Panas Mendadak

Apakah HP Anda Cepat Panas? Berikut 7 Penyebab HP Cepat Panas Mendadak

Penyebab HP Cepat Panas Mendadak – Ponsel atau HP saat ini menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat. HP dapat membantu kita mengerjakan sesuatu dimulai dari menelepon, mencari informasi di internet.

Baca Juga :  Apa Saja Penyebab Handphone Android Menjadi Panas? Berikut Ulasannya

Diantara kalian pasti banyak yang bertanya, mengapa HP Android cepat panas jika digunakan terus menerus. Hal terpenting yang belum banyak dimengerti orang adalah gejala panas pada HP merupakan hal yang wajar. Alasanya bukan karena kualitas dari HP tersebut namun karena kinerja HP tersendiri. Bahkan HP sekelas Samsung S6 sekalipun mengalami panas.

Sebenarnya HP yang cepat panas cukup normal, dan merupakan sesuatu yang terjadi pada hampir semua ponsel. Biasanya yang memanas adalah baterai pada ponsel Anda yang akan memanas jika digunakan seperti main game, video call atau membuka aplikasi yang menguras banyak data. Tentunya HP yang ‘mendidih’ tidak akan nyaman digunakan. Jika HP Anda suka memanas, ayok simak ulasan berikut ini yaitu penyebab hp cepat panas.

7 Penyebab HP Cepat Panas Mendadak

1. Batrai

Batrai adalah salah satu bagian yang penting dari HP Anda karena batrai merupakan sumber daya utama agar HP Anda dapat berfungsi. Terkadang, karena kebutuhan penggunaan yang tinggi, HP dipaksa mengelolah kinerja diluar batasnya sehingga kapasitas batrai kamu tidak dapat memenuhinya. Sebabnya Anda sering mengecharge HP Anda, jika sudah di-charge berulang kali performa batrai akan mengalami penurunan. Jika dipaksa lebih jauh lagi smartphone Anda akan mengalami panas yang menganggu aktivitas seperti lemot atau macet.

2. Malware atau Virus

Penyebab kedua adalah karena adanya malware atau virusyang menyerang HP Anda. malware atau virus ini dapat merusak dan membajak Segala hal yang ada didalam smartphone Anda. virus-virus ini juga menghambat kinerja system HP Anda sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Anda dapat mengatasinya dengan menginstall aplikasi anti-virus untuk membasmi virus yang ada dalam smartphone Anda.

3. Casing

Jika HP Anda menggunakan Casing yang menyita banyak Udara, maka dapat memicu panas pada HP Anda. sebaiknya Anda menghindari penggunaan casing yang terbuat dari bahan metal atau alumunium, bahan tersebut akan mempengaruhi suhu HP Anda. menggunakan bahan seperti diatas akan membuat HP Anda bersuhu dua kali lipat. Jika diruangan dingin pasti akan dingin begitupun jika panas akan semakin panas.

4. Cuaca

Cuaca adalah penyebab eksternal yang membuat HP Anda seperti mendidih karena pans. Ketika Anda menggunakan HP dibawah sinar matahari yang menyengat maka suhu HP Anda akan meningkat. Hal ini dapat menganggu performa iternal smartphone Anda. selain matahari, HP Anda akan memanas jika dimasukan ditempat-tempat yang minim  sirkulasi Udara seperti kantong yang terlalu ketat. Pastikan smartphone Anda dapat bernafas di ruangan yang bersuhu.

5. Aplikasi

Dewasa ini banyak sekali aplikasi di smartphone yang keren dan mudah untuk diunduh. Dimulai dari game yang beraneka ragam hingga aplikasi yang dapat membantu produktivitas HP Anda. jika HP Anda menampung banyak aplikasi dan dinyalakan secara bersamaan akan memicu panas . selain panas, hal ini akan memperlambat kinerja Anda.

6. Spesifikasi

Penyebab Berikut ini sangat berkaitan dengan poin diatas. Jika HP Anda dapat membuka banyak aplikasi hal itu karena HP Anda mempunyai spesifikasi yang memadai. Jika kamu merupakan orang yang membutuhkan aktivitas multitasking, pastikan HP Anda mempunyai spesifikasi yang canggih. Perhatikan juga jumlah RAM serta jenis prosesornya. Prosesor yang canggih umumnya juga lebih ramah dan mampu membuat smartphone tetap dingin walaupun membuka banyak aplikasi  bersamaan.

7. Signal

Dasarnya, smartphone telah diatur secara otomatis untuk otomatis mencari signal. Maka ketika Anda berada di tempat atau wilayah yang tidak terdapat signal lebih baik Anda mematikan atau mode pesawat HP Anda. hal ini dapat memicu panas yang berlebih dan menguras kinerja batrai kamu. Ketika sudah dalam tahap yang cukup tinggi, bisa saja HP akan meledak.

Demikian 7 Penyebab HP Cepat Panas. Jika ponsel mengalami panas dan mengalami crash atau shutdown secara mendadak. Anda dapat melakukan berbagai cara seperti menrestrat HP menggunakan aplikasi untuk menghapus sampah di HPmu. Jika HP terus menerus panas dan mati secara acak, segera bawa HP Anda ke service center atau ke counter terdekat untuk mendapatkan diagnose yang tepat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.